Pastikan Pilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pastikan Pilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

5
0

Your Ads


Pastikan Pilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamilhamil.co.id

Dalam masa , makanan sehat untuk ibu hamil cukup penting untuk diperhatikan. Karena pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan cukup bergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Jadi, karena penting maka cermati dan pastikan memilih makanan sehat untuk agar bayi dan sang ibu selalu sehat.

Sebenarnya bunda tak perlu banyak mengkonsumsi makanan saat mengandung dan berfikir bahwa makanan tersebut untuk dua orang. Karena yang paling penting ketika mengandung adalah bukan kuantitasnya namun kualitasnya. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa bunda hanya perlu menambah 300 kalori atau setara dengan 1 buah pisang dan satu mangkok sereal beserta susu rendah lemak.

Makanan sehat yang dimaksud disini sebenarnya juga sama dengan makanan sehat lainnya. Makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi dimana baik untuk tubuh dan tidak membahayakan. Bedanya, bukan hanya untuk kesehatan untuk satu orang namun baik untuk kesehatan janin yang ada dalam kandungan juga.

Maka dari itu, untuk menjaga ibu dan bayi tetap sehat serta menjaga ketahanan janin dalam rahim, pola makan serta jenis makanan yang dikonsumsi haruslah diperhatikan. Tidak boleh asal makan atau asal kenyang saja, namun juga harus memperhatikan nutrisi dan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut.

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada ibu , ada banyak sekali sumber dan jenis makanan sehat yang boleh dikonsumsi. Bisa dari sayuran, buah-buahan, susu dan jenis makanan lainnya. Tentu makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, zat besi dan kandungan baik lainnya yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, apa saja sih jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan apa saja manfaatnya?

Tentu yang namanya air sangat dibutuhkan oleh setiap manusia terlebih lagi untuk bunda yang sedang hamil. Kecukupan kadar air dalam tubuh haruslah menjadi perhatian bagi ibu maupun ayah sebagai pengingat untuk mengkonsumsi air dengan cukup. Mengkonsumsi air yang cukup bermanfaat cukup banyak seperti mencegah bayi lahir prematur, konstipasi, hemoroid, kandung kemih infeksi dan pembengkakan berlebihan. Pada masa kehamilan, Anda dianjurkan untuk minum air kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 8 gelas) dalam sehari.

Buah dan sayur merupakan hal utama dalam pola makan yang sehat bagi ibu hamil. Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi paling tidak sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat, vitamin dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan baik ibu maupun janin yang sedang di kandung. Buah-buah yang mengandung banyak air dan serat, tentu bagus untuk tubuh dengan kondisi hamil.

Selain vitamin, bunda juga butuh protein dimana ini banyak terkandung dalam makanan sejenis ikan, telur dan daging tanpa lemak. Selain itu, makanan jenis ini cocok untuk membantu perkembangan janin dan menjaga mood ibu hamil. Ikan laut memiliki protein yang bagus untuk kesehatan dan perkembangan otak bayi. Sama dengan ikan, telur juga baik untuk dikonsumsi untuk menambah kandungan protein dalam tubuh.

Ibu hamil juga membutuhkan kalsium yang dapat diperoleh dari produk susu serta olahan dari susu seperti yogurt yang membantu pembentukan tulang pada janin. Bunda bisa konsumsi susu ibu hamil sesuai dengan umur kehamilan.

Walaupun jenis makanan diatas sudah dikonsumsi, tidak salahnya juga bunda mengkonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya suplemen ini mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat membantu penguatan pada kandungan serta menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Mempersiapkan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Jika semua jenis makanan diatas telah Anda ketahui, perlu juga untuk diketahui hal-hal seputar menyiapkan makanan sehat untuk ibu hamil, seperti:

  1. Olah makanan sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan yang diolah sendiri tentu lebih aman karena kita yang membuatnya dan tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam makanan tersebut.
  2. Cuci buah dan sayur degan bersih. Sebelum makan dan mengolah buah dan sayur, pastikan bunda telah mencucinya dengan bersih agar terhindar dari kotoran dan bakteri.
  3. Tempatkan makanan mentah seperti daging secara terpisah. Jangan tempatkan makanan mentah seperti daging dengan makanan saji dalam satu wadah. Karena dalam makanan mentah masih terdapat bakteri yang kemungkinan belum mati karena belum diolah.
  4. Cuci tangan sebelum mengolah makanan dan setelah mengolahnya dan menyajikannya. Untuk menjaga agar makanan dan sarana makan tetap bersih maka jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu baik sebelum dan setelah mengolah makanan, dan sebelum dan setelah makan.
  5. Ketahui dan hindari jenis makanan yang tidak sehat yang dapat beresiko pada kesehatan ibu dan janin. Ada banyak jenis makanan yang berbahaya yang harus menjadi pantangan ibu hamil. Contohnya adalah seperti makanan beralkohol, makanan yang terlalu pedas, atau jenis makanan lain yang terdapat kandungan yang bisa beresiko pada kesehatan baik ibu maupun janin.

Nah, itulah ulasan seputar makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat diterapkan dirumah. Selalu jaga kesehatan terutama dari makanan yang bunda konsumsi untuk menjaga ibu dan bayi tetap sehat.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY