Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Kesehatan Ibu Hamil

Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Kesehatan Ibu Hamil

11
0

Your Ads


Mungkin sebagian besar dari kita hanya mengenalnya sebagai bumbu dapur yang menyedapkan aneka masakan. Ternyata bawang putih pun berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Silakan buktikan sendiri khasiat dan manfaat bawang putih bagi kesehatan.
Bawang putih sering kali dianggap sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Sebenarnya seberapa jauh sih manfaat bawang putih ini? Bawang putih (Allium sativum) yang biasa disebut juga garlic daiam bahasa Inggris adalah tanaman herba semusim berumpun, yang ketinggian pohonnya hanya sekitar 60 cm. Sebenarnya yang selama ini dimanfaatkan adalah umbinya yang merupakan umbi besar dan terdiri atas siung-siung.

Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Kesehatan Ibu Hamil

Tanaman bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang tinggi, yang disebut Allicin. Karena itu tak mengherankan jika bawang putih mentah akan terasa getir.
Kandungan bawang putih ini memang luar biasa, karena setiap 100 g bawang putih mengandung:

  • 150 kalori,
  • 33 g karbohidrat,
  • dan 6,36 g protein.
  • Selain itu bawang putih juga masih diperkaya dengan vitamin Bi, B2, B3, dan Be, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, seng, mangan.

Bahkan di berbagai film layar lebar bergenre horor, kita acap kali dikenalkan pada “khasiat” bawang putih dalam mengusir roh-roh jahat yang mengganggu manusia. Konon roh-roh itu takut terhadap bawang putih. Ya, itu mungkin hanya sebatas mitos belaka.
Perjalanan bawang putih dimanfaatkan oleh manusia rupanya sudah belangsung selama ribuan tahun, tepatnya lebih dari 7.000 tahun. Bahkan di Mesir pun tanaman ini telah digunakan untuk memasak maupun untuk pengobatan.

Meskipun di Indonesia bawang putih lebih banyak dimanfaatkan untuk campuran masakan, tapi beberapa tahun terakhir ini bawang putih pun menjadi tumpuan harapan banyak orang untuk mengobati berbagai penyakit. Nah, penyakit apa saja sebenarnya yang bisa disembuhkan dengan bantuan bawang putih?

Hipertensi/ Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat modern sekarang ini. Penyakit ini memang tak mengenal usia, tua- muda bisa jadi korbannya.
Untuk mengatasi hipertensi ada dua cara yang bisa diambil dengan menggunakan bawang putih. Pertama, ambillah 2-3 siung bawang putih yang telah dikupas. Setelah dicuci, langsung kunyah lalu ditelan dengan bantuan air hangat. Lakukan hal ini tiga kali sehari.

Cara kedua, bakarlah bawang putih sampai matang, dan langsung makan. Untuk dua hari pertama makanlah 6 siung bawang. Selanjutnya untuk seminggu berikutnya cukup makan 2 siung.

Sakit Kepala

Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Bawang Putih Untuk Mengobati Sakit Kepala. Gambar: Freepick.com

Sakit kepala memang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Biasanya orang yang tak mau repot langsung minum obat pereda sakit kepala. Tapi agar tak banyak minum obat, manfaatkanlah bawang putih. Caranya, dengan melumatkannya dan memborehkamya pada dahi.

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan jelas akan mengganggu aktivitas kita, termasuk menyulitkan untuk berkomunikasi. Agar bisa segera terbebas dari radang tenggorokan, kunyahlah segera sepotong kecil bawang putih.

Meredakan Flu

Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Sumber Gambar: Kompas.com

Untuk menumpas flu yang bisa datang kapan saja, bawang putih pun bisa diandalkan dengan kombinasi bawang merah dan jahe. Seduhlah ketiganya dan biarkan da- lam gelas tertutup selama 15 menit.
Lalu makanlah bawang putih dan bawang merahnya, dan minumlah air seduhan itu. Semoga ini membantu mengusir flu dengan segera.

Luka Kena Benda Tajam Berkarat

Luka kena benda tajam berkarat akan berisiko terkena infeksi. Karena itu harus segera ditangani secepatnya. Untuk ini pun bawang putih bisa diharapkan. Caranya, kupas, cuci, dan bakarlah si bawang putih. Lalu celupkan ke dalam minyak kelapa dan lumatkan. Oleskan segera pada bagian yang terluka.

Atasi Kutil

Meskipun kecil, tapi kutil jelas mengganggu. Untuk menghilangkannya, gepreklah bawang putih, lalu tempelkan pada kutil dan ikatlah yang kuat dengan menggunakan kain atau plester. Biarkan selama 30 menit. Hasilnya, kulit akan panas dan kutil pun akan menghitam. Ini akan membantu Anda mengenyahkan kutil yang menjengkelkan itu.

Batuk Rejan Dan Bronkhitis

Batuk rejan dan bronkhitis jelas sangat menyiksa. Agar segera reda, ambillah 30 g bawang putih, kupas, cuci, dan lumatkan. Campurlah dengan gula batu dan segelas air matang. Biarkan air itu selama 5-5 jam. Minumlah 1 sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari.

Mengobati Disentri

Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Kesehatan Ibu Hamil
Khasiat dan Manfaat bawang Putih . Sumber gambar flickr.com

Disentri adalah radang selaput lendir usus besar dengan gejala utama berupa berak-berak bercampur lendir. Jika tak segera diatasi, penyakit ini tentu akan menimbul- kan dampak yang merepotkan. Jika terkena disentri, ambil dan kupaslah 2 siung bawang putih, lalu cuci dan rebus dengan segelas air. Minumlah sebelum makan. Lakukan hal ini tiga kali sehari selama 2-3 hari. Dengan resep ini diharapkan disentri langsung mereda.

Atasi Nyeri Haid

Bagi kaum wanita, nyeri haid memang sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, kupas dan cucilah 2 siung bawang putih. Kunyah bawang itu sampai halus dan telan. Minum 2 sendok air hangat, dan ulangilah hal ini dua kali sehari.

Sakit Maag

Bawang putih pun bisa diandalkan untuk mengatasi sakit maag. Caranya, ambillah bawang putih laki-laki (yang tumbuh sendiri atau tunggal dan tak bergerombol), kupas, cuci, dan kunyahlah. Dengan melakukamya tiga kali sehari, sakit maag pun bisa diatasi.

Atasi Perut Kembung

Perut kembung bisa diatasi dengan mengunyah 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci, lalu telan dan minumlah air hangat. Ulangi hal ini tiga kali sehari.

Bisul yang Baru Tumbuh

Yang namanya bisul tentu menimbulkan rasa sakit yang mengganggu. Agar tak sampai menjadi bisul besar, saat baru tumbuh ambillah satu siung bawang putih, kupas, cuci, belah, dan oleskan pada bisul
yang baru muncul itu. Lakukanlah berkali-kali.

Ambeien Atau Wasir

Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Bawang putih untuk mengtasi ambeien atau wasir Foto: livestrong.com

Ambeien alias wasir benar-benar sangat mengganggu. Penyakit yang membuat orang tersiksa karena tidak bisa duduk dengan nyaman ini bisa diatasi dengan memanfaatkan bawang putih yang sudah dikupas, dicuci, dan dilumatkan. Oleskan perasan airnya di sekitar anus setiap hari. Baca Juga: ambeien atau wasir pada ibu hamil.

Mengatasi Astma

Asma atau kadang disebut juga bengek membuat penderita- nya tersiksa karena tak bisa bernapas dengan leluasa. Untuk mengatasinya, ambillah 10 siung bawang putih, lalu kupas, cuci, dan iris. Rebuslah kemudian dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal Setelah dingin, saringlah. Minumlah air rebusan ini 3x sehari, masing-masing setengah gelas dan tambahi dengan satu sendok makan madu.

Mengurangi Rambut Rontok

Bawang putih juga sering dimanfaatkan untuk mengurangi kerontokan rambut. Caranya, gosokkan irisan siung bawah putih pada kulit kepala, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menyingkirkan rambut rontok. Selain itu bantulah dengan menggunakan bawang putih yang dimasukkan ke dalam minyak zaitun selama seminggu, dan gunakalah minyak itu pada rambut sambil memijat- mijatnya.

Digigit Serangga Beracun 

Sering tanpa sengaja kita tersengat atau digigit serangga beracun. Agar tak menimbulkan luka berkelanjutan, ambil 6 siung bawang putih, kupas, cuci, lumatkan. Oleskanlah bawang putih itu pada bagian yang terkena sengatan, lalu balutlah.

Tentu masih banyak manfaat bawang putih untuk mengatasi berbagai penyakit yang lain. Mudah- mudahan bawang putih selalu bisa Jadi pengawal bagi kesehatan kita. Semoga Bermanfaat

The post Sejuta Khasiat & Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan appeared first on Kesehatan Ibu Hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY