Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan dengan Cara Sederhana

Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan dengan Cara Sederhana

39
0


Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan dengan Cara SederhanaSource: Photography By Asiya

Perkembangan bayi 10 bulan terbilang makin seru dibanding tahun sebelumya. Bayi seolah mengejar garis finish yakni sebelum usia 1 tahun. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan demi memperoleh badan yang sehat sejahtera di usianya yang genap kelak. Tentu saja, peran orang tua masih dibutuhkan.

Badan bayi punya sistem otomatis untuk memastikan tubuh berkembang dengan baik. Kendati demikian dorongan eksternal yang berasal dari ayah bunda akan mempermudah prosesnya. Ilmu pengetahuan jaman sekarang berhasil menemukan cara optimalisasi tumbuh kembang usia 10 bulan. Tenang saja, ayah bunda tidak perlu gelar dokter anak atau lulusan pengasuh profesional di Inggris untuk melakukan hal tersebut.

Penasaran? Langsung saja simak daftar berikut ini:

  1. Respon perkataan si kecil

Manusia adalah mahluk sosial, sepertinya sudah sangat jelas. Inilah mengapa, komunikasi menjadi landasan yang sangat penting. Dalam menjalani hidup, minimal bersikap sopan dapat menyelamatkan diri seseorang.

Kemampuan bicara dimulai sejak usia belia. Ya, pada usia 10 bulan, bayi sudah mampu mengucapkan beberapa kata. Walau belum sampai kemampuan pidato nasional, setidaknya si kecil berusaha komunikasi dengan ayah bunda.

Mayoritas orang tua membuat kesalahan dengan menahan penggunaan kosa kata saat bicara dengan si kecil. Padahal, dengan merespon kata-kata si kecil menggunakan bahasa yang berat, si kecil perlahan merekam penggunaan kata tersebut.

  1. Kenalkan musik terbaik

Alunan nada-nada indah bisa menarik perhatian siapa saja. Bahkan, rasanya sangat jarang ditemukan orang yang tidak menyukai musik. Ternyata, musik bukan sekedar penyenang hati dan pengisi waktu luang.

Pada dasarnya musik merupakan susunan suara yang beraturan. Seiring dengan perkembangan jaman, varian musik semakin meningkat. Inilah kenapa, banyak sekali jenis musik yang sesuai dengan perilaku seseorang. Orang yang mendengarkan musik klasik cenderung lebih tenang, dan terorganisir, sedangkan penggemar musik metal lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Selera musik sangat mungkin dibangun sejak kecil. Apalagi, di kala anak masih sangat belia, orang tua sangat disarankan memberi sesi musik yang mampu stimulasi otak anak. Entah dalam bentuk mendengarkan atau memainkan alat instrument, musik tidak hanya memberi warna dalam hidup namun juga memastikan pertumbuhan berjalan dengan lancar.

  1. Eksperimen dengan bahan makanan baru
    Pencernaan bayi 10 bulan sebetulnya berkembang dengan sangat pesat. Dulu, si kecil mungkin tidak mampu makan ragam bahan. Ketidakmampuan tubuh proses komponen dari makanan membuat resiko diare, dan sakit parah pada anak tidak terhindarkan.Ibu atau ayah yang senang eksperimen dengan beragam masakan bisa memulai petualangan di dunia kuliner dengan buah hati di usia 10 bulan. Bahkan, dengan varian makanan, lidah anak akan terbiasa untuk menerima segala jenis masakan. Sehingga sikap pilih-pilih makanan sangat mungkin diminimalisir.
  2. Jaga perilaku di sekitar bayi

Salah satu perilaku bayi yang paling terlihat namun kurang disadari adalah meniru. Layaknya mempunyai idola seumur hidup, bayi akan berusaha menjadi seperti orang dewasa yang dirinya percaya. Tidak perlu heran bila posisi tidur bayi mirip ayah, atau mungkin bayi laki-laki mencoba melilitkan kerudung bunda. Dirinya tidak memahami apa madsud perilaku orang tua, yang penting mirip, bayi akan bangga.

Sifat dasar bayi yang satu ini bisa dibilang berbahaya namun secara bersamaan menguntungkan. Apabila orang tua berperilaku baik, dan sopan di sekitar bayi, dapat dipastikan bayi akan memiliki kebiasaan yang sama. Lain cerita bila rumah tangga dipenuhi caci maki, dan drama keluarga, pastilah perkembangan bayi akan terhambat. Selalu perhatikan bagaimana ayah bunda bersikap bila ingin bayi tumbuh dengan baik.

  1. Jaga rutinitas tidur si kecil

Tidur merupakan anugrah tuhan kepada manusia yang cukup indah. Di kala tidur, seseorang bisa pergi ke alam mimpi, atau minimal bangun dengan kondisi tubuh segar. Pada dunia buah hati, tidur merupakan keperluan perkembangan tubuh bayi.

Sekilas tidur hanyalah menutup mata, dan tubuh tidak bergerak. Padahal. Bila meninjau lebih dalam, tidur tidak hanya sampai disitu saja. Kala tubuh manusia terlelap, organ dalam sedang melakukan pembersihan dan evaluasi. Inilah mengapa ketika bangun di pagi hari, rasanya beban kemarin terangkat. Terutama di masa pertumbuhan, selalu pastikan bayi mendapat tidur yang cukup.

  1. Pancing anak mencari mainan
    Visual merupakan kebutuhan hidup yang cukup besar. Mulai dari menonton film, menulis, membaca, belajar, dan sebagainya akan memerlukan kemampuan mata. Umumnya, umur sepuluh bulan, buah hati sudah mengalami perkembangan visual yang luar biasa.

Orang tua masih memiliki peran penting dalam melatih anak. Dalam konteks visual orang tua dipersilahkan memicu peningkatan kemampuan visual dengan mainan. Pilih mainan yang bergerak, mengeluarkan bunyi atau bercahaya. Manusia pada dasarnya tertarik pada ketiga unsur tersebut. Lantas, biarkan si kecil mendeteksi keberadaan mainan.

  1. Pastikan buah hati tidak ada gejala bermasalah
    Memang semua bayi berbeda-beda. Walau telah ditetapkan standard pertumbuhan si kecil, belum tentu semua bisa mengikuti. Ada yang lebih cepat tumbuh dibanding yang lain, ada pula yang terlambat.Pada umumnya, bayi usia empat puluh minggu mampu menopang tubuh, merespon panggilan, dan membuat ekspreksi. Jika orang tua merasa bayi tidak pernah merespon panggilan, ataupun mata bayi tidak mengikuti objek bergerak di depannya, bisa jadi ada yang salah. Segera periksakan status perkembangan bayi 10 bulan pada ahlinya bila firasat orang tua berkata buruk.(HN)

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY