Pengaruh Musik Klasik untuk Perkembangan Janin

Pengaruh Musik Klasik untuk Perkembangan Janin

6
0

Your Ads


Pernahkan terpikirkan bagaimana situasi janin dalam kandungan? Mendengarkan rekaman suara alami janin, detak jantung janin sampai mendengarkan langsung dengan menempelkan telinga ke perut . Janin hidup dan tumbuh dalam dunia yang penuh dengan perangsangan, mulai dari suara, gerak, getaran dan suara yang pertama kali di dengar bayi adalah ritme, detak jantung, suara aliran darah dan aliran cairan ketuban.

Pengaruh Musik Klasik untuk Perkembangan JaninTelinga janin mulai berkembang sejak 3 minggu pertama , dan pada usia 20 minggu kehamilan akan mencapai kesempurnaan baik dalam bentuk maupun ukuran. 4 minggu kemudian kemampuan mendengarnya akan mencapai titik sempurna. Nah kini janin akan memiliki kemampuan mendengarkan suara, musik ataupun suara-suara lain yang berasal dari luar rahim. Oleh karena itu musik klasik sangat membantu perkembangan otak janin pada usia kehamilan ini.

Suara yang terdengar dalam rahim akan teredam, tetapi melodi dan ritme musik tidak akan banyak terpengaruh dan berubah. Otak janin akan mengenali pola ritme dan perubahan perubahan melodi dan beat (ketukan).  Musik Klasik bagus untuk perkembagan janin karena memiliki tempo dan struktur nada yang teratur, sehingga bisa memberikan sebuah penggambaran tersendiri bagi otak.
Frekuensi suara tertentu akan mampu melalui cairan ketuban dalam rahim dan mencapai janin tanpa ada perubahan. Musik yang kaya bas dan instrumen perkusi adalah pilihan musik yang baik bagi janin.

Suara Ibu dan Ayah

Sebagai contoh lagu nina bobo tidak melulu dapat dinyanyikan untuk bayi yang telah lahir, tetapi juga dapat dinyanyikan bagi janin yang masih berada dalam kandungan. Suara ibu akan diterima janin melalui tubuh ibu, lebih kuat, lebih kaya dan tidak terdistorsi sampai ke janin dibanding suara dari luar tubuh ibu.

Suara dan musik akan sampai di telinga janin melalui getaran-getaran pada tengkorak janin.

Pada bayi yang baru lahir sudah akan mengenal suara ibu, tetapi suara ayah akan kurang dikenal. Jika ayah secara teratur mencoba bicara dengan janin saat belum lahir secara teratur, maka saat lahir bayi akan mengenal lebih baik suara ayah.

Pilihan Musik Klasik untuk Ibu Hamil

Reaksi dan suasana hati ibu akan mempengaruhi bayi lebih kuat dari jenis musik apapun. Kualitas emosi ibu akan dicerna bayi dan turut merasakan kesenangan, relaksasi dan bentuk ketenangan yang diterima ibu. Penelitian menunjukkan bahwa ingatan musik janin sebelum lahir sama untuk berbagai jenis musik. Belum terdapat bukti medis yang menyatakan bahwa musik klasik memiliki pengaruh lebih besar pada bayi atau musik R & B lebih kuat dibanding Vivaldi atau Bach.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa bayi mampu mengenali suara, musik dan lagu yang didengar saat masih dalam kandungan. Alhasil sangat bermanfaat untuk menenangkan saat bayi menangis. Selain itu membuat bayi menghisap air susu lebih kuat atau bergerak lebih banyak. Suara ombak dan air
juga memiliki efek menenangkan karena memiliki kemiripan dengan suara air ketuban dalam kandungan.

Kecepatan dan laju musik tampaknya lebih penting daripada jenis musik, dan jenis musikpun tak harus jenis musik yang lembut. Ketukan atau beat yang acak serta ritme yang tiba- tiba berubah mungkin dapat mengagetkan bayi. Cobalah untuk memutarkan berbagai jenis musik dan perhatikan bagaimana bayi bereaksi. Apakah bayi ibu menendang lebih keras saat diputar musik rock? Atau bayi ibu lebih tenang saat ibu mainkan musik klasik?

Mendengarkan Musik Klasik Bersama Janin

Mendengarkan musik adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk relaksasi dan rangsangan musik yang berlebihan tidak akan merugikan fisik bahkan ditengarai akan mampu merangsang bayi lebih baik. Detak jantung bayi dan pola tarikan nafas berubah sesuai dengan ketukan/beat. Mendengarkan ketukan/beat yang padat dalam jangka waktu yang lama mungkin merupakan yang cukup menegangkan bagi bayi.

Mendengarkan musik klasik bersama janin? Letakkan headphone pada perut secara langsung. Asalkan jangan terlalu lama ya Bunda. Saran terbaik adalah memonitor janin dan memutarkan musik tak lebih dari satu atau dua jam sehari. Stimulasi yang berlebihan mungkin akan mengakibatkan janin berhenti bereaksi dan mengganggu pola tidurnya

Dengarkan Musik Klasik dengan Santai dan Nikmati

Putar musik saat ibu ingin bersantai. Duduk tenang dan ajak janin untuk mendengarkan konser. Bersenandung dan mendengarkan musik akan mempererat hubungan ibu dan janin yang mungkin merupakan satu sarana penting yang akan berguna saat bayi lahir nantinya dimana senandung dan lagu yang sama akan dapat menjadi sarana untuk mempercepat bayi tertidur. Selamat bersendandung ibu!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY