Manfaat Yoga Untuk Anak Anak Apa Saja Ya Bun?

Manfaat Yoga Untuk Anak Anak Apa Saja Ya Bun?

18
0

Your Ads


Manfaat Yoga Untuk Anak Anak Apa Saja Ya Bun?www.ibudanbalita.com

Manfaat yoga untuk anak itu apa? jika selama ini hanya bunda yang aktif melakukan yoga, kenapa Anda tidak mulai mengajak si kecil untuk ikut melakukan olahraga ini. Yoga juga bisa dilakukan oleh anak-anak. Ternyata begitu banyak manfaat yoga apalagi untuk anak. Namun teknik yoga yang digunakan pada anak-anak tentu berbeda dari dewasa. Gerakan yoga pada anak lebih dikreasikan pada permainan yang atraktif.

Gerakannya bisa mudah diingat lewat dongeng dan iringan musik sehingga anak tidak cepat merasakan bosan terhadap gerakan-gerakan yang ada. Misalkan bercerita tentang kebun binatang, kemudian diajarkan berbagai macam gaya hewan seperti gajah, anjing, kucing, pohon, dan hewan lainnya. Sangat mudah dan mengasyikkan lho bun. Kalau tidak percaya coba saja segera dengan buah hati tercinta Anda.

Sebenarnya usia yang paling tepat untuk diikutikan dalam yoga adalah minimal berusia 4 tahun. Anak tidak perlu dipaksa untuk menirukan gerakan yoga yang sempurna karena pada usia tersebut struktur tulang anak belumlah kuat. Pose yoga sempurna dapat diajarkan saat usia anak 9 tahun ke atas. Pada usia tersebut, struktur tulang telah terbentuk sempurna dan kuat. Sedangkan frekuensi latihan yoga pada anak dianjurkan maksimal 2-3 kali seminggu dengan estimasi waktu masing-masing 30 menit.

Manfaat Yoga Untuk Anak Dalam Perkembangan Fisiknya

Banyak hal yang bisa didapat dari latihan yoga pada anak baik dari segi fisik maupun mentalnya. Berikut ini beberapa manfaat yoga untuk perkembangan fisik si kecil yang perlu  bunda ketahui ;

– Meningkatkan kekuatan otot sehingga struktur tubuh bisa lebih kuat, lentur, serta membuat tubuh bisa lebih relaks.

– Meningkatkan keseimbangan koordinasi tubuh.

– Memperlancar sirkulasi darah.

– Melatih aliran nafas sehingga asupan oksigen yang masuk dapat bekerja secara maksimal untuk tubuh.

Latihan postur dan meditasi tidak hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa, umumnya dari segala kalangan usia dapat mengikuti yoga untuk mengarahkan energi dan menemukan keseimbangan dalam hidup. Tak terkecuali anak-anak mereka bisa diikut sertakan dalam kelas yoga. Manfaat yoga pada intinya bertujuan untuk membantu anak untuk merasakan kebahagiaan, kebebasan dan pencerahan. Anak-anak jaman sekarang, selalu disibukan dengan aktivitas yang cukup padat.

Mulai dari kegiatan sekolah, ekstrakurikuler, les hingga PR dari sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat mereka stres, kurang konsentrasi dan merasa kelelahan. Frekuensi latihan untuk anak – anak disarankan berlatih yoga sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. Bagi anak untuk usia 4 – 8 tahun cukup 30 menit sekali. Saat ini sudah banyak studio yoga untuk anak-anak.

Manfaat Yoga Untuk Anak Dalam Perkembangan Mentalnya

Anak-anak jaman sekarang, selalu disibukan dengan aktivitas yang cukup padat. Mulai dari kegiatan sekolah, ekstrakurikuler, hingga PR dari sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat mereka stres, kurang konsentrasi dan merasa kelelahan. Berikan keseimbangan dalam hidup anak-anak dengan mengikutkan mereka latihan yoga, karena yoga bermanfaat untuk fisik, mental dan spritual. Anak-anak pun bisa terserang stress.

Dengan latihan yoga, anak-anak menjadi lebih rileks serta dapat menjadi lebih aktif. Praktek yoga menitikberatkan pada penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa, serta membangkitkan koneksi antara manusia dan lingkungannya. Berikut ini beberapa manfaat yoga untuk perkembangan mental buah hati Anda ;

– Meningkatkan konsentrasi sehinga bisa lebih fokus terhadap apa yang dikerjakan.

– Meningkatkan body awarness lewat pengenalan terhadap anatomi tubuh manusia.

– Menghilangkan rasa stres terhadap masalah yang terjadi.

– Meningkatkan daya imajinasi dan empati pada anak lewat gerakan-gerakan yoga yang ditirukan dari dongeng hewan atau tumbuhan yang ada dalam cerita tersebut.

– Melatih diri menjadi lebih displin dan teliti. Hal ini disebabkan latihan yoga menuntut setiap gerakan dapat dilakukan secara teliti serta berhati-hati.

– Membangun komunikasi dan kedekatan antar anggota keluarga. Misalkan Mama juga ikut serta dalam latihan yoga membuat anak lebih bersemangat.

Anak-anak kita hidup di dunia di antara orang tua yang sibuk, tekanan sekolah, pelajaran yang menumpuk, video game, jalan-jalan mal, dan olahraga kompetitif. Kami biasanya tidak berpikir bahwa pengaruh ini menegangkan bagi anak-anak kita. Kami telah menemukan bahwa yoga dapat membantu mengatasi tekanan ini. Ketika anak-anak belajar teknik untuk diri kesehatan, relaksasi, dan pemenuhan batin, mereka dapat menavigasi tantangan hidup dengan lebih tenang. Begitu besar manfaat yoga untuk anak-anak Anda.

Dan Anda harus mengetahui hal tersebut. Yoga pada usia dini mendorong kedamaian dan kesadaran tubuh dengan aktivitas fisik yang kompetitif. Membina kerjasama dan kasih sayang. Anak-anak mendapatkan manfaat yang sangat besar dari olahraga ini. Secara fisik, meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, koordinasi, dan kesadaran tubuh mereka.

Selain itu, konsentrasi dan rasa ketenangan dan relaksasi meningkat. Dengan melakukan olahraga satu ini, anak-anak berlatih, bermain, terhubung lebih dalam dengan batinnya, dan mengembangkan hubungan intim dengan alam yang mengelilingi mereka.  Menawarkan banyak kemungkinan untuk bertukar kebijaksanaan, berbagi  kebaikan. Jika Anda berencana untuk mengajar yoga untuk anak-anak, ada beberapa hal umum yang perlu diketahui yang akan meningkatkan anak Anda

Tantangan terbesar dengan anak-anak adalah untuk menahan perhatian mereka cukup lama untuk mengajarkan mereka manfaat yoga untuk anak adalah keheningan, keseimbangan, fleksibilitas, fokus, koneksi, kesehatan, dan kekuatan. Untungnya, kebanyakan anak-anak senang berbicara, dan mereka suka bergerak-yang keduanya dapat terjadi dalam olahraga ini. Anak-anak perlu untuk menemukan dunia mereka sendiri. Memberitahu mereka untuk berpikir lebih keras, melakukannya dengan lebih baik, atau menjadi cara tertentu karena itu baik bagi mereka bukan cara optimal.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY