Nutrisi Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

14
0

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Trimester KehamilanKebutuhan nutrisi harus tercukupi dengan baik, hal ini karena akan menentukan pertumbuhan janin yang sedang dikandungnya. Asupan nutrisi di dominasi oleh makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan.
Nutrisi sangat dibutuhkan untuk ibu karena memiliki peran yang sngat penting yaitu untuk meningkatkan energi ketika masa kehamilan. Tak hanya itu saja, nutrisi juga diperlukan agar dapat menjaga kekebalan tubuh agar ibu hamil selalu dalam kondisi yang sehat.
Cadangan energi yang diperoleh dari nutrisi akan mampu menjaga agar ibu hamil tak mudah lelah. Hal ini juga agar aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat dijalankan dengan baik. Lalu kapan nutrisi diperlukan oleh ibu hamil? Jawabanya adalah setiap waktu.

Berikut ini adalah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan:

1. Trimester pertama
Minggu ke-1 hingga minggu ke-12 merupakan trimester pertama, dimana pada masa ini janin sedang mengalami masa pembentukan dan pertumbuhan. Sehingga pada masa ini asupan nutrisi harus benar-benar tercukupi agar tidak mengganggu perkmbangan pada masa berikutnya.
Pada minggu pertama, asupan gizi yang diperlukan ibu hamil adalah kalori yang diperlukan untuk menjadi cadangan energi dalam tubuh. Dan makanan yang mengadung kalori adalah daging, setiap hari jumlah kalori yang harus dikonsumsi adalah 2000 Kcal.
Pada minggu ke-5 dan ke-6, ibu hamil akan mengalami masa mual dan muntah. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran akan menjadi pilihan yang tepat agar nutrisinya tetap terjaga. Dalam masa ini vitamin juga dapat berperan agar kebutuhan nutrisi dapat tercukupi.
Pada minggu ke-7 hingga ke-8, sudah mulai dalam masa pembentukan rangka dan tubuh janin, sehingga dalam masa ini kalsium sangat diperlukan agar pembentukan yang dilakukan dapat maksimal. Per harinya kalsium yang dibutuhkan sejumlah 1000 miligram.
Pada minggu ke-9, ibu hamil akan sangat membutuhkan vitamin dan asam folat per harinya dengan jumlah 0,6 miligram.
Pada minggu ke-10, janin akan mulai melakukan pembentukan otak, sehingga nutrisi yang diperlukan adalah berupa asam amino dan DHA yang berfungsi untuk membentuk jaringan otak serta memproduksi sel otak secara maksimal.
Pada minggu ke-11 dan ke-12, ibu hamil membutuhkan Vitamin A, B1, B3, B2 dan B6 yang akan menjaga agar janin yang akan lahir tidak cacat. Per harinya vitamin yang harus dikonsumsi sejumlah 60 gram.
2. Trimester kedua
Pada minggu ke-13 hingga minggu ke-28, maka janin berada pada masa trimester kedua, sehingga perkembangan yang dilaluinya akan semakin pesat. Dengan begitu maka nutrisi yang dibutuhkan pada masa ini akan lebih banyak dari pada sebelumnya.
Pada minggu ke-13 hingga minggu ke-16, kalori yang dibutuhkan per harinya mencapai 3000 Kcal, karena pada masa ini janin akan membentuk sistem syaraf pusat.
Pada minggu ke-17 hingga minggu ke-20, janin mulai membentuk sistem peredaraan darah dan mulai membentuk jantung. Sehingga pada masa ini dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Asupan mineral juga sangat dibutuhkan, per harinya harus 10 gelas.
Pada minggu ke-24 hingga minggu ke-28, ibu hamil membutuhkan vitamin E dan omega 3 yang diperlukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak pada janin dan digunakan sebagai antioksidan untuk ibu hamil.
3. Trimester ketiga atau akhir
Pada minggu ke-29 hingga ke-40 maka janin berada pada masa trimester ketiga atau akhir, sehingga nutrisi yang diperlukan pada masa ini adalah kalori, produksi, mineral, vitamin dan yodium. Zat-zat ini berfungsi menjaga agar kehamilan tetap terjaga hingga menjelang kelahiran.
Dengan tahap-tahap pembentukan janin serta nutrisi yang dibutuhkan pada penjelasan diatas, tentunya ibu hamil harus memperhatikan nutrisi yang harus dipenuhi. Hal ini agar perkembangan janin tetap terjaga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY