Makanan Berserat Untuk Anak Selain Sayur

Makanan Berserat Untuk Anak Selain Sayur

4
0

Your Ads


Makanan Berserat Untuk Anak Selain Sayur

Apakah si kecil tidak mau makan sayur? Padahal, itu adalah makanan berserat untuk anak yang sangat baik. Tentu ibu akan berusaha sekuat tenaga bagaimana agar anak mau makan sayur.

Namun, di tengah upaya yang ibu lakukan tersebut, ibu bisa memberikan alternatif lain. Tidak hanya sayuran saja lho yang mengandung serat. Ada juga makanan lain yang kandungan seratnya juga sangat tinggi.

Jadi, ibu tidak perlu cemas saat anak tidak mau makan sayur. Penuhi kebutuhan serat dengan memberikan makanan yang lain. Yang pasti, jangan paksa anak makan sayur. Ia justru akan trauma. Sembari mencari cara yang tepat agar anak mau makan sayur tanpa harus ada unsur paksaan, sebaiknya ibu berikan beberapa jenis makanan mengandung serat untuk anak berikut ini.

Buah Alpukat

Banyak sekali yang mereview mengenai manfaat buah alpukat. Hanya saja, mereka menjelaskan ini merupakan buah yang kandungan proteinnya tinggi. Bukan buah yang kandungan seratnya tinggi.

Memang alpukat lebih dikenal sebagai buah yang berprotein tinggi. Jadi, tidak hanya yang tahu jika ternyata ini juga buah berserat tinggi.

Tapi, mulai sekarang ibu sudah tahu kan? Apalagi jika ibu baru memulai memberikan program MPASI atau makanan pendamping ASI. Buah ini bisa jadikan MPASI lho. Tinggal ambil daging buah alpukat lalu haluskan dengan sendok. Mudah sekali membuat makanan pendamping ASI dari buah yang satu ini.

Menurut penelitian, Hanya dengan memberikan dua sendok alpukat saja, sang buah hati sudah mendapatkan sekitar 2 gram serat. Wow, bagaimana jika ia habis satu buah alpukat? Jadi, dipastikan anak ibu tidak akan kekurangan serat.

Beras Merah

Tidak jarang anak balita yang hanya mau makan nasi saja. Jika dicampur dengan sayur atau lauk yang lain seperti daging, ia menolak. Hal inilah yang membuat orang tua bingung. Bagaimana anak mendapatkan serat jika setiap hari makan nasi saja?

Solusinya, beras putih diganti dengan beras merah. Pasalnya, di dalam beras merah, terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, protein serta zat besinya juga tercukupi.

Dan satu lagi. Nasi merah memiliki rasa yang gurih lho. Jadi, anak pasti suka.

Pasta Gandum

Pernahkah ibu memberikan cemilan pasta gandum kepada si kecil? Jika belum, ibu bisa coba sekarang juga. Pasta gandum ini selain enak juga kaya kandungan seratnya. Sekarang ini, sangat mudah untuk mendapatkan cemilan yang berupa pasta gandum.

Atau ibu juga bisa membuat menu makanan untuk anak yang terbuat dari bahan berupa pasta gandum. Ibu bisa membuat makaroni cup roti gandum atau pasta gandum goreng. Itu juga termasuk ke dalam makanan berserat untuk anak.

Kacang Hitam

Terkadang, di dalam satu porsi kacang hijau, ada campuran berupa kacang hitam. Kacang hitam juga yang memiliki kandungan serat yang tinggi.

Ibu bisa buatkan menu sarapan berupa kacang hijau namun tambahkan juga kacang hitam. Ini bukan hanya menu sarapan yang enak tapi juga bergizi tinggi. Ada kandungan protein tinggi dari kacang hijau serta serat yang berasal dari kacang hitam.

Buah Apel

Hampir semua buah itu mengandung serat. Akan tetapi, hanya ada beberapa buah yang kandungan seratnya tinggi. Seperti yang dijelaskan di awal, buah alpukat memiliki serat yang tinggi. Dan yang lainnya adalah buah apel. Di dalam buah apel ukuran sedang, terdapat serat sekitar 4,4 gram. Lumayan banyak, bukan?

Jadi, ketika anak tidak mau makan sayur, berikan saja buah apel sebagai cemilan di siang atau di sore hari. Ini akan memastikan kebutuhan serat di dalam tubuhnya terpenuhi.

Jadi, sudah tahu kan banyak sekali makanan yang mengandung serat selain sayuran?

Sebenarnya, masih banyak lagi sumber serat lainnya. Ibu bisa lihat sendiri daftar makanan yang mengandung serat untuk anak selain sayuran di www.friso.co.id. Dengan mengetahui berbagai macam makanan yang merupakan sumber serat, ibu tidak perlu khawatir ketika anak tidak mau makan sayur.

Meskipun demikian, tetap saja ibu harus berupaya agar anak mau makan sayur. Ada banyak cara yang bisa ibu coba seperti membuat mengolah sayuran menjadi makanan yang unik, mengajak anak ikut dalam proses memasak sayur, dan lain sebagainya.

Yang pasti, serat itu sangat dibutuhkan oleh si kecil. Bukan hanya untuk memastikan sistem pencernaan baik, tapi serat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, membantu gerak usus, menghilangkan risiko terkena diabetes ketika dewasa nanti, dan masih banyak manfaat serat untuk kesehatan anak lainnya.

Dan harus dipahami juga kebutuhan serat anak itu semakin hari semakin bertambah. Untuk anak balita, para pemerhati kesehatan menyarankan agar ia mendapatkan serat sekitar 7 gram setiap hari. Sementara itu, untuk orang dewasa, mereka membutuhkan dua kali lipat kebutuhan serat anak kecil.

Apakah ibu sudah memastikan kebutuhan serat anak sudah tercukupi? Pastikan sudah. Dan seperti penjelasan di atas, banyak sekali jenis makanan yang bisa ibu buatkan agar kebutuhan serat anak terpenuhi. Dan tentunya bukan dari sayuran saja.

Untuk penjelasan lebih lengkap lagi, ibu bisa tanyakan langsung dengan pakar kesehatan. Kunjungi saja situs Friso dan manfaatkan layanan konsultasi gratis dengan pakar. Ibu bisa tanyakan lebih banyak lagi mengenai jenis makanan berserat untuk anak selain sayur dan selain yang sudah dijelaskan di atas.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY