Susu Formula untuk Bayi 1 Tahun

Susu Formula untuk Bayi 1 Tahun

30
0

Your Ads


Susu Formula untuk Bayi 1 Tahunwww.ibudanbalita.com

Ibu yakin sudah memilihkan susu formula untuk bayi 1 tahun yang terbaik? Ada banyak sekali pilihan produk susu untuk balita usia 1 tahun. Akan tetapi, coba ibu pertimbangkan untuk memilih susu Friso Gold 3. Selain kandungan nutrisinya yang lengkap dan seimbang, susu ini terjaga kualitasnya. Produsen menggunakan teknologi locknutri untuk memastikan semua kandungan nutrisi di dalam susu tidak rusak ketika berada di tangan konsumen.

Terlepas dari hal tersebut, masih ada hambatan yang mungkin akan ibu alami ketika pertama kali memberikan susu balita 1 tahun.

Masalah Saat Memberikan Susu Balita 1 Tahun

Tentu tidak semua balita mengalami masalah ketika pertama kali mengkonsumsi susu formula. Hanya saja, secara umum, mereka mengalami beberapa masalah berikut ini.

  1. Mual

Apakah ibu selama masa mengkonsumsi susu? Terkadang ibu merasa mual, bukan? Terutama ketika pertama kali ibu minum susu tersebut. Hal ini juga yang dirasakan oleh balita.

Ada cara yang bisa ibu lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut. Yang pasti, ibu harus pastikan kandungan gula di dalam susu tidak terlalu banyak. Susu yang terlalu manis itu sering membuat balita mudah mual ketika mengkonsumsinya.

 

  1. Diare

Ada banyak keluhan dari para orang tua di mana anak mereka mencret atau mengalami diare setelah mengkonsumsi susu balita usia 1 tahun. Tentu masalah yang satu ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Mungkin saja susu yang mereka berikan itu susu yang kandungannya tidak sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Bisa juga susu tidak higienis. Atau botol yang digunakan tidak dicuci dengan bersih. Hal tersebut menyebabkan bakteri berkembang dan masuk ke dalam tubuh anak. Akibatnya, anak mengalami diare.

Jika ibu sudah pastikan kehigienisan susu dan juga botol yang digunakan namun anak tetap mengalami mencret, maka sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter anak segera. Yang dikhawatirkan adalah ibu salah memilih susu untuk sang buah hati.

 

  1. Tidak Mau Makan

Ini peringatan bagi ibu yang baru pertama kali memberikan susu formula untuk balita 1 tahun. Ibu harus atur pemberian susu. Jangan sampai ibu memberikan susu terlalu berlebihan. Hal ini membuat anak merasa kenyang. Kandungan protein serta nutrisi lainnya di dalam susu itu sangat banyak. Hal tersebut membuat anak merasa kenyang setiap kali minum susu. Dan ini menjadi masalah jika ternyata anak belum makan.

Maka dari itu, pemberian susu itu disarankan dilakukan setelah makan. Beri jeda sekitar 15-20 menit setelah makan. Memberikan susu sebelum makan membuat anak merasa kenyang sehingga pada akhirnya sang buah hati ibu tidak mau makan.

 

  1. Perut Sakit

Ada juga balita yang mengalami mules atau sakit perut setelah minum susu. Para ahli kesehatan menemukan kasus semacam ini biasanya disebabkan sistem pencernaan kaget dengan kandungan laktosa yang ada di dalam susu.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi kendala yang mungkin dihadapi oleh si kecil. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana ibu meminimalisir terjadinya kendala tersebut sehingga anak mau minum susu dan mendapatkan semua manfaat dari susu tersebut.

 

Meminimalisir Masalah Ketika Pertama Kali Minum Susu

Yang paling sering terjadi adalah diare. Ini kendala yang paling umum terjadi ketika balita pertama kali minum susu untuk balita 1 tahun.

Apapun kendalanya, ada beberapa yang bisa ibu terapkan untuk mencegah hal tersebut.

Untuk minggu pertama, ibu bisa membuatkan susu dengan porsi setengah. Selain itu, ibu juga bisa kurangi porsi susu bubuknya namun airnya standar. Ini membuat susu encer, tidak terlalu kental. Anggap saja ini sebagai latihan agar sistem pencernaan mulai mengenal susu.

  • Berikan Dua Botol Setiap Hari

Seharusnya, anak mengkonsumsi susu 3 botol setiap hari. Akan tetapi, untuk minggu-minggu awal, ibu coba berikan susu 2 botol setiap hari. Jika si kecil sudah mulai melakukan adaptasi, ibu bisa berikan 3 botol.

  • Berikan Lebih Banyak Buah Dan Sayur

Selain susu, ibu juga bisa buatkan jus buah. Usianya sudah 1 tahun. Itu artinya, ibu sudah lebih leluasan untuk memberikan berbagai makanan dan minuman.

Selain minuman, usahakan juga setiap hari ibu buatkan menu makanan dari bahan bahan sayuran. Buah dan sayuran mengandung serat yang tinggi. Hal ini akan menjadi cara pencegahan yang efektif agar anak tidak mengalami masalah di dalam sistem pencernaannya.

Setidaknya itulah upaya yang bisa ibu lakukan sebagai langkah pencegahan terhadap terjadinya masalah ketika pertama kali ibu memberikan susu formula untuk anak 1 tahun.

 

Ketika Konsultasi Diperlukan

Sebenarnya, datang ke dokter anak dan melakukan konsultasi itu tidak harus dilakukan saat anak mengalami masalah kesehatan. Seharusnya konsultasi dilakukan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan dan perkembangannya. Sekarang ini, ibu bisa melakukan konsultasi secara online di www.friso.co.id. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi ibu tidak memiliki waktu untuk melakukan konsultasi anak.

Akan tetapi, kebanyakan orang tua baru melakukan konsultasi saat anak mengalami masalah. Sebaiknya ibu konsultasi dengan dokter sebelum memberikan susu. Ini untuk memastikan susu apa yang bagus untuk kondisi tubuh sang buah hati. Ibu harus tahu tidak semua susu formula untuk bayi 1 tahun yang harganya mahal itu bagus lho. Susu yang bagus itu susu yang kandungan nutrisinya sesuai dengan yang dibutuhkan sang buah hati.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY