Tanya Jawab Dokter Anak Seputar Perkembangan Anak

Tanya Jawab Dokter Anak Seputar Perkembangan Anak

7
0

Your Ads


Tanya Jawab Dokter Anak Seputar Perkembangan Anakwww.nuansapagi.com

Tanya jawab dokter anak bisa membantu ibu dalam memahami kesehatan anak lebih jelas. Terutama untuk memahami perkembangan anak yang normal. Seperti apa tumbuh kembang anak yang normal?

Dalam sebuah sesi tanya jawab, pertanyaan yang sering muncul adalah tumbuh kembang anak. Banyak ibu yang menanyakannya. Karena ibu benar-benar khawatir mengenai perkembangan anak.

Tumbuh kembang yang normal menjadi harapan ibu. Jika anak bisa tumbuh normal, setidaknya anak bisa tumbuh dewasa tanpa kekurangan suatu apapun. Malahan, anak bisa siap menghadapi tantanagan ketika dewasa nanti.

Di sini, kami akan mengulas mengenai perkembangan anak. Bahasannya meliputi bagaimana cara ibu memantaunya, kemudian apa saja yang bisa dijadikan patokan untuk mengetahui normal tidaknya perkembangan anak. Tentunya diikuti pula dengan bagaimana cara mendukung tumbuh kembangnya.

Cara Memantau Perkembangan Anak

Tanya jawab pada dokter anak setidaknya bisa memberikan gambaran bagaimana cara ibu dalam memantau perkembangan buah hatinya. Beragam informasi bisa ditanyakan di sebuah forum ataupun di depan dokter. Contohnya adalah datang langsung ke dokter.

Bagi ibu yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke dokter, informasi dari berbagai sumber bisa dioptimalkan. Beruntungnya ibu bisa dapatkan informasinya di sini. Setidaknya, ibu bisa memantau tumbuh kembang buah hati dengan berbagai hal berikut ini.

  • Menimbang berat badan buah hati

Menimbang berat badan bayi sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan. Berat badan bayi seharusnya meningkat di tiap minggunya. Hal ini merujuk pada pemberian makanan di tiap harinya sehingga didapatkan jika berat badannya juga bertambah.

Penimbangan berat badan ini dilakukan semenjak bayi dilahirkan. Ini berlangsung sampai anak dewasa. Tentunya dilakukan secara bertahap, misalnya di Posyandu dan instansi kesehatan lainnya.

  • Selalu periksakan kesehatan buah hati

Pemeriksaan kesehatan wajib dilakukan oleh ibu. Pemeriksaan ini dilakukan di tenaga kesehatan tertentu. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah anak mengalami perkembangan kesehatan atau tidak.

Sewaktu ibu melakukan tanya pada dokter anak, ibu akan mendapatkan gambaran tentang kesehatan anak. Ini perlu dirutinkan ketika anak-anak masih kecil. Khusus untuk anak usia 2 tahun, periksakan kondisi kesehatannya di tiap 3 bulan sekali.

Dengan melakukan pemeriksaan secara berkelanjutan, ibu setidaknya bisa memantau perkembangannya. Entah itu berat badannya sampai tinggi badannya sesuai umur. Hasilnya, ibu bisa mengetahui apakah anak mengalami kendala kekurangan gizi atau tidak.

  • Biasakan untuk menjaga komunikasi dengan anak sesuai umurnya

Komunikasi bisa dilakukan oleh ibu di tiap kesempatan. Ini biasanya direkomendasikan dari hasil ibu melakukan tanya dokter seputar perkembangan anak. Tujuannya tentu untuk memantau kemampuannya di usia tertentu.

Di usia tertentu, kemampuan kebahasaan akan terlihat. Dan bertambahnya usia menandai peningkatan kebahasaannya. Di sini, ibu bisa melihatnya secara pasti. Bahkan ibu juga bisa memberikan stimulasi untuk mengasah kemampuannya.

Patokan Untuk Memahami Perkembangan Anak Yang Normal

Normal tidaknya perkembangan anak bisa dipantau dengan cara di atas. Sementara untuk memahami apakah perkembangan anak itu normal bisa dilihat dengan berbagai indikator. Indikator ini yang perlu dipahami oleh ibu.

Pemahaman mengenai kondisi anak memungkinkan ibu untuk melakukan berbagai usaha. Misalnya bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang, ibu bisa mencari solusi untuk menanganinya. Nah, pertanyaannya sekarang adalah apa saja patokan yang menunjukkan perkembangan anak normal?

Jawaban dari tanya seputar perkembangan anak ini cukuplah jelas. Patokan dari normalnya perkembangan anak ditentukan oleh berat badan anak. Berat badan anak seharusnya naik seiring dengan bertambahnya usia. Begitu pula untuk tinggi badan anak.

Selain itu, kemampuan anak mulai terasah berdasarkan umurnya. Kemampuan ini meliputi kemampuan kebahasaan, motorik, psikologis dan masih banyak lagi. Kemampuan-kemampuan tersebut harus meningkat di tiap minggunya.

Sementara yang terakhir berhubungan dengan daya tahan tubuh anak. Anak yang jarang sakit bisa dikatakan lebih normal. Sebaliknya bila mudah jatuh sakit, normalnya anak mengalami gangguan pada perkembangannya.

Gangguan perkembangan ini yang wajib dihindari. Dan ini bisa dikenali langsung atau diperiksakan secara langsung. Ibu juga bisa memahaminya dengan melakukan tanya jawab seputar tumbuh kembang anak.

Dengan mengajukan berbagai pertanyaan di sini, ibu mendapatkan kejelasan mengenai hal tersebut. Bahkan bila didukung dengan pemeriksaan secara rutin, ibu bisa memastikan normal tidaknya pertumbuhan anak.

Hal Yang Dibutuhkan Anak Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya

Pertumbuhan anak memang harus diperhatikan ibu. Salah satunya adalah memberikan asupan makan. Tujuannya adalah untuk menunjang perkembangannya.

Saat ibu konsultasi seputar perkembangan anak, ibu akan diberikan banyak cara untuk menjaga pertumbuhan anak. Namun bagi ibu yang belum pernah konsultasi, informasi ini bisa dijadikan sebagai acuan. Karena informasi ini berkaitan tentang cara mendukung tumbuh kembang buah hati.

Hal yang paling utama untuk dilakukan ibu dalam mendukung tumbuh kembang anak adalah menjaga asupan gizi anak. Asupan ini didapatkan dari berbagai sumber makanan. Khusus untuk anak usia di bawah 6 bulan, asi ekslusif adalah yang utama.

Sementara bagi anak yang sudah mencapai usia 1 tahunan ke atas, makanan padat wajib diberikan. Tentunya dengan catatan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Contohnya adalah sayuran dan buah serta susu.

Selain memberikan makanan, ibu juga dianjurkan untuk menstimulasi anak-anaknya. Stimulasi akan membantu anak dalam mengembangkan kemampuannya. Jadi, anak tidak akan mengalami keterlambatan dalam kemampuan apapun. Misalnya adalah kemampuan bahasa.

Demikianlah ulasan mengenai perkembangan anak. Pastikan anak selalu terjaga kondisi kesehatannya agar pertumbuhan dan kemampuannya terjaga dengan baik. Untuk menambah informasinya, ibu bisa mengajukan pertanyaan lanjutan di tanya jawab dokter anak.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY