Tindakan Awal Sebagai Cara Mengatasi Diare Semakin Parah

Tindakan Awal Sebagai Cara Mengatasi Diare Semakin Parah

6
0

Your Ads


Tindakan Awal Sebagai Cara Mengatasi Diare Semakin ParahMother Nature Network

Sebaiknya ibu ketahui semua tindakan yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi diare pada anak. Hal ini disebabkan diare atau mencret bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang begitu berbahaya.

Penelitian kesehatan menunjukkan anak yang mengalami diare dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan jantung tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya, anak mudah sekali pingsan. Pengaruh diare terhadap diare ini disebabkan tubuh kekurangan elektrolit. Akhirnya, organ tubuh tidak berfungsi sesuai dengan yang seharusnya, tak terkecuali organ tubuh berupa jantung.

Lebih dari itu, ternyata diare juga bisa menyebabkan perlambatan perkembangan otak. Jika saat ini anak ibu sedang dalam masa pertumbuhan terbaik atau yang sering disebut dengan golden age, maka jangan biarkan ia sering mengalami diare. Penyakit yang kelihatannya sepele ini bisa menurunkan fungsi otak.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi orang tua, termasuk ibu mengetahui tindakan awal serta treatment seperti apa yang harus dilakukan sebagai cara untuk mengatasi diare semakin parah.

Tindakan Pertama Saat Anak Diare

Diare bisa saja disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh si kecil tidak higienis. Atau makanan higienis namun wadah atau tempat makannya mengandung bakteri karena tidak dicuci dengan bersih. Yang disayangkan adalah ketika diare disebabkan oleh susu yang terkontaminasi bakteri. Makanya, untuk mencegah hal tersebut, susu Friso Gold 3 dibungkus denga wadah yang 100% mencegah bakteri masuk dan mengkontaminasi susu.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan jika si kecil sudah terlanjut mengalami diare?

Hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memintanya minum air putih yang banyak. Ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi. Pasalnya, jika ia mengalami dehidrasi, bukan hanya diare saja yang akan ia alami. Si kecil bisa saja lemas, mudah pingsan, serta mudah terserang penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya pada waktu itu juga menurun.

Saat anak diare, ia kekurangan elektrolit. Maka dari itu, berikan oralit sebagai pengganti elektrolit yang banyak dikeluarkan dari dalam tubuh.

Cara membuat oralit sangat mudah. Siapkan satu gelas air lalu larutkan setengah sendok garam. Agar tidak terlalu asin, tambahkan sedikit gula. Aduk hingga gula dan garam larut. Mintalah si kecil minum oralit tersebut.

Jika anak sudah minum air putih dan oralit, langkah selanjutnya adalah memintanya untuk tidur. Istirahat adalah mengatasi diare yang paling efektif karena pada saat itulah organ tubuh tidak melakukan aktivitas secara keras sehingga tubuh akan melakukan recovery dengan sendirinya.

Hal tersebut di atas menjadi langkah awal saja untuk mengatasi diare. Jika setelah bangun anak terlihat lemas dan masih mengalami diare, maka treatment khusus harus dilakukan.

Treatment Yang Bisa Ibu Lakukan Ketika Anak Diare

Jika ibu merasa diare membutuhkan treatment yang lebih serius, beberapa hal ini bisa ibu lakukan.

  1. Minum Susu

Susu mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Salah satunya nutrisi berupa probiotik. Ini sangat penting untuk membasmi bakteri di dalam usus penyebab diare. Selain itu, susu juga mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, tubuh anak yang sakit itu disebabkan oleh sistem imun tubuh yang tidak mampu menjadi tameng ketika adanya serangan dari bakteri atau virus. Maka dari itu, kuatkan sistem kekebalan tubuh dengan memberikan susu balita terbaik ketika si kecil mengalami diare.

  1. Pilihkan Makanan Yang Tepat

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai cara mengobati diare. Beberapa buah yang sebaiknya dimakan oleh si kecil saat diare adalah pisang dan apel. Sementara itu, ibu bisa buatkan menu makanan berupa nasi dengan sup panas yang terbuat dari wortel dan kentang. Dua sayuran tersebut juga sangat berkhasiat mengatasi diare. Sebagai cemilan, berikan biskuit yang memiliki kandungan sodium. Kandungan yang satu ini akan mengembalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

  1. Minum Obat Diare

Ada baiknya juga jika ibu berikan obat diare. Ada banyak sekali obat diare untuk anak di toko obat. Akan tetapi, jika ibu ingin mencoba membuat obat sendiri, buatkan saja wedang jahe. Ini merupakan ramuan tradisional yang bisa menjadi obat diare untuk anak.

Lakukan tiga hal tersebut dan perhatikan perkembangannya.

Kapan Harus Membawa Anak Ke Dokter?

Sebenarnya, diare itu bukan penyakit yang berat. Hanya saja, tidak boleh juga ibu menyepelekan penyakit yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, diare bisa menyebabkan terganggunya organ tubuh seperti jantung dan otak. Namun, bukan berarti ibu harus langsung membawa anak ke dokter ketika mengalami diare.Ibu bisa melakukan treatment sendiri seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Hanya saja, ada waktu di mana ibu butuh bantuan dari dokter. Yaitu ketika diare dialami oleh si kecil hingga lebih dari 5 hari. Atau, kalaupun belum sampai 5 hari, diare yang diderita oleh si kecil menyebabkan tubuh anak sangat lemas dan bahkan ia pingsan. Itu tanda bahwasannya diare yang dialami oleh si kecil sudah sangat parah.

Untuk kondisi seperti itu, ibu sebaiknya segera konsultasi dengan dokter secara langsung. Atau ibu bisa manfaatkan fasilitas konsultasi secara online terlebih dahulu di www.friso.co.id. Di situs tersebut, ibu juga bisa mendapatkan banyak informasi terkait dengan kesehatan anak, terutama tentang bagaimana cara mengatasi diare pada anak.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY