Nutirisi Penting Ibu Hamil yang wajib Dipenuhi

Nutirisi Penting Ibu Hamil yang wajib Dipenuhi

27
0

Your Ads


Nutirisi Penting Ibu Hamil yang wajib Dipenuhi

Seiring pertambahan usia, kebutuhan gizi akan meningkat. terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada masa itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat, terutama perkembangan otak dan susunan syaraf dan membutuhkan asupan gizi yang optimal.

Walaupun mungkin beberapa ibu dibantu dengan berbagai suplemen selama , tetapi makan makanan bergizi saat hamil harus tetap dilakukan untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Berikut ini merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan saat kehamilan.

Nutrisi Penting yang Diperlukan selama Kehamilan.

  1. Karbohidrat dan Lemak. Sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapat diperoleh dari nasi, serealia, kentang, dan umbi-umbian.
  2. Protein. Sebagai sumber zat pembangun yang dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.
  3. Mineral. Sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.
  4. Vitamin B Kompleks. Berguna untuk menjaga sistem syaraf, otot, dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat diperoleh pada serelia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.
  5. Vitamin D. Berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi anda. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur, dan susu.
  6. Vitamin E. Berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Vitamin E bisa ditemukan pada biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur, dan sayuran hijau.
  7. Asam Folat. Berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol, dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel, dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg perhari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.
  8. Zat Besi. Yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan pepaya), daging dan hati.
  9. Kalsium. Diperlukan untuk pertumbuhan tulang, dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik diperoleh dari susu serta produk olahanya. Susu juga banyak mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, D,B2, B3, dan Vitamin C.

Makanan sumber zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, dan kacang-kacangan lainya, telur, ikan dan daging.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY