Susu Formula Bebas Laktosa Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Susu Formula Bebas Laktosa Bagaimana Cara Mengetahuinya?

18
0

Your Ads


Susu Formula Bebas Laktosa Bagaimana Cara Mengetahuinya?BabyCenter.com

Susu formula bebas laktosa tentu sangat baik untuk si kecil dalam pemulihan setelah sakit.Laktosa berperan sebagai sumber energi atau kalori yang disebut juga sebagai gula susu. Laktosa berperan dalam pembentukan mikroflora usus yang diperlukan sebagai penghambat bakteri yang merugikan atau patogen.

Produk susu rendah laktosa biasanya diperuntukkan bagi mereka yang mengalami diare atau pemulihan sesudah sakit. Namun dalam beberapa kasus, ada juga anak yang kondisi pencernaannya memang tak tahan terhadap laktosa. Gangguan ini disebut  dengan lactose intolerance atau intoleransi laktosa atau dalam bahasa awamnya lambung yang bersangkutan tak dapat mencerna susu.

Intoleransi laktosa ini terjadi karena tidak ada atau minimnya enzim laktase  dalam sistem pencernaan si anak. Karena ketidakmampuannya mencerna susu, tinjanya menjadi berair, berbusa dan berbau asam. Bukan cuma itu. Anak pun mengeluh perutnya sakit, kembung dan terasa mulas. Itulah mengapa anak dengan kondisi seperti ini dianjurkan untuk mengonsumsi susu rendah laktosa atau bebas laktosa. Tentu saja sebelum mengonsumsi susu jenis ini, ada baiknya orang tua berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi anak untuk memastikan apakah si kecil memang perlu mengonsumsi susu ini atau tidak.

 Susu Formula Bebas Laktosa Sebagai Penambah Energi Si Kecil

Beberapa produsen susu mengeluarkan produk susu  sebagai penambah energi. Kandungan kalori, protein, dan mineralnya memang lebih tinggi dibandingkan susu formula lainnya. Alhasil, energi yang masuk ke tubuh anak pun diyakini secara otomatis lebih tinggi. Selain itu, susu jenis ini memang lebih mudah diserap oleh pencernaan karena komposisi lemaknya berbentuk MCT. Bahkan, susunan asam amino yang terkadung di dalamnya pun tergolong lengkap untuk melakukan sintesa protein.

Pada umumnya, susu ini dikategorikan sebagai menu tambahan atau pelengkap. Namun mengingat kandungan zat gizinya memang terbilang komplet, susu penambah energi ini boleh dikatakan sebagai pengganti makanan. Meski demikian bukan berarti anak hanya mengonsumsi susu ini dan tak perlu lagi menyantap makanan yang lain. Susu penambah energi sebaiknya diberikan pada anak yang nafsu makannya tergolong buruk atau rendah.

Namun sekali lagi, alangkah baiknya jika orang tua lebih dulu berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi anak untuk mencari tahu apa penyebab buruknya nafsu makan si kecil. Apakah karena gangguan medis atau ada faktor psikologis, semisal bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja maupun suasana makan yang tidak menyenangkan.

Memilih Susu Formula Bebas Laktosa Yang Tepat

Seringkali terjadi setiap timbul tanda dan gejala alergi pada bayi dan anak langsung divonis alergi susu sapi. Padahal penggunaan susu sapi sudah terjadi dalam 1-6 bulan , tetapi sebelumnya tidak timbul gejala.

Dugaan diagnosis alergi susu yang terlalu cepat dan terburu-buru tersebut ternyata belum tentu benar. Kesalahan tersebut sering timbul karena banyak faktor yang berperanan dalam timbulnya alergi dan sulitnya mendeteksi penyebab alergi. Sehingga sangatlah wajar setiap dokter sering berbeda pendapat dalam menangani seorang pasien yang sama. Banyak kasus telah divonis alergi susu sapi tetapi setelah dilakukan eliminasi provokasi pemberian susu sapi ternyata tidak terjadi alergi susu sapi.

Justru penyebab paling sering yang menimbulkan tanda dan gejala alergi ternyata adalah infeksi virus yang selama ini dianggap normal. Kesalahan lain yang sering terjadi adalah saat vonis alergi susu sapi langsung diberi susu parsial hidrolisat seperti NAN HA, Enfa HA atau Nutrilon HA padahal susu tersebut bukan untuk penderita alergi susu sapi tetapi untuk pencegahan alergi atau untuk penderita resiko tinggi alergi.

Pemberian susu adalah merupakan masalah yang tersendiri pada penderita alergi susu sapi. Untuk menentukan penderita alergi susu sapi pilihan utama adalah susu ektensif hidrolisat. Tetapi beberapa penderita juga bisa toleran terhadap susu soya. Seringkali kesalahan terjadi bahwa setiap anak mengalami tanda dan gejala alergi diadviskan susu hidrolisat parsial alergi seperti NAN HA, Nutrilon HA atau EnfaHa.

Padahan susu tersebut hanya untuk prevention atau pencegahan alergi bukan untuk penderita alergi susu sapi. Tetapi memang beberapa bayi dengan gejala alergi yang ringan dapat mengkonsumsi susu hodrolisat parsial. Meskipun sebenarnya susu ini untuk pencegahan alergi bukan untuk pengobatan. Memastikan alergi susu sapi tidak mudah karena dalam keadaan tertentu tes alergi seperti tes kulit atau tes darah tidak bisa memastikannya. Seringkali sulit memastikan apakah seseorang alergi susu sapi atau intoleransi atau bereaksi terhadap kandungan tertentu dari kandungan yang ada di dalam formula.

Memastikan alergi susu sapi harus dengan Chalenge test atau eliminasi provokasi. Hal inilah yang membuat seringkali terjadi overdiagnosis atau perbedaan pendapat di antara para dokter dalam menentukan kondisi alergi susu sapi apada anak atau bayi. Secara klinis dan laboratoris seringkali sulit untuk memastikan anak menderita alergi susu sapi. Karena dalam keadaan tertentu tes alergi khusus tes kulit dan tes darah masih belum bisa memastikan adanya alergi susu sapi atau tidak . Tidak mudah untuk menentukan pemilihan susu yang terbaik untuk anak tersebut.

Secara awal penderita diberikan susu ekstensif hidrolisat. Bila gejala alergi membaik selanjutnya dilakukan pemberian formula berturut turut yang lebih beresiko seperti soya, parsial hidrolisat, dan susu formula yang minimal kandungan AA, DHA, minyak kelapa sawit dan sebagainya. Susu formula bebas laktosa yang paling tepat adalah yang tidak menimbulkan gangguan. Bila timbul gejala pada salah satu formula tersebut kita harus pilih formula satu tingkat lebih aman di atasnya.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY