Resep Cemilan Sehat Untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas

Resep Cemilan Sehat Untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas

6
0

Your Ads


Resep Cemilan Sehat Untuk Anak Usia 6 Bulan KeatasLiving The Bump

Resep cemilan sehat bisa Anda dapatkan di berbagai buku panduan maupun di internet. Memiliki bayi membuat waktu berlalu sedemikian cepat, hingga tidak terasa sekarang bayi Anda sudah genap berusia 6 bulan, yang berarti Anda harus memutar otak untuk menyiapkan resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi. Dalam menyiapkan resep makanan bayi yang akan dikonsumsi oleh bayi Anda, tidak lepas dari tahap perkembangan bayi usia 6 bulan. Hal ini karena tahap perkembangan bayi yang telah mencapai usia 6 bulan akan menentukan kesiapannya untuk mulai menerima makanan padat.

Anda dapat mengetahui apakah bayi Anda sudah siap untuk diberikan makanan padat, salah satunya adalah apabila ia dapat mengangkat kepala dengan tegak dan dapat duduk tegak di kursi. Selain itu, bayi haruslah menunjukkan penambahan berat badan yang signifikan. Menurut para ahli, idealnya untuk mulai dikenalkan dengan makanan padat bayi harus memiliki berat badan setidaknya dua kali berat badan bayi waktu lahir atau setidaknya memiliki berat badan 6 kilogram.

Selain melihat aspek berat badan, keterampilan motorik bayi juga dapat dijadikan pegangan apakah ia siap untuk menerima makanan padat. Di antaranya adalah apabila bayi telah mampu mengatupkan mulutnya di sekitar sendok, dan dapat memindahkan makanan dari bagian depan dan belakang mulutnya. Sejak lahir hingga genap berusia 6 bulan, Air Susu Ibu (ASI) adalah satu-satunya sumber nutrisi yang dianjurkan untuk bayi, sesuai rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

Resep Cemilan Sehat Dan Praktis Yang Bisa Dibuat Sendiri Dirumah

Setelah lepas 6 bulan, barulah Anda dapat memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Namun saat mulai mengenalkan makanan padat pada bayi, Anda harus mengingat bahwa ASI harus tetap menjadi sumber nutrisi yang utama yang diterima bayi. Hal ini karena bayi tidak serta merta dapat menerima makanan padat.

Ia membutuhkan latihan, dan juga penyesuaian baik dari segi keterampilan motorik maupun tekstur dan rasa makanan. Pengenalan makanan padat itu sendiri bertujuan untuk mengembangkan kemampuan koordinasi bagian-bagian tubuh bayi seperti mata, tangan, serta mulutnya. Dalam menyiapkan resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi, sebisa mungkin Anda membuat sendiri makanan bayi tersebut di rumah.

Sebab lebih terjamin kebersihannya pada tahap mempersiapkan bahan-bahan makanan. Anda bisa mencuci bahan makanan yang akan diolah sehingga benar-benar bersih sehingga bebas dari bakteri yang berbahaya, kualitas bahan yang digunakan, bebas dari tambahan pengawet atau penyedap rasa, dan lebih banyak variasinya karena Anda sendiri yang menentukan menunya.

Menu yang bisa Anda siapkan untuk bayi Anda antara lain puree atau bubur halus. Bahan makanan yang dapat Anda olah menjadi bubur halus pun bermacam-macam, antara lain sayuran seperti ubi dan labu, buah-buahan yang sesuai untuk bayi 6 bulan seperti apel dan pisang, daging seperti ayam dan  sapi, serta sereal. Bahan-bahan lain pun bisa Anda olah sesuai selera bayi Anda.

Dalam mengenalkan makanan padat pada bayi Anda, lakukan secara bertahap mulai dari yang teksturnya cair atau encer terlebih dahulu, karena selama ini bayi terbiasa mengkonsumsi ASI. Baru kemudian Anda dapat membuat bubur halus yang semakin kental seiring dengan usia bayi yang makin bertambah.

Resep Cemilan Sehat Dan Enak Siapa Yang Tidak Mau

Anda bisa mendapatkan resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi di buku dan internet. Namun prinsip pengenalan makanan padat itu sendiri memiliki beberapa panduan yang dapat Anda lakukan. Yang pertama adalah, dalam memperkenalkan makanan padat pada bayi, jangan berharap bayi akan langsung atau selalu menyukai makanan yang Anda berikan. Ada kalanya bayi Anda menolak makanan tersebut ketika pertama kali Anda memberikannya pada bayi Anda. Jangan patah semangat atau memaksa bayi Anda. Sebaiknya coba lagi dalam beberapa hari untuk memberikan makanan itu kembali.

Setelah itu, cobalah memberikan satu jenis makanan dalam satu waktu. Anda memang dianjurkan untuk memberikan bahan makanan yang bervariasi untuk bayi Anda. Namun, dalam mengenalkan satu jenis makanan, tunggulah setidaknya dua atau tiga hari sebelum memberikan jenis makanan yang lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah makanan yang Anda berikan menimbulkan reaksi alergi pada buah hati Anda.

Cobalah untuk membuat catatan atau food diary untuk membuat dokumentasi mengenai makanan apa saja yang telah Anda berikan. Dengan begitu , jika muncul reaksi alergi, akan lebih mudah untuk menentukan penyebabnya. Panduan selanjutnya dalam mengenalkan makanan padat pada bayi adalah tentang porsi. Berapa banyak yang harus Anda berikan pada bayi Anda harus diperhatikan.

Banyak sekali ibu yang menanyakan pertanyaan tersebut pada beberapa kesempatan atau pada forum kesehatan, bahkan mungkin Anda salah satunya. Susui bayi Anda terlebih dahulu, lalu mulailah dengan memberikan 1 sendok teh makanan padat pada bayi Anda. Perlahan-lahan tingkatkan porsinya menjadi 1 sendok makan, dua kali sehari. Jangan mengharapkan bayi Anda langsung makan banyak, seperti halnya orang dewasa.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai resep cemilan sehat yang bergizi untuk buah hati Anda. Selain itu juga ada beberapa sederhana dalam memperkenalkan makanan padat pada bayi. Awalnya memang sulit , dari mulai penolakan dari bayi, bayi memuntahkan makanan kembali, sampai tanda-tanda alergi yang mungkin timbul setelah bayi Anda mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Namun ketelatenan menjadi kunci utama untuk hal ini. Jadi Anda harus benar benar punya tekad dimana Anda harus memberikana cemilan maupun makanan yang sehat dan bergizi untuk buah hati tercinta.

Buat Anda yang ingin tahu resep-resep untuk batita, klik di sini yuk.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY