Permainan Puzzle Anak Untuk Mengasah Kecerdasan Otak

Permainan Puzzle Anak Untuk Mengasah Kecerdasan Otak

7
0

Your Ads


Permainan Puzzle Anak Untuk Mengasah Kecerdasan Otakmybaby.co.id

Membantu pertumbuhan kognitif menggunakan permainan puzzle anak memang sangat disarankan. Bermain adalah bagian hidup anak-anak. Kita menyadari bahwa anak kecil dapat belajar keterampilan baru dengan cepat. Mereka tidak banyak mengeluh ataupun merasa malas jika menghadapi sesuatu yang terlihat menantang.

Coba lihat perkembangan mereka yang begitu cepat. Mulai berjalan, berbicara, menulis dan memainkan alat musik dapat mereka kuasai dengan cepat. Padahal semuanya sangat kompleks, tapi anak-anak menjalaninya dengan tenang. Bandingkan apabila orang dewasa yang baru belajar beberapa hal tersebut, mungkin butuh waktu yang lebih lama dibandingkan anak kecil.

Kemampuan untuk belajar dengan cepat pada tahun-tahun awal perkembangan anak merupakan kesempatan yang ideal untuk belajar keterampilan memecahkan game puzzle untuk anak yang mengasah otak. Perkembangan otak anak akan semakin pesat jika kita banyak meluangkan waktu untuk bermain puzzle ataupun alat permainan edukatif lainnya.

Permainan Puzzle Anak Yang Banyak Disukai

Anak kecil mungkin tidak peduli mereka bermain tipe puzzle apa, mereka hanya menikmati bermain puzzle hingga berjam-jam. Mereka penasaran dan selalu mencoba menyelesaikan puzzle yang dihadapinya. Tidak banyak juga anak-anak yang menyadari bahwa jenis game puzzle tertentu dapat melatih otak mereka. Mereka hanya tahu bermain puzzle itu menyenangkan karena bermain adalah dunia anak-anak.

Permainan puzzle ataupun teka-teki banyak sekali macamnya. Jika selama ini Anda cuma mengenal puzzle jigsaw, puzzle pencarian kata ataupun labirin, beruntunglah Anda menemukan artikel ini. Berikut ini beberapa game puzzle untuk anak yang dapat Anda ajarkan dan mainkan beserta anak:

– Mechanical Puzzles

Jenis puzzle ini adalah permainan yang paling umum ditemui di masyarakat. Contoh dari jenis puzzle mekanik antara lain puzzle jigsaw, nail puzzle dan kotak rubik. Anak-anak akan dengan mudah menguasai keterampilan memecahkan puzzle jika mulai diajarkan sejak kecil.

– Logic Puzzles

Logic puzzle merupakan game puzzle untuk anak yang harus diselesaikan dengan mengikuti beberapa aturan. Umumnya puzzle seperti ini memiliki solusi yang unik, dimana puzzle akan lebih mudah diselesaikan jika kita menyelesakan beberapa bagian yang menjadi solver. Contoh puzzle jenis ini diantaranya Sudoku, Picross dan logic grid puzzle.

– Math Puzzle

Mengajarkan matematika secara tradisional akan menurunkan minat anak-anak terhadap matematika. Kebanyakan anak tidak menyukai matematika, namun jika metode pembelajaran dilakukan dengan media interaktif mungkin bisa beda ceritanya. Menggunakan game puzzle matematika akan membuat kesan yang menyenangkan dalam memecahkan masalah perhitungan.

– Word Puzzles

Word puzzles adalah game puzzle untuk anak yang dapat menambah wawasan tentang bahasa. Penguasaan kosakata menjadi kunci menyelesaikan permainan word puzzle. Contoh dari puzzle ini diantaranya teka-teki silang dan boggle.

– Trivia Puzzles

Trivia puzzle identik dengan quiz yang ada di Internet. Permainan ini identik dengan teka-teki yang menggunakan desain yang menarik dengan unsur grafis yang bagus. Puzzle ini juga identik dengan pesan eksplisit sehingga membutuhkan pengetahuan yang unik dan biasa ditemukan di Internet.

Beberapa Manfaat Permainan Puzzle Anak

Membiasakan anak-anak untuk memecahkan puzzle dengan cara mengumpulkan informasi, memahami situasi dan menemukan solusi dengan cepat akan menyiapkan anak untuk menghadapi kehidupan di masa dewasa.

Teka-teki dan permainan puzzle membantu memperkuat logika anak, mengajarkan bagaimana berpikir secara kritis, memahami visualisasi gambar, mengasah kreativitas, dan meningkatkan keterampilan motorik. Berikut ini akan kami sampaikan mengapa game puzzle sangat bermanfaat untuk anak ;

– Kegigihan

Puzzle dan permainan teka-teki mungkin membutuhkan percobaan yang berulang-ulang untuk memecahkan puzzle. Anak-anak akan diajarkan bagaimana harus gigih dalam menyelesaikan puzzle meskipun telah mengalami kegagalan beberapa kali.

– Dapat Memecahkan Masalah Sendiri dan Berpikir Kritis

Permainan puzzle adalah cara yang bagus untuk anak-anak belajar metode ilmiah. Anak-anak akan belajar bagaimana berhipotesis, kemudian melakukan tes hingga dapat menyimpulan sesuatu. Pada beberapa permainan, anak mungkin terjebak pada teka-teki yang sulit untuk dipecahkan. Ini justru melatih anak berpikir secara kritis untuk menyelesaikan masalah tersebut.

– Untuk Koordinasi Tangan, Mata dan Keterampilan Motorik

Pada tahun-tahun pertama, anak belajar keterampilan motorik kasar seperti berjalan, menari dan berguling. Pada masa pertumbuhan, anak juga perlu mengasah keterampilan motorik halus seperti memegang, menggenggam dan memanipulasi. Banyak game puzzle untuk anak yang didesain untuk melatih koordinasi tangan, mata dan keterampilan motorik halus.

– Mengasah Kreativitas

Hampir sebagaian besar game dibuat dengan aspek kreatif. Baik dari produksi, pengembangan game hingga penggunaan selalu menawarkan nilai kreativitas. Game memang diciptakan untuk menyelesaikan proses belajar tradisional yang kadang membosankan. Kreativitas ini diharapkan mampu merancang solusi spontan yang bisa dipikirkan oleh anak-anak. Sangat penting untuk mengasah kreativitas sebelum memiliki keterbatasan kreatifitas di masa dewasa.

Game Puzzle telah menantang manusia selama berabad-abad. Untuk mengenalkan permainan ini pada anak-anak, kita perlu memperhatikan manfaat yang diberikan oleh permainan ini terhadap perkembangan kognitif. Contoh game puzzle untuk android dan IOs yang dapat dimainkan oleh si kecil yaitu Toddler Kids Puzzles PUZZINGO. Ini adalah contoh game puzzle untuk anak yang sempurna. Selain cocok untuk anak pada umumnya, permainan ini juga ramah untuk anak dengan autism dan anak berkebutuhan khusus. Ada terapi wicara dan fitur insyarat visual dan audio yang dirancang untuk anak berkebutuhan khusus.

Permainan puzzle anak ini mempelajari kata-kata yang akan membantu balita dan anak anak untuk mengembangkan keterampilan motorik dengan metode belajar yang menyenangkan. Fitur interaktif dan animasi yang sangat bagus akan meningkatkan ketertarikan anak untuk belajar menyelesaikan permasalahan.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY