Tanda-Tanda Hamil Sudah Ada Tapi Hasil Tes Kehamilan Negatif

Tanda-Tanda Hamil Sudah Ada Tapi Hasil Tes Kehamilan Negatif

18
0

Your Ads


Tanda-Tanda Hamil Sudah Ada Tapi Hasil Tes Kehamilan Negatifwww.shutterstock.com

Sepertinya aneh jika tanda-tanda kehamilan sudah muncul tapi setelah dilakukan tes menggunakan test pack, ternyata hasilnya negatif. Mungkin pengalaman seperti ini juga Anda rasakan. Apakah itu hal yang normal?

Ternyata tidak sedikit wanita yang merasakan adanya tanda kehamilan namun hasil tes kehamilan masih negatif. Dalam dunia medis, memang ada tanda kehamilan yang sudah muncul sebelum masa haid tiba. Hal inilah yang menjadi penyebab hasil tes kehamilan masih negatif.

Lantas, apakah Anda benar-benar sedang hamil?

Tanda Sebelum Masa Haid Tiba

Jika hasil tes kehamilan negatif namun Anda merasa tanda kehamilan sudah ada, maka 50% Anda sedang hamil. Apalagi ada tanda-tanda berikut ini.

Mungkin Anda merasa kram pada perut yang ibu alami disebabkan karena sudah saatnya Anda mengalami menstruasi atau haid. Sangat wajar jika wanita mengalami kram perut sebelum haid tiba. Ini yang disebut dengan pre-menstrual syndrome.

Akan tetapi, ada yang beda antara kram yang disebabkan haid dengan kehamilan. Jika Anda mengalami kram perut lantaran akan datang haid, kram tersebut terjadi sekitar 4 hari sebelum haid. Sementara itu, kram karena ada janin di dalam kandungan terjadi jauh lebih lama, sekitar 10 hari sebelum haid yang seharusnya datang. Dan masa kram juga lebih lama karena proses implantasi atau penanaman sedang dilakukan.

Ada juga yang bisa membedakan kram hamil dengan kram haid berdasarkan kadar kenyeriannya. Banyak wanita yang merasakan lebih nyeri saat awal kehamilan daripada sebelum haid. Selain itu, kram sebagai tanda juga terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama namun tidak sering dirasakan.

Terlepas dari hal tersebut semua, setiap wanita bisa merasakan kram yang berbeda-beda. Ada yang merasakan nyeri yang begitu luar biasa. Ada juga yang nyerinya tidak begitu parah. Hal tersebut tergantung pada kondisi rahim seorang wanita.

Kebanyakan orang menyebutnya dengan flek. Ini juga yang terjadi saat Anda sedang haid. Lalu. Apa bedanya antara bercak darah karena haid dengan hamil?

Bercak darah yang menempel pada celana dalam wanita yang disebabkan kehamilan berwarna merah muda. Berbeda dengan darah haid yang warnanya kehitam-hitaman.

Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati karena flek tersebut bisa mengakibatkan hal yang berbahaya. Flek yang normal itu flek yang terjadi dalam beberapa hari awal kehamilan saja. Ini dikatakan normal karena darah yang keluar tersebut berasal dari rahim di mana darah meluruh akibat proses implantasi. Jika flek terjadi hingga berhari-hari, maka kemungkinan janin gagal berkembang di dalam rahim. Ini yang harus diantisipasi.

Tanda-tanda kehamilan selanjutnya adalah bentuk payudara yang berubah. Payudara menjadi lebih besar dan lebih padat. Bahkan, warna puting juga menjadi lebih hitam daripada biasanya.

Perubahan tersebut bukan tanpa alasan. Saat mulai ada janin di dalam rahim, payudara mulai beraksi. Kelenjar susu mulai bekerja dan mempersiapkan diri agar bisa memproduksi ASI. Dan hal ini berimbas pada bentuk payudara yang semakin besar dan semakin padat.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan sebelum masa haid tiba. Jika tanda-tanda tersebut muncul, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil walaupun hasil tes menggunakan test pack masih menunjukkan tanda negatif.

Apa Yang Perlu Dilakukan?

Anda mungkin bingung dengan hal tersebut. Bagaimana bisa hasil tes negatif namun muncul tanda awal kehamilan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memang ada tanda kehamilan yang muncul sebelum tanggal haid seharusnya tiba. Hal inilah yang membuat Anda selalu mendapatkan hasil negatif setiap kali melakuan tes kehamilan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Pertama-tama, sebaiknya Anda tunggu hingga tanggal haid tiba. Pada saat itu, silakan mencoba melakukan tes kehamilan lagi dan lihat hasilnya.

Hasil tes menggunakan test pack bisa saja kurang valid. Sebaiknya Anda segera datang ke rumah sakit atau tempat praktik dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG. Hasilnya lebih akurat daripada test pack.

Terlepas dari hal tersebut, sangat wajar jika seorang wanita merasa sudah ada tanda kehamilan. Apalagi ia sangat mendambakan segera memiliki bayi. Perasaan tersebut muncul ketika usia pernikahan sudah lama namun tidak kunjung ada tangisan bayi di dalam rumah. Jadi, hal ini lebih bersifat emosional.

Untuk mengkonfirmasi hal tersebut, maka setiap wanita harus tahu apa saja tanda-tanda awal kehamilan. Dengan demikian, yang ia rasakan benar-benar tanda kehamilan, bukan hanya bersifat emosional akibat keinginan yang kuat untuk segera mendapatkan momongan.

Yang lebih penting lagi adalah apa yang harus dilakukan setelah positif hamil. Bagi wanita yang ingin sekali hamil, tentu mereka tidak ingin men-siasiakan kesempatan tersebut. Mereka harus 100% menjaga kehamilan agar janin di dalam kandungan berkembang dengan baik. Mereka harus mulai mengetahui informasi mengenai kehamilan. Seharusnya mereka awali dengan mempelajari tentang bagaimana . Ini sangat terkait dengan bagaimana cara agar seorang ibu hamil bisa menjaga kesehatan.

Dalam hal ini, harus dipahami juga bahwasannya setiap usia kehamilan menghitung usia kehamilanmuncul keluhan kesehatan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda juga harus tahu apa saja langkah yang harus dilakukan untuk menjalani kehamilan sesuai dengan usia kehamilan. Selanjutnya, Anda juga harus tahu bagaimana agar tetap bugar jika Anda ingin melahirkan secara normal dan lancar.

Jadi, banyak hal yang harus Anda lakukan ketika positif hamil. Banyak hal yang harus Anda pelajari selain mengetahui tanda-tanda hamil.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY