Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Dibandingkan Bubur Bayi Biasa

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Dibandingkan Bubur Bayi Biasa

48
0


Kandungan Gizi Beras Merah Untuk Bayi

Lazimnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok. Rasa manis pada nasi putih menjadi alasan mengapa jumlah konsumsinya cukup tinggi. Berbeda dari beras merah yang tidak begitu sering dikonsumsi oleh masyarakat. Hanya saja ternyata beras merah untuk bayi diyakini jauh lebih baik daripada beras putih sendiri. Masih banyak para ibu yang memilih beras merah sebagai menu pendamping ASI untuk buah hati mereka.

Beras merah untuk bayi sendiri memang bukan suatu yang aneh. Pasalnya secara turun temurun kita sudah mengenal bubur beras merah bayi berusia 6 bulan. Bahkan beberapa produsen besar sengaja mengeluarkan produk khusus berbahan dasar beras merah. Memiliki dari kandungan gizinya, beras merah jauh lebih unggul daripada beras putih. Meskipun rasanya tidak senikmat beras putih, tetapi beras merah kaya akan serat yang sangat membantu proses pencernaan pada bayi.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Dibandingkan Bubur Bayi Biasa

Seperti yang kita ketahui, bayi berusia dibawah 1 tahun masih belajar mencerna makanan. Organ tubuh pencernaan mereka belum berkembang secara sempurna, sehingga tekstur makanan pun jauh lebih cair. Dengan kandungan serat sekitar 3,5 gram, tentu usus bayi lebih mudah bekerja. Bila dibandingkan dengan beras putih yang hanya mengandung kurang dari 1 gram serat, manfaat beras merah untuk bayi jauh lebih tinggi. Di samping itu, zat antioksidan yang terkandung dalam antosianin alaminya pun dapat melindungi tubuh bayi.

Selain itu, kandungan protein pada beras merah berkisar 2,5% lebih tinggi daripada beras putih. Kandungan vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, serta zat besi perlu diperhitungkan. Di Indonesia sendiri, tak sulit menemukan beras merah, terutama di pasar-pasar tradisional. Beras merah untuk bayi pun sangat disarankan, sebab kadar gulanya yang lebih rendah. Setidaknya beras merah hanya mengandung sekitar 0,85 gram gula dalam 100 gram sajian.

Proses Pengolahan Beras Merah Untuk Bayi

Proses penggilingan beras merah yang tidak sekompleks beras putih menjadikannya kaya akan gizi. Pada beras merah untuk bayi, beras tak melewati proses penggilingan berkali-kali. Beras merah hanya melewati proses pengelupasan kulit ari dan lembaga. Sehingga zat warna alami antosianinnya masih bertahan dan warnanya pun tetap merah. Sedangkan beras putih melewati proses penggilingan guna menghilangkan seluruh lapisan kulitnya.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Dibandingkan Bubur Bayi Biasa

Secara ilmiah, bagian kulit inilah yang kaya akan vitamin serta mineral untuk tubuh. Proses tersebut pulalah yang menentukan sejauh mana manfaat beras merah untuk bayi bisa didapatkan. Sayangnya masih banyak orang yang merasa tekstur beras merah terlalu flat atau hambar. Itulah mengapa banyak orang ogah mengkonsumsinya sebagai menu harian. Padahal dibalik antosianinnya inilah tersimpan kandungan yang tak kalah memukau.

Sebut saja zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah beragam macam penyakit. Antosianin pun berfungsi sebagai anti hipertensi dan anti hiperglikemik. Anti hipertensi sendiri dapat membantu mengontrol tekanan darah seseorang. Begitu pun dengan hiperglikemik, dimana mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat beras merah untuk bayi sendiri dapat dirasakan lewat tumbuh kembang mereka yang jauh lebih aktif dan unggul.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Dibandingkan Bubur Bayi Biasa

Zat gizi yang terdapat dalam beras merah tentu membuat Anda berpikir ulang memilih MPASI untuk buah hati. Memasukkannya ke dalam menu makanan pendamping dapat membantu buah hati mendapatkan manfaat beras merah untuk bayi, seperti.

1. Pertumbuhan Fisik Bayi

Tubuh bayi memerlukan waktu untuk dapat bertumbuh dan kembang secara optimal. Selama 3 tahun awal kelahiran, ini merupakan golden age buah hati. Dimana bagian tubuh mereka akan berfungsi secara optimal dan tumbuh. Beras merah membantu proses tersebut lewat kandungan gizinya yang sangat berlimpah. Mineral yang terdapat di dalam beras merah untuk bayi akan membantu pertumbuhan gigi, tulang serta otot. Hal ini memungkinkan bayi tumbuh dan berkembang lebih baik dari anak seusianya.

2. Memperbaiki Pola Tidur Pada Bayi

Beras merah untuk bayi nyatanya mengandung zat tepung yang merangsang produksi serotonin dalam otak bayi. Bukan hanya serotonin, asam amino triptofan pun terkandung dalam beras merah. Bila serotonin mengatur pola tidur dengan merangsang rasa kantuk, asam amino bekerja menenangkan buah hati. Inilah yang membuat buah hati tak merasakan gelisah dan rewel saat tertidur. Serotonin dalam otak bayi sangat diperlukan, terutama bagi anak atau bayi yang sulit tidur.

3. Membentuk Energi Tubuh

Vitamin B1 yang ada dalam beras merah bisa membantu buah hati terhindar dari penyakit beri-beri. Secara umum, vitamin B yang kaya di dalam beras merah untuk bayi membantu tubuh memproduksi energi. Begitu pula dengan mangan pada beras merah yang berperan aktif dalam proses pembentukan protein serta karbohidrat. Sehingga tubuh bayi tidak mudah loyo dan lemas, serta aktif bermain.

4. Melancarkan Pencernaan

Usus bayi belum bekerja optimal layaknya orang dewasa. Kondisi ini membutuhkan perhatian serius dari para orangtua, terutama para ibu. Manfaat beras merah untuk bayi selanjutnya adalah melancarkan proses pencernaan. Pasalnya kandungan utama beras merah berupa serat memudahkan tubuh mencerna setiap makanan. Mengingat bayi memang minim mendapatkan serat, karena kebiasaan mengkonsumsi susu. Dengan begini, bayi pun akan terhindar dari susah buang air besar atau sembelit.

5. Mencegah Penyakit Asma

Bagi para ibu yang khawatir buah hatinya terserang asma, sebaiknya mulailah melirik beras merah. Kandungan magnesium yang sangat tinggi pada beras merah dapat membantu bayi terhindar dari bahaya asma. Hal ini dikarenakan magnesium berfungsi melebarkan saluran pernapasan serta otot-otot pada bayi. Penyakit asma seringkali terjadi akibat penyumbatan pada saluran pernapasan. Otot-otot yang menegang dan tak berfungsi secara optimal dapat diatasi oleh manfaat beras merah untuk bayi.

Baca Juga: Astma Pada Ibu Hamil, Penyebabnya dan Cara Mengatasinya.

6. Kesehatan Jantung dan Saraf

Takut kalau-kalau anak mengalami keterlembatan tumbuh kembang? Jangan khawatir, sebab memberikan beras merah pada bayi merupakan antisipasi paling tepat. Setelah beberapa poin manfaat beras merah untuk bayi di atas, adapula manfaat lainnya. Berasal dari zat tamim pada beras merah, sistem saraf dan jantung pada bayi bisa berkembang sempurna. Zat tamim dapat pula membantu tubuh bayi dalam pertumbuhan rangka tubuh.

7. Kecerdasan Otak

Ingin buah hati cerdas dan pintar? Beras merah menjadi solusi paling tepat, terutama pada masa emas anak. Hasil penelitian membuktikan kandungan vitamin B kompleks dalam beras merah dapat membantu meningkatkan kecerdasan serta daya tangkap bayi. Buah hati yang terbiasa mengkonsumsi beras merah untuk bayi lebih aktif secara fisik. Mereka lebih mudah terhindar dari stres, sebab efek menenangkan yang didapat. Kecerdasan mereka pun diperoleh dari kandungan asam lemak linolenat yang terdapat pada beras merah. Setelah proses panjang dalam rantai asam lemak, zat ini menghasilkan DHA. DHA tersebutlah yang akan membantu anak lebih cerdas dan peka terhadap lingkungan. Anak yang tercukupi kebutuhan DHA sehari-harinya terlihat jauh lebih menonjol secara emosional maupun respon.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Dibandingkan Bubur Bayi Biasa

The post Penasaran? Fakta Unik Dibalik Beras Merah Untuk Bayi! appeared first on Kesehatan Ibu Hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY