Manfaat ASI Eksklusif! Kupas Tuntas Dampak Positifnya

Manfaat ASI Eksklusif! Kupas Tuntas Dampak Positifnya

18
0

Your Ads


Manfaat ASI Eksklusif! Kupas Tuntas Dampak Positifnyatribunnews.com

Tidak bisa dipungkir lagi jika banyak sekali manfaat ASI ekslusif untuk bayi. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak pakar kesehatan yang menyerankan untuk memberikan ASI ekslusif kepada buah hatinya.

ASI ekslusif adalah pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain kepada bayi saat berusia 0 sampai dengan 6 bulan. Jadi dalam hal ini bayi benar-benar tidak diberikan tambahan jenis makanan lain seperti halnya susu formula, air putih, madu, serta jenis makanan padat sebelaum usia bayi 6 bulan.

Pertanyaannya adalah bagaimana dengan yang kondisi ASI-nya tidak lancar? Jika kondisinya seperti itu, mau tidak mau Bunda harus memilih alternatif lainnya, sperti menambahkan susu formula sebagai makanan harian bayi.

Dikarenakan banyak sekali Khasiat ASI ekslusif untuk bayi, maka tidak mengherankan jika memberikan ASI ekslusif sangat dianjurkan sampai usia bayi 4 bulan. Namun akan lebih baik lagi jika diberikan hingga usia6 bulan.

Setelah itu barulah ASI bisa dikombinasikan dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) guna mempercepat tumbuh kembang bayi itu sendiri. Dan idealnya pemberian ASI ini hingga bayi berumur 2 tahun.

Sejuta Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi Dan Bunda

Bisa dibilang bahwa tidak ada asupan makanan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Kenapa? Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini ternyata memiliki kandungan yang sangat lengkap guna mendukung tumbuh kembang bayi.

Bahkan menariknya lagi, memberikan ASI ekslusif seperti ini tidak hanya berdampak positif terhadap bayi, namun juga terdapat banyak sekali keuntungan memberikan ASI ekslusif untuk Bunda sendiri. Berikut ini 13 dampak positif dari memberikan ASI ekslusif bagi bayi dan Bunda.

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Bayi Menjadi Lebih Kuat

ASI Bunda ternyata di dalamnya mengandung sebuah zat antibodi yang berperan guna membantu mencegah dan membubuh segala macam baketi dan virus yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Oleh sebab itu, resiko si kecil terserang penyakit seperti halnya diare, infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, konstisapi, yang bisa berkembang menjadi penyakit diabetes tipe 2 atau miningitis menjadi lebih rendah dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI secara ekslusif.

Selain itu antibodi dari Bunda juga dapat melindungi bayi dari serangan alergi, eksim, dan asma. Itulah kenapa dalam fase ini Pentingnya ASI ekslusif bagi bayi.

  1. Anak Menjadi Lebih Cerdas

Ingin memiliki anak yang cerdas, cobalah berikan bibit jitu semenjak masih kecil yaitu dengan memberikan ASI ekslusif. Asam lemak yang terkandung di dalam ASI ini memiliki peran penting terhadap kecerdasan otak si kecil.

Selain itu, dengan memberikan ASI ekslusif seperti ini, hubungan emosional antara Bunda dengan si kecil dapat terjadi selama proses menyusui yang mungkin akan turut memberikan kontribusi.

  1. Berat Badan Ideal

Pengaruh ASI ekslusif terhadap bayi lainnya adalah bayi bisa tumbuh dengan bobot tubuh normal. Kenapa bisa seperti ini? ASI lebih mengandung sedikit insulin. Sedangkan insulin ini bisa memicu pembentukan lemak.

Maka dari itu, ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada si kecil. Selain itu, si kecil juga akan memiliki leptin lebih banyak. Leptin ini adalah sejenis hormon yang memiliki peran penting di dalam mengatur nafsu makan serta metabolime lemak.

  1. Tulang Bayi Lebih Kuat

Bayi yang diberikan ASI ekslusif selama tiga bulan atau lebih akan memiliki tulang leher dan juga tulang belakang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberikan ASI kurang dari 3 bulan atau bahkan tidak sama sekali.

  1. Mendapatkan Limpahan Kolesterol

Keuntungan ASI eksklusif bagi bayi lainnya adalah bayi bisa mendapatkan limpahan kolesterol dari ASI. Jika pada orang dewasa kolesterol adalah asupan yang kurang baik tetapi hal ini tidak berlaku pada bayi. Pada bayi, kolesterol ini sangat dibutuhkan guna menunjang tumbuh kembangnya. Dan kolesterol ini sangat melimpah pada ASI.

  1. Mencegah Bayi Meninggal Mendadak

ASI ekslusif ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak pada saat tidur.

  1. Hubungan Ibu dan Bayi Lebih Kuat

Pada saat menyusui, ada moment dimana mement tersebut bisa memperkuat hubunagn antara Bunda dengan si kecil.

  1. Tubub Lebih Cepat Langsing

Cara yang paling efektif dan aman paska melahirkan ternyata adalah dengan menyusui. Kenapa demikian? Sebab hanya dengan menyusui saja Bunda bisa membakar kalori hingga mencapai 500 kalori per harinya.

  1. KB alami

Manfaat memberikan ASI eklusif bagi ibu menyusui yang lain adalah bisa dijadikan sebagai KB alami. Kenapa? Sebab dengan menyusui ini ovulasa bisa terhambat. Maka dari itu disarankan untuk menyusui si kecil kapanpun pada saat si kecil menginginkannya.

  1. Stress Berkurang

Dengan menyusui ternyata dapat merangsang produksi hormon oksitosin. Dan pengaruh dari hormon oksitosin ini salah satunya adalah bisa membuat Bunda terasa lebih rileks.

  1. Mengurangi Pendarahan

Selain memiliki kemampaun untuk membuat rileks, hormon oksitosin yang keluar ketika Bunda sedang menyusui juga bisa membantu rahim berkontraksi. Hal seperti ini ternyata bisa mengurangi pendarahan rahim paska persalinan sekaligus mengembalikannya ke bentuk sebelum .

  1. Resiko Penyakit Kanker Menurun

Dampak memberikan ASI eklusif bagi ibu menyusui lainnya adalah bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan ovarium. Hasil dari berbagai penelitian menyebutkan bahawa semakin sering Bunda menyusui, maka semakin terlindungi dari potensi penyakit kanker tadi. Hal ini kemungkinan besar terjadi lantaran dengan menyusui bisa menekan hormon estrogen.

  1. Hemat Uang

Sudah pasti dengan memberikan ASI ekslusif seperti ini bisa mengurangi budget bulanan Bunda.

Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan ASI ekslusif pada si kecil. Jangan khawatir jika bentuk payudara Bunda akan kendor jika terlalu sering menyusui. Apalagi di sisi lain banyak sekali manfaat ASI ekslusif baik untuk si kecil maupun Bunda sendiri.

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY