Pilihan Makanan Berserat Untuk Anak Usia 1 Tahun

Pilihan Makanan Berserat Untuk Anak Usia 1 Tahun

2
0

Your Ads


Pilihan Makanan Berserat Untuk Anak Usia 1 Tahunwww.awalsehat.nestle.co.id

Pada umumnya makanan berserat untuk anak jarang dikonsumsi oleh anak balita setiap harinya. Kondisi ini bisa memicu gangguan pencernaan seperti sembelit dengan gejala umum berupa susah buang air besar atau BAB, feses keras sehingga sakit saat BAB, jarang BAB, feses berupa gumpalan keras berukuran besar atau butiran-butiran kecil, serta mengeluh sakit perut.

Konsumsi makanan kaya serat penting bagi kesehatan si kecil karena selain dapat melancarkan sistem pencernaan mereka, makanan berserat tinggi juga dipercaya mampu memerangi jenis penyakit tertentu. Oleh karenanya sangat penting bagi bunda untuk memberikan si kecil jenis makanan yang kaya kandungan serat setiap harinya. Menurut penelitian dari Amerika, si kecil dengan usia 1-3 tahun normalnya memerlukan asupan sekitar 19 gram serat per hari yang diperoleh dari berbagai jenis makanan.

Makanan Berserat Untuk Anak Guna Memperlancar Saluran Pencernaan

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis makanan kaya serat yang baikuntuk anak balita, diantaranya adalah ;

– Kacang-kacangan.

Termasuk diantaranya kacang merah, kacang hitam, dan kacang hijau. Rata-rata 1 gelas (ukuran 230 ml) kacang merah yang sudah dimasak mengandung sekitar 14 gram serat. Kacang merah dapat dimasak dalam bentuk sup sedangkan kacang hijau dapat dijadikan bubur kacang hijau.

– Brokoli.

Jenis sayuran yang berwarna hijau gelap ini dikenal memiliki banyak manfaat, selain kandungan vitamin C nya yang tinggi, brokoli juga kaya akan kandungan serat. Dalam satu gelas brokoli rebus rata-rata terkandung sekitar 5 gram serat.

– Alpukat.

Buah dengan tekstur lembut dan legit ini menjadi salah satu primadona buah dengan kandungan serat tinggi. Dalam satu butir alpukat ukuran sedang terkandung sekitar 7 gram serat. Alpukat dapat diberikan langsung pada si kecil atau disajikan dalam bentuk jus.

– Buah Pir dan apel.

Dibalik rasa buah pir dan apel yang manis dan segar, ada sekitar 5.5 gram serat yang terkandung dalam buah pir atau apel berukuran sedang. Baik apel maupun buah pir dapat diberikan pada si kecil sebagai cemilan antara waktu makan siang dan makan malam.

– Beras merah.

Salah satu kelebihan beras merah dibanding beras putih adalah kandungan seratnya yang lebih tinggi. Dalam setiap gelas nasi beras merah terkandung sekitar 4 gram serat. Beras merah dapat diberikan pada si kecil sebagai alternatif beras putih yang biasa mereka makan.

– Bayam.

Selama ini bayam dikenal sebagai jenis sayuran dengan kandungan zat besi tinggi, namun ternyata selain kandungan zat besinya, bayam juga kaya akan serat. Dalam satu gelas bayam yang sudah di masak terkandung sekitar 4 gram serat.

– Oatmeal.

Salah satu kelebihan oatmeal ada pada kandungan seratnya yang tinggi. Serat pada oatmeal selain bagus untuk pencernaan si kecil juga mengandung jenis serat lainya yang terbukti secara medis mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah sehingga konsumsi dalam jangka panjang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Makanan Berserat Untuk Anak Balita

Sejak mulai diperkenalkan makanan padat,  pada diet bayi sudah bisa ditambahkan dengan beraneka macam buah dan sayuran. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa beraneka macam buah dan sayuran adalah sumber yang padat nutrisi, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh; bahkan beberapa diantaranya tidak bisa diperoleh dari makanan hewani, seperti vitamin C dan berbagai zat antioksidan lainnya. Namun beberapa dari jenis buah dan sayur tidak cocok untuk bayi, karena sulit dicerna dan berpotensi tinggi menyebabkan alergi.

Oleh sebab itulah,  ibu atau orang tua harus memperoleh informasi yang jelas mengenai makanan yang akan ditambahkan untuk bayinya, karena bagaimanapun sistem pencernaan dan ketahanan tubuh bayi masih belum kuat. Tidak hanya itu, cara penyajiannya pun juga perlu diperhatikan selain harus benar-benar dipastikan kebersihannya, buah dan sayur juga perlu dihaluskan atau terkadang harus ditambahkan kedalam makanan padat utama seperti bubur atau tim nasi putih.

Jika bayi tidak bisa mentolerir makanan tertentu, misalnya menjadi diare, rewel, sulit BAB, hingga timbul reaksi alergi, maka orang tua perlu menghentikannya. Hal ini karena jika makanan dikombinasikan, akan sulit untuk mengetahui mana makanan yang bisa atau tidak diterima oleh bayi. Untuk itu disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan terpercaya atau dokter anak mengenai makanan pertama yang sesuai untuk diberikan kepada bayi Anda.

Daftar buah dan sayuran terbaik dalam hal gizi dan sifat yang cocok diberikan kepada bayi saat mulai pertama diperkenalkan makanan padat setelah 6 bulan kelahiran salah satunya adalah jenis sayuran dan umbi-umbian. Jenis umbi-umbian umumnya memiliki tekstur yang lembut ketika dibuat bubur serta memiliki rasa manis alami, sehingga disukai oleh bayi. Anda bisa membuat bubur dari ubi jalar, larut, atau kentang rebus . Wortel bagus untuk bayi karena kaya akan beta karoten bentuk vitamin A, serta lembut dan rasanya manis bagus untuk kesehatan penglihatan.

Ubi jalar yang berwarna merupakan sumber kalium yang baik, vitamin C, dan serat. Namun pada umumnya ubi jalar yang berwarna oranye memiliki tekstur lebih lembut dan rasanya lebih manis dan sumber beta karoten yang bagus. Nutrisi-nutrisi tersebut bermanfaat membantu mencegah beberapa kanker dan efek radikal bebas. Bahkan ubi jalar setelah direbus bisa dibuat bubur dengan ditambahkan susu untuk diperkenalkan sebagai makanan padat pertama bayi. Kentang mengandung vitamin C dan merupakan sumber kalium yang baik, juga dapat digabung dengan sebagian besar jenis sayuran sebagai makanan berserat untuk anak.

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY