Inspirasi Susunan Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

Inspirasi Susunan Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan

6
0

Your Ads


Inspirasi Susunan Menu MPASI Pertama Bayi 6 BulanSource: ResepBuntik.com

Menu mpasi pertama bayi 6 bulan, sepertinya mudah namun ternyata terdapat kerumitan dibalik sekedar memberi makan pada si kecil. Banyak orang tua memahami pentingnya memulai pengenalan makanan di luar air susu ibu. Sayangnya tantangan pengenalan tidak hanya bayi yang menolak makanan namun pemilihan bahan yang kurang tepat bisa merusak perkembangannya.

Sejatinya ada beberapa bahan makanan yang bisa digunakan bunda dan ayah dalam menyodorkan makanan pertama si kecil. Tiap anak akan menerima masakan dengan reaksi yang berbeda. Manapun itu beberapa kategori bahan menu mpasi 6 bulan yang wajib atau setidaknya masuk adalah:

  • Buah buahan
    Indonesia patut berbangga diri akan berkah buah-buahan yang tersedia. Pasalnya negara non tropis kudu berjuang untuk memperoleh sumber makanan segar, hingga harus import dari negara yang nun jauh disana. Rasa manis dan pemuas dahaga dalam buah mampu merenggut hati banyak anak kecil.

    Tidak banyak orang tua yang berpikir bahwa buah bisa jadi bahan makanan pendamping kecuali buah pisang. Padahal, buah lain seperti alpukat, pepaya, dan melon bisa jadi menu favorit si kecil. Dengan catatan ayah bunda tahu bagaimana cara mengolah bahan satu ini.

  1. Sayur mayur
    Tidak ada yang bisa memungkiri betapa banyak mineral, vitamin, dan nutrisi dalam sayur mayur. Selalu ada yang bisa diperoleh dari sayuran, pastinya bayi juga tidak boleh ketinggalan untuk menyantap bahan satu ini. Apalagi, mengingat kandungan sayuran tidak selalu menyenangkan untuk dimakan.

Salah satu cara membiasakan si kecil makan sayur harus dimulai dari dini. Apabila sejak dini, lidah bayi terbiasa merasakan cita rasa sayuran, akan jauh lebih mudah baginya untuk menerima kehadiran sayur mayur di masa mendatang. Sekali dayung dua pulau terlampaui bisa jadi kalimat yang tepat untuk bahan satu ini.

 

  1. Kacang-kacangan

Indonesia kena jajah negara luar karena rempah-rempah, termasuk Kacang-kacangan. Tanah yang begitu subur menjadi rumah super nyaman bagi tanaman apa saja yang ingin singgah. Sebagai warga Indonesia, sayang rasanya bila tidak menikmati kemewahan alam yang dimiliki.

Kacang tanah, almod, hijau, dan beragam kacang lainnya tergolong makanan favorit dalam dunia kesehatan. Bahkan, sudah banyak publikasi jurnal kesehatan yang mulai berfokus pada kacang. Mengingat kacang menyerap banyak kandungan bumi, maka janagn heran bila kacang tergolong makanan super sehat.

 

  1. Dedaunan

Semua bisa dimakan dengan kreatifitas yang tepat. Sekilas daun mungkin hanya hiasan di atas pohon, padahal fungsinya lebih banyak lagi. Bahkan, dalam kuliner tanah air beta, daun banyak digunakan untuk mendukung cita rasa masakan. Sungguh aneh rasanya bila daun tidak dimanfaatkan untuk keperluan pertumbuhan si kecil.

Daun berbeda dengan bahan lain yang cukup awam. Diperlukan pengetahuan luas, dan keahlian memasak untuk menghidangkan daun pada bayi. Akan tetapi, percayalah begitu bunda atau ayah memahami bagaimana menghidangkan daun untuk si kecil, manfaat yang diterima akan sangat besar.

 

  1. Telur

Telur bisa dibilang makanan yang cukup super. Sebelum bicara masalah gizi, mari membahas betapa telur sangat berguna untuk beragam aspek masakan. Telur sangat mungkin dihidangkan sebagai bintang utama atau sekedar pendukung seperti pada pancake atau kue. Manapun itu, telur telah terbukti bisa digabungkan dengan beragam bahan masakan lainnya.

Dari segi gizi, semua orang tahu telur kaya akan protein, lengkap dengan gizi lain. Ya, protein sendiri berfungsi mengatur perkembangan sel tubuh. Tentunya, dalam tumbuh kembang anak, sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi terutama yang menyangkut sel tubuh. Ingat, keseluruhan tubuh terdiri dari susunan sel.

Menghidangkan makanan bayi dan pemilihan bahan adalah dua hal yang berbeda. Seseorang bisa saja memiliki kulkas penuh makanan, namun tanpa pengolahan yang tepat maka sia-sia saja. Jangan keburu panik, dengan kemampuan masak amatir sekalipun, masih ada harapan bagi bunda untuk menghidangkan makanan pendamping layak makan.

Setidaknya ada 2 jenis hidangan yang mudah namun masuk di selera yakni sup dan jus.

Jus merupakan penyebutan untuk makanan yang dihancurkan hingga halus sehingga menyerupai makanan. Tapi, pada bahan keras seperti kacang, buah, dan beberapa jenis sayur, mungkin tekstur akan sedikit lebih kental. Selalu perhatikan bagaimana si kecil menerima jus, jangan sampai dirinya menunjukkan wajah tidak nyaman meski sudah percobaan suapan kesekian kali.

Sup tentu berbeda dengan jus. Umumnya sup berada pada temperatur cukup panas. Hal ini dikarenakan kadar air dalam sup yang cukup tinggi dan patut masuk menu makanan di kala bayi sakit. Namun, pada hari biasa sekalipun, tidak ada salahnya orang tua menghidangkan sup. Pasalnya, sebagian besar sup mengandung banyak rempah dan campuran bahan lain yang bisa menarik selera si kecil.

Pertanyaannya, sekarang, kapan pemberian makanan pendamping buah hati ayah bunda?

Bagaimana ayah bunda menjadwalkan jam makan bayi akan kembali pada diri masing-masing. Toh, pada akhirnya orang tua jauh lebih paham dengan kondisi bayi dibanding siapapun. Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus diingat dalam menghidangkan makanan si kecil.

Orang tua kadang terlalu bersemangat akan variasi masakan untuk buah hati tercinta. Sehingga gagal menyadari bahwa mungkin saja si kecil merasa kurang nyaman. Memberi jeda tiap kali mengubah susunan menu mpasi pertama bayi 6 bulan bisa menjadi langkah pencegahan resiko alergi, diare, dan berbagai penyakit tak diinginkan lainnya.(HN)

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY