Pantangan & Larangan ibu Hamil Wajib Bunda Ketahui

Pantangan & Larangan ibu Hamil Wajib Bunda Ketahui

34
0

Your Ads


Pantangan & Larangan ibu Hamil Wajib Bunda KetahuiIbu sebaiknya mengetahui mana yang harus dihindari pada saat hamil. Pada masa juga dianjurkan untuk menghindari beberapa larangan makanan untuk ibu hamil seperti; ibu hamil tidak boleh makan buah durian, papaya mentah selama kehamilan. Selain beberapa pantangan ibu hamil yang berkaitan dengan makan, ibu hamil juga perlu mengetahui beberapa larangan-larangan ibu hamil berkaitan dengan aktivitas dan kegiatan yang dilakukan.
Berikut  pantangan ibu hamil yang harus dihindari bunda berkaitan dengan makanan:

  1. Hindari Olahan makanan mentah atau daging setengah matang. Kandungan bakteri dalam makanan mentah seperti Listeria sangat membahayakan kehamilan dan resiko keguguran.
  2. Pantangan ibu hamil muda kedua makanan sea food.  Walaupun sea food kaya akan kandungan omega-3 zat besi yang sangat bermanfaat untuk janin terutama perkembangan otak. Namun, tetap saja anda harus berhati-hati karena saat ini sebagian seafood sudah tercemar logam merkuri, yang dapat menghambat pertumbuhan saraf janin bayi.
  3. Pantangan ibu hamil muda yang ketiga: Teh herbal dan kafein. Kandungan kafein dalam secangkir kopi, mampu menembus plasenta atau lapisan pelindung janin. Kafein dapat mengganggu detak jantung bayi dan pernafasan bayi atau janin.
  4. Penggunaan pil KB. Beberapa dari para ibu mungkin masih mengkonsumsi pil KB diawal kehamilanya karena belum menyadari kalau sedang hamil. Hal tersebut tidak perlu dicemaskan. Pil KB tidak secara langsung mengakibatkan efek buruk pada janin didalam kandungan. Walaupun demikian bunda harus segera menghentikan penggunaan pil KB begitu mengetahui bahwa bunda telah hamil.
  5. Penggunaan Obat Anti Nyamuk. Obat anti nyamuk mengandung bahan kimia aktif yang termasuk dalam golongan pestisida yang cukup berbahaya karena dapat memicu kerusakan syaraf. Penggunaan obat nyamuk baik dalam bentuk obat nyamuk bakar, spray, elektrik, maupun lotion, tidak ada yang 100% aman bagi kesehatan, terutama bagi janin didalam kandungan. Oleh karena itu penggunaan obat nyamuk dalam berbagai bentuk sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Bunda bisa menggunakan bahan alami sebagai pengusir nyamuk seperti; zodia, daun serai, lavender, kayu putih, dsb.
  6. Merokok. Asap rokok dapat menyebabkan asupan darah bagi janin melalui plasenta terhambat, sehingga zat asam salam darahnya menjadi sedikit. Akibatnya berat badan bayi menjadi rendah. Bagi ibu hamil yang bukan perokok disarankan untuk selalu menghindari tempat-tempat yang banyak asap rokoknya agar janin yang dikandung terhindar dari bahaya asap rokok.
  7. Bepergian dengan menggunakan Pesawat Terbang. Bolehkan ibu hamil naik pesawat terbang? Wanita hamil tidak dilarang bepergian dengan menggunakan pesawat terbang asalkan kondisi fisiknya sehat dan tidak ada kelainan pada kehamilanya, misalnya yang berkaitan dengan riwayat kontraksi, maupun riwayat perdarahan.  Sebaiknya bepergian menggunakan pesawat terbang dilakukan sebelum usia kandungan menginjak 7 bulan. Agar perjalanan lebih nyaman bagi ibu hamil, sebaiknya pilih tempat duduk yang mudah untuk akses ke kamar kecil, karena biasanya ibu hamil akan sering buang air kecil,  akibat tekanan pada kandung kemih yang diakibatkan membesarnya ukuran janin yang dikandung. Selain itu gunakan bantal penyangga punggung dan kaki bila diperlukan.
  8. Sinar Radiasi. Apabila bunda sedang hamil yang menjalani pengobatan dan memerlukan terapi penyinaran  atau radiasi, sebaiknya beritahukan kepada dokter bahwa anda sedang hamil. Dengan demikian dokter akan mencarikan alternatif pengobatan lain yang tidak berbahaya bagi janin didalam kandungan. Semua jenis radiasi berpotensi membahayakan perkembangan janin. Oleh karana itu bunda harus menghindari segala terapi pengobatan yang memerlukan penyinaran/ radiasi. “Jangan sungkan untuk memberitahu kepada dokter bahwa anda sedang hamil”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY