Tak Disangka! Ternyata Ini Dia Manfaat Madu untuk Balita!

Tak Disangka! Ternyata Ini Dia Manfaat Madu untuk Balita!

5
0

Your Ads


Tak Disangka! Ternyata Ini Dia Manfaat Madu untuk Balita!www.ibudanbalita.com

Madu tergolong makanan yang dianggap super sehat dan lezat. Anak kecil yang cenderung mencintai makanan manis, otomatis menganggukkan kepala ketika disodori cairan kental berwarna kuning satu ini. Namun, kadang keraguan muncul, pertanyaan seputar manfaat madu untuk balita menari dalam pikiran.

Kritis dan pikiran negatif adalah 2 hal berbeda. Tidak makan mentah-mentah apa kata media atau pemasar adalah hal yang cukup bijak. Apalagi, mencari ilmu pengetahuan sangatlah mudah. Keberadaan situs pencari, sangatlah membantu kehidupan manusia modern untuk peroleh jawaban yang dimau.

Resiko pemberian madu untuk anak usia 2 tahun tetaplah ada. Wajar saja, segala sesuatu di dunia ini akan memiliki sisi gelap dan terang. Kurang bijak rasanya bila menghindari suatu bahan makanan hanya karena rasa takut menghadapi kemungkinan buruk dibalik kesempatan emas. Coba dipikirkan kembali, bagaimana sumber kesehatan anugrah alam terlewat hanya karena isu serta pemahaman yang kurang.

Madu bukan sekedar gula

Menambahkan cairan madu dalam minuman seperti teh bukan hal aneh. Bahkan, penduduk barat yang terlahir diatas tahun dua ribu sangat terbiasa menggunakan madu sebagai pemanis layaknya gula. Kendati demikian ada perbedaan signifikan antara gula dengan madu itu sendiri.

Komponen kimia sangat sulit dilihat dengan mata telanjang. Tak perlu merasa bersalah apabila bunda tidak dapat melihat perbedaan antara gula dengan madu. Menurut ilmu kimia, alasan madu tidak sama dengan gula adalah susunan kimia antara keduanya, atau biasa dikenal dengan fruktosa vs glukosa.

Glukosa banyak ditemukan pada gula, entah gula merah ataupun putih. Beragam makanan atau minuman manis instant di pasaran banyak menggunakan glukosa. Salah satu karateristik menonjol dari keluarga glukosa adalah penambahan energi instant. Dalam artian, glukosa cenderung mudah mendorong energi dalam tubuh. Pengkonsumsi glukosa akan sangat cepat merasa segar, namun efeknya hanya berlangsung sebentar.

Fruktosa diambil dari kata fruit yang berarti buah. Ya, susunan fruktosa dapat ditemukan dalam buah-buahan atau bahan alami lainnya seperti madu. Lain cerita dengan glukosa, jenis fruktosa tidaklah mudah dikonsumsi tubuh. Sehingga, butuh waktu bagi fruktosa untuk memastikan kenaikan energi, tapi rasa kenyang yang diperoleh dari fruktosa berlangsung lebih lama dibanding glukosa.

Atlet dunia selalu membutuhkan asupan energi yang besar. Toh, pada akhirnya olahragawan mengadu teknik dan tenaga masing-masing. Madu, kerap dipilih untuk memastikan kondisi atlet tetap optimal ketika naik ke atas ring. Tidak perlu menunggu si kecil naik podium, tingkahnya sehari-hari saja seolah tidak punya tombol on/off.

Anak senang bergerak seharusnya disyukuri. Pertanda tulang dan tubuh anak berkembang dengan baik ditunjukkan dengan seberapa baik si kecil beraktivitas sehari-hari. Seharusnya bunda menyajikan asupan energi yang baik seperti madu untuk tumbuh kembangnya. Madu, tentu saja pilihan yang cukup baik.

Sumber vitamin dan mineral alami

Ilmu kesehatan telah membuktikkan bagaimana madu membantu kehidupan manusia. Meski vitamin dan mineral dalam buah dan sayur jauh lebih banyak, tak ada salahnya menambah faktor lain ke dalamnya. z

Pelindung ginjal terbaik

Ginjal bisa dibilang anggota badan eksekutif utama tubuh. Pasalnya, tanpa keberadaan ginjal, akan terjadi kekacauan besar pada fungsi tubuh. Istilah cuci darah yang kerap dikaitkan dengan biaya super mahal, sebetulnya dimulai dengan kerusakan ginjal.

Perlindungan dan perawatan ginjal tentu wajib dilakukan. Apabila tidak ada perawatan khusus, maka harap siap sedia materi, dalam bentuk uang, dan keberuntungan untuk sembuh apabila terjadi hal tak diinginkan. Jangan salah, anak kecil sekalipun tidak luput dari resiko kerusakan ginjal.

Untung saja, perawatan ginjal tidak menyulitkan, hanya butuh konsistensi dan komitmen. Pasalnya madu memang berfungsi melindungi ginjal, dengan catatan konsumsi madu harus dilakukan rutin. Jangan sampai, baru minum madu satu dua kali saja, ekspektasi performa daya tahan tubuh anak selangit.

Mampu sembuhkan luka cepat singkat

Tingkah anak kala bermain selalu ada saja. Lucunya, seringkali si kecil tidak sadar kulitnya tergores, atau memar karena terjatuh. Selama hatinya senang dan tidak bosan, bunda bisa rasakan kebebasan temporer dari tangisan buah hati. Namun, tetap saja, kulit yang terekspos akan mengundang bakteri dan kuman.

Kemampuan tubuh menutup luka akan menentukan bagaimana si kecil akan bertahan hidup di kemudian hari. Inilah kenapa sebaiknya orang tua membantu buah hati memperbaiki ‘kerusakan’ pada pertahanan luar tubuh dari dalam. Caranya, berikan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan dan kinerja tubuh.

Madu, dikenal sebagai pelawan kuman terutama dalam masalah infeksi. Tidak perlu menunggu si kecil terluka baru mulai berpikir bagaimana menangani masalah si kecil. Berikan madu setiap hari, dan bunda tidak perlu khawatir apabila menemukan goresan pada tubuh buah hati.

Beragam kelebihan madu telah dijabarkan sebaik mungkin pada penjelasan diatas. Kini kembali pada bunda dan ayah apakah si kecil layak makan madu atau tidak. Toh, di akhir hari tidak ada jaminan si kecil seratus persen terhindar dari botulisme ataupun alergi. Ingat, keduanya sangat mungkin dipicu hanya dengan makan sesendok madu.

Kurang adil rasanya bila satu bayi bisa menikmati manisnya bahan makanan olahan lebah satu ini, sedangkan yang lain hanya bisa termanggu. Terlebih bila manfaat madu untuk balita terlewati meski si kecil mampu melawan dampak negatif dari bahan satu ini. Untung saja, produk balita seperti Frisian flag karya, menyediakan kebaikan madu dalam bentuk susu yang jauh lebih aman dengan proses pembuatan berkualitas.(HN)

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY