Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan – Bayi Sehat

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan – Bayi Sehat

42
0


Drama seputar tumbuh kembang anak seringkali membuat para ibu panik dan kebingungan. Tak sedikit Bunda yang harus memutar otak demi menghadapi drama tersebut, termasuk cara mengatasi anak susah makan. Kondisi ini biasanya terjadi saat anak mulai mengenal makanan padat dan mengurangi konsumsi susu. Mereka seringkali menolak makanan yang disajikan, terlebih makanan yang tidak disukai. Pastinya hal tersebut kian menambah cemas, terutama perihal kebutuhan gizi buah hati.

Ada banyak alasan mengapa anak sulit makan, selain ketertarikan mereka untuk bermain. Usia balita memang usia paling rawan dan aktif yang dialami oleh buah hati. Ketertarikan mereka akan mainan jauh lebih tinggi daripada rasa lapar untuk menyantap makanan. Sayangnya kebanyakan dari Bunda lupa akan hal tersebut, sehingga terkesan memaksa untuk makan. Oleh karena itu, cara mengatasi anak susah makan sebaiknya menghindari pemaksaan kepada buah hati.

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Pasalnya memaksa buah hati untuk makan hanya berakibat kian buruk untuk tumbuh kembang mereka. Di samping mereka tetap menolak makan dan kebutuhan gizi terganggu, pertumbuhan mereka pun akan terhambat. Orangtua harus cerdas menyikapinya, sebab pada masa ini keterampilan makan anak akan berkembang optimal. Bisa dibilang masa-masa kritis saat sulit makan harus ditangani dengan tepat, termasuk berkonsultasi pada dokter spesialis anak.

Sebenarnya Bunda tak perlu terlalu cemas mencari cara mengatasi anak susah makan pada usia balita. Selama masa tumbuh kembang mereka masih dalam kondisi normal, Bunda perlu memberikan ruang tersendiri. Seorang dokter anak melansir dari Huffington Post menyebutkan bahwa masa-masa ini anak tengah menunjukkan kemandirian mereka. Dengan cara memilah serta memilih menu makanan mereka, secara tidak langsung mereka ingin menunjukkan kemampuan diri sendiri.

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Bila orangtua masih merasa terlalu cemas dengan drama susah makan tersebut, ada beberapa hal yang dapat membantu menguranginya, yaitu.

1. Sajikan Dalam Porsi Kecil

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Kemampuan lambung anak dalam mencerna makanan tentu tidak semaksimal orang dewasa. Ukuran lambung yang kecil nyatanya mempengaruhi nafsu makan buah hati. Guna menyiasatinya, cobalah menyajikan menu makanan dalam porsi sekecil mungkin. Hindari pula menyajikan variasi makanan dalam satu piring secara bersamaan. Anda bisa membagi menu makanan dalam beberapa waktu, tanyakan keinginan anak sebagai cara mengatasi anak susah makan di awal.

2. Buatlah Makanan Bervariasi

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Sama dengan orang dewasa, anak-anak pun cepat bosan dengan menu yang sama. Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya sangatlah mudah, yakni membuat variasi makanan. Misalkan saja Anda memasak lauk dengan variasi rasa manis atau asin yang bisa dipilih buah hati. Jika perlu sajikan makanan dengan hiasan tertentu, seperti membentuk lauk dan nasi selucu mungkin. Anak-anak lebih tertarik dengan sesuatu yang berwarna-warni dan terlihat lucu untuk disantap.

3. Atur Jadwal Makan Anak

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Tak ada salahnya membuat jadwal makan untuk buah hati. Layaknya mengatur jadwal rutin anak untuk bermain, mandi ataupun tidur, makan pun harus demikian. Sebisa mungkin berikan jeda antara anak mengkonsumsi makanan berat dengan cemilan. Dengan begini, anak akan terbiasa dengan waktu makan tersebut. Lambat laun, cara mengatasi anak susah makan ini akan membuat anak dengan sendirinya sadar. Saat mereka merasa lapar, mereka akan langsung menuju meja makan. Mereka pun tak segan-sega meminta makan kepada Bunda saat menginginkannya. Jangan lupa tanyakan pada anak makanan apa yang ingin mereka santap.

4. Hindari Memaksa Anak Untuk Makan

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Kebiasaan kita menakut-nakuti serta memaksa anak untuk makan tak pernah berakhir baik. Cara mengatasi anak susah makan ini bahkan sangat tidak efektif. Alih-alih mau makan, anak malah akan trauma dengan jenis makanan tertentu. Oleh karena itu, cobalah lebih kooperatif dengan buah hati Anda. Tanyakan alasan mengapa mereka menolak untuk makan makanan yang disajikan. Bila memungkinkan, gantilah menu makanan tersebut dengan yang mereka inginkan. Jadikan waktu makan bersama menjadi momen yang menyenangkan untuk buah hati. Ini terbukti mampu menghangatkan hubungan antara Bunda dan buah hati. Jauhkan pula mereka dari gangguan, layaknya televisi dan mainan. Jangan pula terlalu menyuruh anak makan, biarkan mereka yang meminta makan. Taktik berhasil membuat anak Bunda lebih mudah makan daripada dipaksa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bayi Yang Menangis Terus.

5. Contohkan Pada Anak

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Kalau Bunda ingin anak doyan makan sayur, Bunda pun harus mencontohkan kepada mereka. Anak lebih mudah meniru apa yang dicontohkan kepada mereka daripada mendengar kata-kata kita. Oleh karena itu, sebisa mungkin beri contoh makan yang baik di hadapan mereka agar mereka mengikuti. Contohnya saja Bunda makan sayur dari piring Bunda, anak biasanya akan langsung mengikuti. Cara mengatasi anak susah makan sayur ini bisa pula dengan mengolah makanan dalam bentuk lain. Seperti kebanyakan ibu-ibu lainnya, cobalah cari menu olahan sayur atau bahan makanan lain yang lebih disukai buah hati.

6. Berikan Suplemen Makanan Tambahan

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Tak sulit menemukan vitamin penambah nafsu makan buat buah hati Bunda. Ada banyak produk dengan kandungan beragam, tapi usahakan produk tersebut mengandung temulawak. Pasalnya temulawak terbukti mampu menambah nafsu makan pada anak. Pilih pulalah jenis suplemen yang lebih mudah dikonsumsi, seperti jelly atau sirup. Anak biasanya lebih menerima cara mengatasi anak susah makan seperti ini daripada cara memaksa lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak yang Susah BAB.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Cemilan

Tips Cara Mengatasi Bayi atau Anak Balita Susah Makan - Bayi Sehat

Cara mengatasi anak susah makan di atas bisa Bunda terapkan di rumah. Sembari mengenali jenis alergi makanan yang diderita buah hati, tentunya Bunda juga bisa lebih kreatif. Termasuk membuat cemilan sehat untuk buah hati yang minim garam, gula serta MSG. Dalam usia tumbuh kembang balita, jenis cemilan sehat sebenarnya adalah buah-buahan serta sayuran. Hanya saja dalam banyak kasus anak-anak memang lebih menolak cemilan sehat semacam ini.

Mau tak mau Bunda harus lebih kreatif saat menyajikan cemilan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi anak. Termasuk hindari pula anak terbiasa jajan cemilan di luar saat jam-jam rawan. Anak yang terbiasa jajan akan lebih tegas menolak makan saat jadwal makan. Hal ini dikarenakan rasa kenyang dari cemilan yang telah dikonsumsi. Para Ayah Bunda harus lebih selektif dalam memberi cemilan pada buah hati.

Hindari pula membiasakan anak mengkonsumsi cemilan di waktu yang terlalu berdekatan dengan waktu makan. Biasakan pula untuk tidak terlalu sering memberi minum saat anak makan sebagai cara mengatasi anak susah makan.

Untuk para Bunda, jangan terlalu mendengarkan perkataan orang-orang tentang buah hati Bunda. Jika tumbuh kembang anak masih normal, tak perlu terlalu khawatir apalagi sampai stres. Membandingkan buah hati dengan anak lainnya yang lahap makan hanya akan mempengaruhi psikologis mereka. Bukan tidak mungkin, anak juga akan merasa cara mengatasi anak susah makan yang mereka lakukan tak berhasil. Anak akan merasa mereka tumbuh secara tidak normal dan bersikap minder dengan orang sekitar.

Baca Juga Supplement Vitamin Untuk Ibu Hamil Muda.

The post Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Makan appeared first on Kesehatan Ibu Hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY