Perlu Tidaknya Memberikan Susu Anak 4 Tahun Menurut Dokter

Perlu Tidaknya Memberikan Susu Anak 4 Tahun Menurut Dokter

16
0

Your Ads


Perlu Tidaknya Memberikan Susu Anak 4 Tahun Menurut Dokterfriso.co.id

Memberikan susu anak 4 tahun dianggap bagus untuk menunjang pertumbuhannya. Pemberiannya seakan memberikan solusi untuk mencukupi kebutuhan buah hati. Lalu, apa kata dokter mengenai pemanfaatan susu tersebut?

Semasa masih kanak-kanak, susu begitu penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Ini memang tidak diragukan. Pasalnya, susu diformulasikan secara khusus oleh pakar kesehatan dengan banyaknya kandungan gizi di dalamnya.

Kandungan gizi inilah yang nantinya diharapkan bisa memenuhi gizi anak. Anak akan lebih mudah mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Akhirnya, tumbuh kembangnya lebih optimal, serta fungsi tubuhnya lebih terjaga.

Perlukah Buah Hati Diberikan Susu Pendamping?

Susu untuk anak 4 tahun dibuat dari susu segar, diolah dengan proses tertentu. Penambahan gizi di dalamnya juga ada. Ini membuat susu mempunyai kelengkapan gizi.

Bagi anak usia empat tahun, susu memang masih diberikan oleh ibundanya. Hal ini mengingat susu menyimpan sejumlah nutrisi yang diperlukan. Misalnya nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan menambah berat sekaligus menunjang tinggi anak.

Bagaimana menurut dokter mengenai pemanfaatan susu tersebut? Dr Badriul Hegar, PhD, SpA (K) dari RS Cipto Mangunkusomo mengatakan jika susu berperan sebagai makanan pendamping. Artinya, susu bukanlah makanan utama bagi anak yang sudah menginjak usia di atas 3 tahun.

Bahkan secara teoripun menunjukkan hal yang sama. Anak yang sudah berusia 1 tahun, susu hanya berguna untuk makanan pendamping saja. Sementara makanan utama berasal dari makanan padat sebagaimana yang ibu konsumsi.

Kalaupun memberikan makanan padat, ibu bisa menjadwalkan makanan tiga kali dalam sehari. Kemudian ibu bisa memberikan camilan sekitar dua kali, dan sisanya diberikan susu.

Ahli gizi dari RS Panti Rapih Yogyakarta bernama M. Dora Tri Yogyantini SGz juga mengatakan hal yang serupa. Walaupun balita tidak diberikan susu, balita tetap bisa tumbuh sehat dengan catatan asupan nutrisinya terpenuhi.

Pendapat dari ahli gizi tersebut tentunya menguatkan jika susu untuk bayi 4 tahun boleh tidak diberikan ibunya. Yang terpenting, ibu bisa memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anaknya. Nutrisi ini bisa didapatkan dari ragam jenis makanan padat, kemudian dilengkapi dengan sayuran dan buah.

Pemberian susu pendamping hanya diberikan jika ibu merasa kebutuhan nutrisi anak dirasa belum terpenuhi. Contohnya bila anak terlihat memiliki berat badan yang cenderung sama di tiap tahunnya. Atau, anak mengalami penurunan berat badan. Ini menandai jika anak mengalami kekurangan salah satu nutrisi.

Susu Cair Atau Susu Bubuk Yang Lebih Baik Untuk Anak Usia 4 Tahun?

Ketika ibu merasa susu sangat dibutuhkan anaknya, ibu disarankan untuk memberikannya. Pemberian susu pada anak usia 4 tahun bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan anaknya. Lalu, mana yang terbaik antara susu bubuk dan susu cair yang baik untuk dikonsumsi anak?

Susu cair dianggap memiliki keunggulan. Susu jenis ini terbilang masih sangat segar. Kandungan gizinya juga masih sangat alami.

Sementara susu bubuk sendiri memiliki hal yang sama. Susu segar diproses menjadi semacam bubuk susu. Biasanya, pakar kesehatan akan melengkapinya dengan kandungan nutrisi lainnya di dalamnya.

Kelengkapan nutrisinya menjadi nilai plus. Anak akan dengan mudah memperoleh manfaatnya. Contohnya bila anak membutuhkan protein lebih besar, susu dengan kandungan protein lebih banyak bisa menjadi pilihan. Gunanya adalah untuk mendukung pertumbuhan otot dan mendukung berat badannya.

Yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan susu anak 4 tahun yang bagus adalah kandungan gula di dalamnya. Kandungan gula di dalam produk susu bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan susu alami. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi anak terkikis.

Begitu pula jika pemberian susu dengan gula tinggi, anak bisa mengalami masalah obesitas maupun diabetes. Hal ini yang patut diwaspadai oleh ibu. Akan lebih baik jika ibu memilih produk susu yang rendah akan gula.

Nah, dilihat dari kumpulan gizi di dalam susu bubuk/cair, masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Anak usia 4 tahun diperbolehkan untuk memberikan salah satunya. Yang paling utama adalah susu tersebut diberikan sesuai kebutuhan anak.

Urutan Pemberian Susu Bagi Anak

Pada tahap perkembangannya, susu diperlukan sekali. Dan jenis-jenis susu diberikan sesuai kemampuan anak di usia tertentu. Maksudnya, ada urutan dimana produk susu anak 4 tahun akan diberikan.

Urutan terbaik pemberian susu dimulai dengan pemberian asi ekslusif. Susu ekslusif wajib diberikan ketika anak baru dilahirkan sampai usia 2 tahunan. Kadang bayi juga diberikan susu pendamping lainnya sebelum usia 2 tahun, yakni ketika bayi mulai berusia 6 bulan ke atas.

Susu untuk anak selanjutnya adalah susu murni pasteurisasi. Susu jenis ini memiliki kandungan yang bagus, hampir mendekati susu sapi. Sementara yang selanjutnya adalah susu UHT. Namun kedua jenis susu ini diberikan jika anak sudah mencapai usia 5 tahun ke atas.

Bagi anak usia 4 tahun, ibu bisa mencari jenis susu anak 4 tahun yang demikian. Artinya, susu dengan proses alamiah tersebut yang dikhususkan untuk anak usia 4 tahun ke atas. Toh, banyak produk susu yang dibuat dengan cara tersebut.

Selanjutnya adalah susu bubuk. Susu jenis ini diberikan pada anak bila ibu kesulitan mendapatkan susu segar. Susu tersebut juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

Sementara yang terakhir adalah susu kental manis. Susu tersebut memiliki kandungan lemak dan gula tinggi. Kemudian kandungan protein dan kalsiumnya rendah. Bagi ibu, ada baiknya memanfaatkan makanan mengandung protein tinggi dibanding susu.

Demikianlah ulasan mengenai perlu tidaknya susu bagi anak. Bila ibu menganggap anak kekurangan nutrisi, tidak ada salahnya bila ibu memanfaatkan susu pendamping. Jadi, sudahkah ibu memilih susu anak 4 tahun?

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY