Perawatan Pasca Melahirkan | Tips Ibu Hamil

Perawatan Pasca Melahirkan | Tips Ibu Hamil

17
0

Your Ads


Setelah melahirkan, banyak hal yang berubah dalam hidup bunda. Apalagi kini ada anggota baru yang harus dijaga dan dirawat. Namun, agar dapat merawat si kecil , tentu ibu pun harus menjaga kesehatan diri, agar tidak menularkan virus penyakit jika ibu sakit. Apalagi ketika menyusui (memberikan ASI ekslusif), bayi akan mendapatkan nutrisi yang sama dengan yang ibu makan. Jadi, ibu harus benar-benar menjaga pola makan!

Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan sangat penting bagi bunda, khususnya jika bunda menyusui secara eksklusif karena sebenarnya berat badan ibu dapat turun dengan menyusui. Agar tetap dapat menghasilkan asi yang berlimpah, ibu harus menjaga pola makan seperti yang telah ibu lakukan semasa . Perbanyaklah makan buah  dan sayuran setiap harinya pasca melahirkan. Protein sangat penting dalam produksi ASI. Selain itu, perbanyaklah minum air putih karena memproduksi ASI dibutuhkan banyak cairan.

 

Berolahraga

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, bunda pun perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Olah raga setelah melahirkan bisa dilakukan kapan saja. Namun bila, bunda melahirkan secara cesar, tunggu hingga 6-8 minggu setelah melahirkan untuk mulai berolahraga.

Banyak olah raga aman yang dapat dilakukan pasca melahirkan, seperti berjalan kaki, renang, dan yoga. Sebagai awal, ibu bisa melakukan latihan kegel yang berguna untuk memperkuat otot-otot panggul, dimana selama menjadi penyangga rahim dan vagina. Dengan latihan ini, ibu dapat mencegah terjadinya gangguan kemih yang biasa terjadi setelah persalinan.

Perawatan Pasca Melahirkan | Tips Ibu Hamil

Latihan kegel bisa dilakukan dimana saja, ibu bisa melakukanya dengan berbaring atau duduk, tanpa ada orang yang tahu bahwa ibu sedang berolahraga. Caranya sangat mudah. Kontraksikan otot panggul seperti sedang menahan kencing. Tahan selama beberapa detik. Lakukan 10 hingga 15 kali setiap kali berlatih. Lakukan latihan secara teratur. Untuk mengetahui bahwa ibu sudah melakukan senam kegel dengan benar, perhatikan otot perut atau bokong. Jika saat mengkontrasikan otot panggul keduanya tidak mengeras, maka bunda sudah melakukanya dengan benar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY