Peralatan Wajib Dukung Perkembangan Bayi 2 Bulan Kebawah

Peralatan Wajib Dukung Perkembangan Bayi 2 Bulan Kebawah

6
0

Your Ads


Peralatan Wajib Dukung Perkembangan Bayi 2 Bulan Kebawah

Perkembangan bayi 2 bulan kebawah sama pentingnya dengan perkembangan lain. Mengingat bagaimana bayi tumbuh di masa depan sangat bergantung pada awal mula pertumbuhan. Sudah sepantasnya bila orang tua mengedepankan kualitas pada tiap tahap pertumbuhan dibanding hanya mengandalkan salah satu usia yang dianggap penting saja.
Dokter dan ahli kesehatan seolah memahami bagaimana susahnya ayah bunda dalam menangani si kecil. Oportunis dengan sigap menyewa para ahli guna menawarkan produk yang memang mampu ringankan beban ayah dan bunda. Beberapa diantaranya berhasil menjadi alat pembantu merawat bayi dan ada pula yang sekedar bertengger di gudang rumah.

Sebagai seorang konsumen, sangat wajar bila mulai menimbang pengeluaran untuk bayi. Terlebih jika anggaran cukup terbatas, pastikan barang belanja memang sesuai dengan yang dibayarkan. Orang tua yang belum berpengalaman bisa jadi tidak tahu apa saja yang harus disediakan. Sebetulnya tidak perlu ribet, 5 alat berikut sudah cukup meringankan beban ayah bunda.

  1. Tempat duduk mobil
    Era modern menuntut mobilitas tinggi, dan biaya hidup selangit. Tak jarang, baik ayah atau bunda terpaksa tinggalkan rumah untuk menopang ekonomi keluarga. Disinilah dilema kadang dimulai apabila si kecil tidak ada yang bersedia mengasuh. Maklum saja, namanya juga sedang berjuang hidup, pengorbanan wajar saja dilakukan.

    Membawa si kecil turut serta bisa jadi tantangan tersendiri kalau tidak memakai atribut yang tepat. Paling tidak, kalau naik mobil, bayi terutama usia 2 bulan mendapat tempat duduk yang layak. Bahkan, di beberapa negara, tabu rasanya kalau membawa bayi tanpa kursi khusus bayi. Walaupun peraturan Indonesia tidak sedemikian ketat, tetap saja bunda harus berpikir ulang.

  2. Alat gendong
    Teknik menggendong ada bermacam-macam. Sebagian besar, tujuan menggendong mirip-mirip yakni membawa bayi berkeliling. Entah untuk menenangkan bayi atau karena butuh bergerak cepat, menggendong si kecil di tangan sudah sangat sering dilakukan. Inilah mengapa alat gendong diperlukan untuk ringankan beban ayah bunda.

    Istilah yang beredar di masyarakat adalah bedong. Bedong berarti membawa bayi menggunakan selendang, entah dengan cara diikatkan depan, atau kreasi lainnya, alat tradisional satu ini memang berguna. Bahkan, di daerah Kudus, alat bedong sampai membentuk komunitas di kalangan bunda. Wajar saja kalau bedong masuk peralatan wajib bayi.

  3. Penenang tidur
    Bayi 2 bulan kebawah umumnya sulit tidur. Rasa panik karena lingkungan tidak dikenal dan kemampuan visual auditori yang cukup rendah buat buah hati sering cemas. Berhubung hanya sentuhan orang tua yang mampu tenangkan dirinya, pasti menangis adalah jalan satu-satunya.

    Orang tua merasa dibutuhkan pastilah senang. Sayangnya, kalau musti bangun jam dua belas malam setiap harinya, mungkin akan berbeda cerita. Nah, untung saja saat ini sudah banyak sekali sumber penenang bayi supaya gampang tidur.

    Bayi akan sangat senang mendengarkan suara samar-samar atau istilah asing ‘white noise’. Suara putaran kipas, sampai dengan angin sepoi-sepoi menenangkan hati bayi. Seolah ada keamanan bersamanya, pasti buat tidurnya lebih lelap. Kalau memang bunda butuh solusi tidur, mencari CD rekaman berisi white noise atau alat bantu yang klaim mampu tidurkan bayi tidak ada salahnya dibeli.

  4. Pemotong kuku
    Bayi punya potensi tumbuh kuku dengan sangat cepat terutama di usia muda. Sayangnya, si kecil tidak paham konsep kuku panjang bisa melukai kulit. Perhatikan saja seberapa sering bauh hati seenaknya menggaruk muka sampai berdarah.

    Kadangkala pemotong kuku dianggap remeh meski perannya cukup penting. Nah, orang tua sebaiknya mulau berpikir ulang kalau mencoret pemotong kuku dari daftar belanja keperluan bayi. Walaupun ujungnya kuku bayi tidak terpotong, dijamin ayah atau bunda pasti akan butuhkan pemotong kuku.

  5. Buku refrensi
    Ilmu pengetahuan mahal harganya, apalagi dalam mengasuh bayi tidak boleh sembarangan. Konsultasi dengan dokter mungkin sudah dilakukan, dan mencapai perkembangan maksimal kemungkinan besar tercapai bila orang tua terus membuat keputusan dengan hati-hati.

    Meski dokter sudah menyarankan beragam hal, tidak selamanya ahli kesehatan hadir dua puluh empat jam untuk mengasuh si kecil. Ketergantungan bayi terhadap oran tua sudah jadi hal yang pasti. Karenanya, orang tua tidak perlu menunggu ‘disuapi’ informasi oleh dokter. Pada akhirnya sikap tanggap cepat harus dimiliki orang tua mana saja.

    Penulis di luar sana mulai sadar akan kebutuhan orang tua. Bahkan tidak harus membeli buku, mengumpulkan beragam informasi dari blog atau mungkin forum ayah bunda bisa menjadi bahan pertimbangan dalam merawat bayi. Gunakan saja buku catatan sendiri untuk merekam segala sesuatu yang telah dibaca. Penting diingat untuk selalu tahu dimana harus cari sumber informasi ketika buah hati membutuhkan.

  6. Stroller
    Bayi 2 bulan pastinya tidak mampu berjalan tapi bunda atau ayah butuh istirahat dari menggendong si kecil. Momen seperti inilah yang sukar di prediksi. Mengingat namanya tenaga pengasuh bayi kerap kali berbeda antara ekspektasi dan realita. Inilah mengapa namanya persiapan mengasuh bayi 2 bulan harus diperhatikan dengan baik.

    Stroller diciptakan sebagai alterantif termudah membawa bayi dalam kehidupan era kini yang sangat menuntut mobilitas tinggi. Bahkan sudah tersedia stroller khusus bayi yang aman dibawa sekaligus dapat berfungsi sebagai tempat duduk pada mobil. Tentunya cara satu ini akan sangat membantu orang tua dalam mengawasi perkembangan bayi 2 bulan meski harus sibuk mondar mandir.(HN)

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY