Menu MPASI Dari Sayuran Yang Bisa Menaikkan Berat Badan Bayi

Menu MPASI Dari Sayuran Yang Bisa Menaikkan Berat Badan Bayi

1
0


Menu MPASI Dari Sayuran Yang Bisa Menaikkan Berat Badan Bayi

Mungkin bunda selama ini hanya tahu bahwa makanan pendamping ASI berbahan utama daging saja yang bisa membuat berat badan bayi naik. Padahal tidak. Sayuran juga bisa menaikkan berat badan.

Makanya ada banyak orang, terutama perempuan yang sudah diet ketat, tidak lagi makan seperti nasi dan daging, hanya makan sayuran saja tapi tidak bisa menurunkan berat badan. Bukannya tambah langsing tapi justru berat badannnya naik. Ternyata, sayuran yang mereka pilih salah.

Sayuran Yang Membuat Tubuh Gemuk

Bagi bunda yang juga sudah melakukan diet ketat, bunda harus tahu sayuran apa yang justru bisa membuat gemuk. Bunda harus hindari tapi gunakan sayuran ini untuk membuat menu MPASI ASI.

Ada sayuran yang justru membuat gemuk. Yaitu sayuran yang kandungan tepungnya tinggi atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan starchy vegetables. Sayuran seperti ini memberikan kalori yang sangat banyak sehingga program diet yang bunda lakukan pasti akan gagal.

Sayuran apa saja yang dimaksud? Ada beberapa sayuran yang mengandung tepung tinggi seperti kentang, jagung, ubi, labu, lobak, dan kacang polong. Dari berbagai jenis sayuran tersebut, pasti bunda bisa gunakan salah satunya untuk membuat menu MPASI. Jadi, bunda tidak harus membuat menu MPASI dari daging. Sesekali bunda perlu buatkan menu MPASI berupa sayuran unuk bayi 8 bulan.

Akan tetapi, bunda juga perlu hati-hati. Bunda perlu memberikan makanan yang variatif agar bunda bisa lebih mudah mengontrol berat badan bayi. Jangan sampai bunda terus memberikan menu MPASI sayuran bertepung ini sehingga bayi justru memiliki masalah obesitas. Oleh sebab itu, langkah antisipasi yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan makanan yang variatif.

Menu MPASI Berbahan Sayuran

Sebenarnya, tidak sulit untuk membuat makanan pendaping ASI yang terbuat dari sayuran. Ambil contoh saja kentang. Bunda bisa berkreasi membuat menu MPASI dari kentang.

  • Menu MPASI Kentang Plus Keju

Jika bunda memberikan menu MPASI terbuat dari kentang, mungkin si kecil akan menolak. Pasalnya, rasanya kurang enak. Untuk membuat rasa menu makanan tersebut lebih lezat, bunda bisa campurkan dengan keju.

Caranya sangat mudah. Cukup kukus kentang. Lalu, kupas kulitnya. Hancurkan dengan sendok. Kemudian, tambahkan sedikit keju dan aduk hingga rata. Menu MPASI sederhana ini siap untuk bunda sajikan.

Selain dicampur dengan keju, bunda juga bisa coba mencampurkan kentang dengan tahu. Ini tepat sekali bagi bayi usia 8 bulan karena si kecil harus mulai makan makanan dengan tekstur sedikit lebih kasar. Membuat menu MPASI kentang saja terlalu lembut. Berbeda jika bunda campur dengan tahu. Dan ini menjadi menu yang akan menaikkan berat badan bayi lantaran kentang mengandung tepung dan tahu mengandung protein.

Agar anak memiliki merasakan makanan dengan variasi rasa yang berbeda, bunda bisa coba buatkan MPASI kentang plus brokoli. Brokoli ini juga mengandung protein tinggi lho. Hanya saja, jika bunda buat MPASI pure dari brokoli, rasanya kurang enak. Biasanya bayi menolak. Maka dari itu, bunda bisa campurkan dengan kentang. Si kecil pasti suka.

Tentu bunda bisa coba berkreasi membuatkan menu MPASI lainnya. Yang pasti, bukan hanya makanan pendamping ASI dari sayuran bisa menambah berat badan dan bukan dari bahan daging saja yya bunda.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY