Panduan Yang Benar Cara Pijat Bayi Sesuai Usia

Panduan Yang Benar Cara Pijat Bayi Sesuai Usia

7
0

Your Ads


Panduan Yang Benar Cara Pijat Bayi Sesuai Usia

Cara pijat bayi tidak boleh dikalukan dengan cara sembarangan. Bunda harus memperhatikan tingkatan usia bayi itu sendiri. Apalagi sebenarnya memijat bayi sangat disaranakan. Sebab banyak sekali manfaat dari melakukan hal seperti ini.

Oleh sebab itu, para orang tua tidak perlu ragu lagi untuk memijat si kecil sendiri di rumah. Apalagi melakukan hal seperti ini ternyata bisa berpengaruh pada kedekatan ikatan (bonding) antara Bunda dan si kecil.

Meskipun demikian, memijat bayi tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Pertanyaannya adalah seperti apa cara memijat bayi yang benar? Berikut ini adalah panduan yang benar pada saat Bunda ingin memijat si kecil.

  1. Bayi usia nol sampai dengan satu bulan

Teknik pijatan yang sering digunakan untuk bayi usia 0-1 bulan adalah disarankan hanya memberi gerakan yang lebih mendekati usapan halus dari tangan Bunda. Dan yang perlu diperhatikan adalah selama tali pusar belum hilang, sebaiknya jangan melakukan pemijatan di daerah perut si kecil.

  1. Bayi usia satu sampai dengan tiga bulan

Kemudian untuk pemijatan pada bayi usia 1-3 bulan adalah dengan cara memberikan gerakan halus yang disertai dengan tekanan ringan dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Bayi usia tiga bulan sampai dengan tiga tahun

Sedangkan untuk bayi usia tiga bulan sampai dengan tiga tahun, seluruh gerakan pijatan dilakukan dengan cara menekan dan waktu pemijatan juga sebaiknya ditambah. Untuk total waktu pemijatan disarankan sekitar lima menit setiap kali memijat.

Hal Yang Harus Dilakukan Usai Bayi Dipijat

Setelah proses pemijatan pada anak selesai sebaiknya harus segera dimandikan untuk membersihkan minyak serta kotoran yang menempel di tubuhnya. Hal semacam ini dimaksudkan agar supaya membuat tubuhnya harum. Selain itu bayi juga tidak mudah terinfeksi kuman penyakit yang membahayakan.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat lain ketika memandikan si kecil setelah selesai dipijat. Diantaranya adalah:

  1. Memberi rasa nyaman

Setelah si kecil selesai dipijat, secera otomatis akan membuat badannya terasa lengket. Oleh sebab itu, Bunda harus segera memandikannya supaya si kecil tetap merasa nyaman dan hangat setiap saat.

  1. Dapat memperlancar sirkulasi darah

Ketika pemijatan pada balita dilakukan secara benar, secara otomatis aliran sirkulasi darah pada si kecil akan semakin lancar. Maka dari itu secara otomatis akan membuat jantungnya juga akan stabil. Dan pada akhirnya Bunda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kondisi kesehatan dari si kecil.

  1. Dapat Mencegah infeksi

Jika ada suatu kotoran yang menempel pada tubuh si kecil namun tidak segera cepat-cepat dibersihkan maka akan mudah menimbulkan infeksi ringgan hingga infeksi akut.

  1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika bayi selalu bersih setiap saat maka secara otomatis akan terbebas dari kuman penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya selalu kuat sehingga ampuh untuk menangkal segala jenis penyakit.

  1. Merawat kulit

Sudah pasti kulit si kecil akan tampak halus dan sehat apabila Bunda setiap hari merawatnya. Caranya juga terbilang sangat mudah. Bunda cukup memandikan bayi kapan saja terutama pada saat tubuhnya sudah terasa lengket dengan keringat atau setelah Bunda memijatnya.

Beberapa Manfaat Pijat Bagi Bayi

Jika pemijatan pada batita dilakukan dengan cara yang benar, maka sudah pasti akan banyak sekali manfaat bagi kesehatan si kecil. Oleh sebeb itu sangat disarankan bagi ibu untuk sesering mungkin memberikan pijatan pada bayi mungilnya sebelaum mandi dan sebelum tidur.

Pijat pada bayi bisa disebut juga sebagai kegiatan olahraga untuk si kecil. Hal ini disebabkan dengan dipijat seperti ini sama saja melakukan pembakaran kalori tubuh bayi.

Tetapi manfaat pijat bagi bayi seperti ini bisa didapatkan ketika cara pijat balita dilakukan dengan cara yang benar. Bayi yang sering dipijat ternyata akan membuat pencernaannya menjadi semakin bagus.

Selain itu, ada banyak manfaat lainnya jika Bunda secara rutin memijat si kecil. Berikut ini adalah beberapa mkanfaat memijat bayi:

  1. Pijatan bayi ternyata bisa memperlancar sistem peredaran darah sekaligus sirkulasinya.
  2. Pijatanan bayi juga dapat memperlancar sistem kekebalan tubuh sehingga bayi akan menjadi semakin sehat dan lincah jika sering dipijat.
  3. Bisa meningkatkan kualitas tidur serta memperlama masa tidurnya sehingga bayi akan bisa merasakan tidur lelap. Namun dengan catatan jika cara memijat balita dilakukan dengan cara yang tepat.
  4. Dapat mengembangkan memori otak bayi. Selain itu multisensori bayi juga akan cepat berkembang pada saat merasakan pijatan.
  5. Dapat membangun ikatan atau bonding antara Bunda dan si kecil.
  6. Si kecil juga akan lebih mudah bersosialisasi dengan cara berupaya untuk menjangkau, tersenyum, dan kontak mata.
  7. Pijat bayi juga bisa membantu meredakan ketidaknyamanan yang dirasakannya, seperti halnya kolik dan tumbuh gigi.
  8. Cara pijat batita yang benar juga bisa menurunkan produksi hormon stresor dan bayi menjadi riang dan lebih rileks.
  9. Membuat si kecil supaya tidak rewel saat tidur malam.

Cara memijat anak harus dilakukan dengan cara yang tepat dan disesuikan dengan usianya juga. Jangan sampai maksud baik Bunda ternyata membahayakan si kecil sebab Bunda sembarangan saat memijatnya.

Dan yang perlu Bunda perhatikan juga dalah jangan terlalu khawatir pada saat memijat bayi. Ketahui panduan yang benar cara memijatnya sehingga si kecil dapat merasakan manfaat yang begitu besar jika cara pijat bayi dilakukan dengan tepat.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY