Macam-macam dan Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

Macam-macam dan Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

7
0

Your Ads


Macam-macam dan Manfaat Olahraga Untuk Ibu HamilWomen Fitness

Dalam masa , kesehatan merupakan hal terpenting untuk diperhatikan. Akan ada berbagai anjuran untuk menjaga kesehatan , salah satunya adalah olahraga untuk ibu hamil. Untuk menjaga agar janin yang ada dalam kandungan tetap sehat serta ibu dalam keadaan yang baik, olahraga tetap diperlukan selama masa kehamilan.

Tidak jarang ketika hamil, ibu sering merasa sakit, pegal atau mudah lelah. Hal ini dikarenakan sama saja ia selama hamil menopang bukan hanya tubuhnya namun juga janin yang ada dalam kandungan. Jadi, wajar saja jika ibu hamil akan cepat merasa capek dan mengalami sakit seperti sakit pinggang dan kepala pusing.

Biasanya untuk mengurangi hal-hal tersebut terjadi, dokter akan menganjurkan ibu untuk melakukan olahraga untuk ibu jamil. Hal ini berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuhnya selama hamil. Namun, jangan dikira olahraga untuk ibu hamil sama dengan olahraga pada umumnya. Porsi dan jenis olahraga ibu hamil tentu berbeda dengan olahraga untuk ibu yang sedang tidak hamil.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh ibu hamil jika melakukan olahraga kehamilan. Biasanya olahraga ini juga dilakukan ketika masa kehamilan sudah tua atau sudah mendekati proses kelahiran. Jadi, dengan melakukan olahraga, akan mengurangi rasa pegal yang biasa terjadi pada ibu hamil serta menambah kebugaran jasmani sang ibu terlebih lagi sebagai persiapan menjelang kelahiran.

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Sederhana

Jenis olahraga yang paling sederhana untuk ibu hamil adalah jalan kaki. Olahraga ini merupakan olahraga yang mudah sekali dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilannya. Jalan kaki  juga termasuk olahraga ringan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Ada beberapa manfaat dari jalan kaki untuk ibu hamil yaitu menjaga ibu hamil tetap fit, meancarkan peredaran darah serta menguatkan otot kaki.

Olahraga yang cukup simpel tanpa perlu peralatan dan memiliki manfaat yang cukup banyak. Tak perlu lama-lama, 20 hingga 30 menit per hari jalan kaki sudah cukup untuk ibu hamil. Dan ingat, usahakan membawa minuman ketika berjalan kaki agar ibu terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, ketika berjalan kaki usahakan medianya tidak terlalu menanjak atau yang lurus-lurus saja. Dan perlu juga diketahui juga bahwa jika ibu hamil mengalami sesak nafas, pusing, sesak dibagian dada atau bahkan pendarahan setelah melakukan jalan kaki, maka segera hentikan olah raga ini dan konsultasikan kepada dokter.

Selain berjalan kaki, olahraga lain yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berenang. Berenang merupakan olahraga yang cocok untuk ibu hamil karena melatih otot besar yang ada di tangan dan di kaki. Manfaat dari olahraga ini adalah meningkatkan kinerja jantung serta lebih mudah menurunkan berat badan ibu hamil yang terlaku gemuk.

Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk mengurangi resiko dehidrasi pada ibu hamil. Namun perlu diingat, sebaiknya ibu minum satu gelas air ketika melakukan renang setiap 15 menit sekali. Untuk gaya dan porsinya, bunda bisa lakukan gaya dada atau gaya punggung. Untuk waktunya, 30 menit saja sudah cukup untuk bunda melakukan olahraga renang ini.

Olahraga lain yang juga cocok dan sering digunakan untuk ibu hamil adalah senam hamil. Seperti namanya, senam yang dilakukan ini sesuai dengan keadaan ibu hamil jadi gerakannya juga menyesuaikan serta porsinya tidak terlalu banyak. Ibu bisa melakukan senam hamil ini sendiri dengan melihat video senam hamil, tetapi lebih aman lagi jika bunda senam hamil dengan dipandu oleh ahli atau mengikuti kelas senam hamil.

Mengikuti kelas senam hamil, selain aman karena ada pemandunya juga ibu hamil dapat berinteraksi dan berbagi informasi sehingga mendapat pengetahuan lain seputar kehamilan. Jadi, jika bunda ingin olahraga dimana juga ingin tetap berinteraksi, senam hamil pas sebagai olahraga untuk ibu hamil demi menjaga kesehatan ibu dan bayi dan mempersiapkan proses persalinan nantinya.

Sebenarnya hampir sama dengan senam hamil, yoga merupakan olahraga yang banyak dipilih oleh ibu hamil. Perbedaannya, olahraga yoga ini lebih mengutamakan ketenangan karena gerakannya yang tidak terlalu banyak dan juga tidak sulit. Selain menjaga kebugaran tubuh, manfaat yang dapat dirasakan setelah melakukan yoga adalah melatih pernapasan serta relaksasi ibu hamil.

Latihan pernapasan menjadi penting karena berkaitan juga pada proses persalinan nantinya. Selain harus sehat, bunda juga dituntut untuk juga belajar teknik-teknik pernapasan agar dapat lancar dalam menjalani persalinan. Relaksasi yang dilakukan ketika yoga dimana juga berfungsi sebagai latihan agar ketika persalinan ibu merasa tenang dan tidak merasa takut.

Jika bunda ingin tetap olahraga namun tidak ingin terlalu capek, bunda bisa lakukan olahraga ringan seperti peregangan. Peregangan merupakan olahraga yang berfungsi membantu fleksibilitas dan nantinya dapat mengurangi rasa sakit ketika persalinan.

Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

Pada intinya, olahraga yang dilakukan ibu hamil ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan baik ibu maupun janin yang ada di dalam kandungan. Namun secara detailnya, olahraga ibu hamil ini dapat membantu ibu hamil dalam mengatur mood, mengurangi rasa pegal dan lelah karena menopang bayi, dan secara jangka panjang dapat membantu memperlancar proses persalinan. Namun perlu diingat juga, sebelum ibu melakukan olahraga untuk ibu hamil tersebut, konsultasikan juga dengan dokter agar lebih aman.

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY