Kesehatan Wanita Hamil Muda Begini Cara Menjaganya!

Kesehatan Wanita Hamil Muda Begini Cara Menjaganya!

5
0

Your Ads


Kesehatan Wanita Hamil Muda Begini Cara Menjaganya!friso.co.id

Menjaga kesehatan wanita hamil selama masa penting untuk dilakukan. Kesehatan akan berpengaruh pada kesehatan janin. Ketika ibu sakit atau kesehatannya bermasalah maka perkembangan janin di dalam kandungan akan terganggu. Banyak hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil dalam menjaga kesehatan janin serta tubuhnya selama menjalani masa kehamilan.

Kebersihan tangan dan juga kuku sangat penting untuk dijaga selama masa kehamilan. Ibu hamil sebaiknya membiasakan cuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh makanan dan setelah buang air. Selain itu bagi ibu hamil yang suka beraktifitas di luar ruangan seperti bersentuhan dengan tanah ketika menanam bunga di halaman rumah, sebaiknya membersihkan tangan dan kuku setelah melakukan aktifitas tersebut.

Menjaga kebersihan tangan akan menghindarkan ibu hamil dari infeksi virus atau bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang bersentuhan dengan tangan. Kebersihan tangan yang tidak dijaga bisa menyebabkan ibu hamil terkena penyakit diare yang bisa menyebabkan tubuh ibu hamil lemah dan hal ini tidak baik untuk janin.

Kesehatan Wanita Hamil Mulai Perhatikan Kebersihan Anda

Pada waktu hamil seringkali ibu hamil akan mengalami masalah pada gigi dan gusi yang disebabkan oleh hormon kehamilan. Gusi pada ibu hamil biasanya menjadi lunak sehingga rentan sekali berdarah. Menghindari hal tersebut sebaiknya ibu hamil menggosok gigi secara pelan-pelan dan menggunakan pasta gigi khusus yang telah di anjurkan oleh dokter. Ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan menggosok gigi setelah makan supaya tidak terjadi masalah kesehatan mulut yang dapat berakibat pada timbulnya penyakit lain selama masa kehamilan.

Kesehatan serta kebersihan daerah kepala dan rambut dapat anda lakukan dengan membiasakan keramas secara rutin. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan sebaiknya ibu hamil jangan mengecat atau mewarnai rambut selama masa kehamilan karena zat kimia yang terdapat pada pewarna rambut bisa membahayakan janin. Menjaga kesehatan wajah selama hamil sebaiknya tidak menggunakan krim pemutih wajah atau kosmetik lainnya yang mengandung zat kimia berbahaya untuk kesehatan janin.

Kesehatan tubuh dan payudara harus dijaga selama masa kehamilan dengan membiasakan mandi teratur supaya kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah penyakit kulit. Ibu hamil yang pernah mengalami keguguran sebaiknya tidak melakukan stimulasi atau menarik puting payudara selama hamil muda karena akan merangsang hormon oksitosin  yang dapat mengakibatkan kontraksi rahim.

Tips ibu hamil supaya sehat selanjutnya yaitu menjaga kebersihan alat kelamin. Kesehatan alat kelamin selama kehamilan sangat penting untuk dijaga supaya tidak ada infeksi kuman atau bakteri pada daerah alat kelamin ibu hamil. Biasakan setelah buang air untuk mencuci vagina dari arah depan menuju kebelakang dubur, jangan lakukan hal sebaliknya karena kuman akan terbawa menuju ke vagina dan bisa berbahaya. Ketika membersihkan vagina jangan menggunakan sabun antiseptik pencuci vagina karena akan membunuh kuman atau bakteri baik. Supaya daerah vagina tidak lembab sebaiknya menggunakan celana yang tidak ketat dan segera ganti celana apabila terasa lembab atau basah.

Melakukan senam atau yoga untuk ibu hamil sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Yoga atau senam untuk ibu hamil berguna untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan imunitas tubuh, melatih otot-otot supaya tidak tegang dan melatih pernapasan. Melakukan yoga untuk ibu hamil bisa membuat pikiran ibu hamil rileks sehingga kesehatan ibu hamil akan terjaga dan perkembangan janin tidak akan mengalami gangguan.

Tips-tips sehat untuk ibu hamil yang sudah dijelaskan tadi dapat anda terapkan dalam menjalani kehamilan supaya kondisi tubuh anda tetap sehat dan perkembangan janin tidak akan terganggu. Ibu hamil sehat maka janin pun akan sehat.

Kesehatan Wanita Hamil Dengan Mengonsumsi Buah Semangka

Jika melihat rujukan berbagai macam buah, semangka merupakan salah satu buah yang sangat baik jika dikonsumsi bagi ibu hamil. Tetapi kita hidup di Indonesia, yang mempunyai kultur budaya warisan nenek moyang. Bagi yang masih mempercayai mitos, kadang ibu hamil dilarang mengkonsumsi sesuatu yang masuk dalam pantangan. Termasuk pada beberapa jenis buah. Padahal buah yang menjadi pantangan tersebut mempunyai kandungan yang baik dan penting bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Buah semangka mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin, mineral, zat besi dan sebagainya. Semangka merupakan buah yang sehat dan bergizi. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab selama proses kehamilan, dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya.

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bisa didapatkan dari buah semangka. Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan serat yang baik jika dikonsumsi selama hamil. Anda ingin tahu manfaat lainnya dari buah semangka, terutama bagi ibu hamil. Berikut ini pembahasannya ;

– Membantu proses pencernaan pada ibu hamil

Bagi ibu hamil sering mengalami keluhan pada sistem pencernaan dan panas dalam. Kadar cairan yang ada pada buah semangka sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut.

– Mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki

Sering kita lihat ibu hamil mengalami kaki bengkak. Kadar cairan yang tinggi pada semangka dapat membantu melancarkan pembuluh darah penyebab kaki dan tangan bengkak pada ibu hamil.

Konsumsi semangka dalam keadaan segar, sebab jika sudah lama terkena udara terbuka akan menyebabkan kadar asam, ini menyebabkan rasa mual jika dikonsumsi pada ibu hamil. Jika selama mengkonsumsi tetap memperhatikan aspek keseimbangan, maka buah manfaat buah semangka lebih besar dari pada efek sampingnya untuk kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY