Panduan ASI Ekslusif 6 Bulan pertama

Panduan ASI Ekslusif 6 Bulan pertama

19
0

Your Ads


ASI akan terus keluar jika . Oleh karena itu, jangan takut jika bayi yang diberi ASI mungkin tidak terlihat semontok bayi yang diberi susu formula. Namun, tujuan dari pemberian ASI bukanlah untuk membuat subur tubuh bayi, tapi untuk memberikan nutrisi yang lengkap bagi bayi.

Panduan ASI Ekslusif 6 Bulan pertama

Dimana terdapat komposisi protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin yang seimbang. Ibu dapat memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan pertama atau hingga anak berumur 2 tahun.

Awalnya mungkin produksi ibu masih sedikit. Namun, teruslah memberikan ASI pada bayi agar asi terus terproduksi. Ketika produksi ASI sedang melimpah, payudara ibu akan terasa nyeri dan keras. Produksi ASI sendiri dipengaruhi oleh hormon prolaktin.

Saat menyusui, pastikan posisi ibu dan bayi sama-sama nyaman. Cara menyusui yang benar adalah dengan menyangga punggung, leher, dan bahu bayi pada garis lurus. Saat bayi membuka mulut, bantu agar mulutnya mencakup putting dan aerola (daerah berwarna hitam) agar asi dapat keluar dengan sempurna. Untuk melepaskan mulutnya dari payudara, sentuh jari ibu ke mulutnya. Perhatikan posisi hidung bayi dan payudara ibu. Jaga agar hidungnya tidak tertutup payudara ibu agar ia dapat bernafas dengan bebas saat menyusui.

Saat payudara terasa bengkak karena penuh oleh ASI, ibu dapat meredakanya dengan:

  • Mengosongkan payudara ibu, baik menggunakan tangan ataupun pompa.
  • Menyusui secara bergantian dari kedua payudara.
  • Mengompres payudara yang bengkak dengan air dingin dan panas secara bergantian.
  • Jika sangat mengganggu, ibu dapat menggunakan obat nyeri seperti asetaminofen

Untuk menjaga ketersediaan ASI agar terus ada, tetaplah menyusui bayi. Selain itu, kosongkan payudara setiap selesai menyusui dengan cara memerasnya. Begitu pula jika salah satu payudara ibu tidak disusui. Peras ASI kedalam botol. Ibu bisa memberikan perahan ASI saat bayi lapar atau menyimpan dalam lemari pendingin.

Jika ibu menyimpan perahan ASI dalam ruangan, ASI dapat bertahan hingga 6 jam. Jika ibu menyimpan di lemari pendingin ASI dapat bertahan hingga 24 jam. Jika dimasukan ke dalam freezer (disimpan dalam keadaan beku), ASI dapat bertahan 2 hingga 3 bulan.

Jika hendak memberikan ASI kepada bayi, hangatkan botol dengan merendamnya dalah wadah yang diisi air panas. Jangan memanaskan nya langsung diatas kompor atau mendidihkanya. Jika disimpan ke dalam freezer (dalam keadaan beku) , pindahkan dahulu botol ke ruangan pendingin di luar freezer hingga mencair, dan panaskan seperti petunjuk sebelumnya.

Memeras ASI dapat dilPanduan ASI Ekslusif 6 Bulan pertama

akukan dengan menggunakan tangan atau menggunakan pompa. Jika dilakukan dengan tangan, peras ASI dengan menggunakan jari. Caranya letakan ibu jari dan telunjuk di bagian areola (bagian berwarna hitam disekitar putting), pada salah satu payudara ibu. Kemudian, tekan payudara ke arah dada dengan telunjuk dan ibu jari menekan areola untuk mengeluarkan ASI. Jangan sampai mengenai putting. Lakukan secara berulang-ulang. Pijitlah payudara untuk memperlancar keluarnya ASI. Kemudian, tampung ASI pada botol.

Jika diperas dengan menggunakan pompa, ibu bisa memilih jenis pompa yang akan digunakan. Ada pompa piston dan juga pompa elektrik.

 

  1. Pompa Piston
    Pompa piston adalah pompa yang dioperasikan menggunakan tangan. Harganya cukup murah. Jika memilih pompa jenis ini, belilah pompa yang langsung terhubung dengan wadah penampung asi. Sebelum memakai alat ini, cuci tangan bunda menggunakan sabun hingga bersih.
    Panduan ASI Ekslusif 6 Bulan pertama Pompa Piston.
  2. Pompa Elektrik
    Sesuai namanya, pompa elektrik digunakan dengan menggunakan energi listrik. Pompa jenis ini harganya relatif mahal namun sangat nyaman digunakan dan lebih efektif dalam mengosongkan payudara. Ibu yang bekerja biasanya menggunakan pompa jenis ini untuk memeras ASI nya dikantor karena membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan tangan.
    Panduan ASI Ekslusif 6 Bulan pertama Pompa Elektrik

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY