Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Secara Tepat

Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Secara Tepat

5
0

Your Ads


Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Secara TepatMomJunction

Makanan pendamping ASI usia 6 bulan bisa berbentuk bubur. Untuk yang pertama, kami akan membahas beberapa daftar bubur yang baik diberikan pada si bayi. Biasanya, tak sedikit ibu yang masih kebingungan dalam memperkenalkan jenis bubur apa yang baik diberikan pada si buah hati. Untuk itu, beberapa daftar bubur dibawah ini mungkin bisa menjadi solusi untuk ibu agar dapat menyajikan bubur yang lezat dan sehat untuk di buah hatinya. Berikut diantaranya;

– Bubur Susu

Bubur susu umumnya adalah jenis makanan yang paling banyak disarankan diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI pertama kali. Jenis makanan ini adalah makanan padat yang memang baik diberikan serta diperkenalkan pertama pada bayi. Selain rasanya yang lezat, tekstur bubur susu yang sebaiknya dibuat lebih encer pun akan menjadi santapan pertama yang sehat agar bayi bisa beradaptasi dengan lebih baik.

Adapun cara pembuatan makanan ini cukup mudah, yang anda perlukan hanyalah tepung beras sebanyak 1 sendok makan dan dicampur bersama dengan susu formula sebanyak kurang lebih 200 ml. Kemudian dengan menggunakan sendok, larutkan kedua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teksturnya kekentalannya bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Masaklah kedua campuran ahan ini dengan menggunakan api kecil dalam panci sampai mendidih secara merata, hingga campuran ini menjadi agak kental. Apabila tepung menggumpal, maka sebaiknya saring terlebih dahulu.

Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Yang Lezat

Jenis bubur yang kedua adalah bubur susu kentang, sajian bubur ini cocok diberikan pada bayi yang baru saja memasuki usia 6 bulan. Variasi makanan pada bayi cukup disaranakan agar bayi tidak merasa bosan karena selalu mengkonsumsi jenis makanan yang sama secara berulang. Untuk membuat hidangan ini sebenarnya cukup mudah, yang anda perlukan hanyalah 50 gram kentang yang telah dikupas dan dikukus serta dipotong kecil-kecil. Kemudian sediakan susu formula yang dicampur bersama dengan bahan ini.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Yang pertama adalah dengan menghaluskan kentang yang telah dicampur dengan sedikit susu, lalu haluskan dengan mesin blender secara merata. Setelah itu, masukkan sisa susu formula yang tersedia dan campur secara merata. Sama seperti bubur yang diatas, apabila kentang menggumpal, maka saring terlebih dahulu sebelum disajikan.

– Bubur Sayur

Bayi perlu mengkonsumsi berbagai jenis sayuran guna menjaga kesehatan tubuhnya dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Dan bubur sayur adalah salah satu jenis makanan sehat yang baik dan direkomendasikan untuk diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Cara pembuatan jenis makanan yang satu ini pun terbilang cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan sebanyak 50 gram brokoli yang telah dipotong dn dikukus. Kemudian campurkan bersama dengan 5 sendok makan susu bubuk formula atau dicampur dengan ASI.

Untuk membuatnya anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini dengan susu dan haluskan dengan menggunakan blender. Lalu campurkan semua sisa susu dan aduk secara merata. Sebenarnya, anda pun tidak melulu harus menggunakan brokoli, menggantinya dengan sayuran lain dan dengan jumlah variasi yang lebih banyak boleh-boleh saja.

Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Selain Bubur

Jika diatas adalah beberapa daftar makanan pertama yang diberikan pada bayi. Berikut ini adalah beberapa daftar jenis makanan terbaik yang boleh ibu berikan pada bayi, setelah ia telah cukup banyak mengenal banyak makanan dan usianya telah lebih dari 6 bulan. Sebab kandungannya yang kaya akan nutrisi, vitamin yang juga mineral yang berlimpah akan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk si kecil ;

– Labu Kuning

Jenis makanan buah yang satu ini seringkali dijadikan bahan untuk membuat berbagai aneka makanan, mulai dari makanan manis sampai dengan yang asin. Tak jarang, labu kuning juga seringkali dijadikan bahan campuran untuk membuat kolak saat Ramadhan seperti ini. Dan rupanya, bukan hanya lezat dan nikmat disantap orang dewasa, bahan makanan yang satu ini pun baik diberikan pada bayi.

Selain kaya akan serat, labu kuning juga memiliki kandungan vitamin C dan A yang berlimpah. Ibu dapat memberikan bahan makanan ini pada si buah hati dengan mengolahnya baik dipanggang atau direbus. Untuk menambah rasa agar si kecil lebih tertarik dengan hidangan ini, ibu bisa menambahkan taburan keju rendah garam atau dicampur dengan aneka jenis sayuran lainnya seperti kacang garbanzo dan lain sebagainya.

– Kacang Lentil

Sekilas, rupa dari kacang ini lebih mirip dengan kacang hijau. Bahkan dibeberapa tempat ada yang menyebut kacang ini dengan sebutan miju-miju. Meski bentuk secara keseluruhan mirip dengan kacang hijau, namun yang membedakan kaacang ini hanyalah warnanya saja yang tidak serupa dengan kacang hijau. Jenis kacang yang satu ini cocok dijadikan sebagai makanan bayi yang sehat. Tak heran, bila jenis makanan ini masuk dalam daftar makanan terbaik untuk diberikan pada bayi sebab memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi.

-Brokoli

Jenis makanan terbaik yang sehat lainnya adalah dengan memberikan brokoli. Jenis sayuran ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena memang brokoli memiliki segudang manfaat dan nutrisi yang baik diberikan kepada si buah hati. Kandungan folat, kalsium dan serat yang ada pada brokoli membuatnya baik dan direkomendasikan diberikan pada si kecil. Selain itu, kandungan sulfur yang ada didalam brokoli disinyalir dapat meningkatkan nafsu makan bayi. Untuk menyajikan bahan makanan pendamping asi usia 6 bulan ini adalah dengan memotongnya kecil-kecil, mengukusnya dan mendinginkan. Lalu berikan pada buah hati anda.

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY