Ini Lho Bu Kenapa MPASI 6 Bulan Berbahan Keju Itu Penting

Ini Lho Bu Kenapa MPASI 6 Bulan Berbahan Keju Itu Penting

13
0

Your Ads


Ini Lho Bu Kenapa MPASI 6 Bulan Berbahan Keju Itu PentingSource: tesco.ie

Menu MPASI 6 bulan tidah harus melulu berupa bubur. Ibu harus kreatif dalam membuatkan menu makanan untuk sang buah hati. Semakin ibu kreatif, maka ibu akan melihat si kecil lebih lahap ketika makan.

Akan tetapi, kreatif ada batasannya. Batasannya apa? Tentunya saja nilai gizinya. Ibu tidak boleh asal membuatkan menu makanan MPASI bayi 6 bulan.

Apakah keju sudah boleh diberikan untuk bayi 6 bulan? Muncul pertanyaan seperti itu. Di berbagai forum ibu dan anak, banyak ibu yang menanyakan tentang hal tersebut lantaran mereka tahu tidak semua makanan bergizi ibu boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan.

Bagaimana dengan keju? Menurut pakar kesehatan bayi, keju sudah boleh diberikan kepada bayi yang usianya menginjak 6 bulan. Hal ini disebabkan kandungan gizinya yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Akan tetapi, tetap ada hal yang perlu Anda perhatikan. Ada aturannya agar pemberian keju tidak berlebihan. Selain itu, jangan asal pilih keju yan bu.

Kandungan Gizi Pada Keju

Sebelum ibu mencari menu makanan bayi 6 bulan yang terbuat dari keju, alangkah baiknya jika ibu cari tahu dulu apa saja kandungan gizi di dalam keju.

Seperti yang ibu ketahui, keju itu terbuat dari susu. Maka dari itu, kandungan proteinnya sangat tinggi. Protein inilah yang akan membuat pertumbuhan organ tubuh si kecil lebih maksimal. Dengan demikian, ibu tidak perlu lagi khawatir dengan masalah berat badan bayi di bawah standar.

Akan tetapi, bukan hanya protein saja yang terkandung di dalam keju ini.

  1. Kandungan Vitamin A

Seperti yang sering dijelaskan oleh para ahli kesehatan, vitamin A ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Namun, vitamin A ini juga berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan serta kesehatan kulit. Maka dari itu, sangat tepat jika ibu memberikan menu MPASI untuk bayi 6 bulan yang salah satu bahannya adalah keju.

  1. Kalsium

Kandungan yang satu ini sangat diperlukan oleh si kecil. Setidaknya ada dua hal yang menjadi peran utama kalsium. Pertama, kalsium akan membuat pertumbuhan tulang lebih cepat dan padat. Dengan demikian, tulang tidak mudah keropos. Yang kedua, kalsium mengoptimalkan pertumbuhan gigi. Seperti yang ibu ketahui bayi usia di atas 6 bulan sudah mulai tumbuh gigi. Agar pertumbuhan gigi semakin cepat, maka tubuh harus mendapatkan kalsium, entah itu dari susu ataupun dari menu MPASI bayui 6 bulan.

  1. Zink

Tidak banyak yang tahu bahwasannya keju ini juga mengandung zink. Padahal, kandungan zink pada keju termasuk banyak.

Lalu apa kegunaan dari zink? Kandungan yang satu ini akan membantu perkembangan otak anak. Dengan memastikan kebutuhan zink terpenuhi, anak ibu akan menjadi anak yang cerdas.

Tentu tidak hanya protein dan tiga kandungan itu saja yang ada di dalam keju. Namun, kandungan gizi tersebut di atas yang paling dibutuhkan oleh si kecil dan semunya sudah tersedia pada keju.

Memilih Keju Yang Bagus untuk Menu MPASI Bayi 6 Bulan

Setelah itu tahu betapa pentingnya keju untuk kesehatan si kecil. ibu pasti ingin sekali membuatkan menu makanan yang terbuat dari keju. Namun, tunggu dulu. Ibu harus tahu tidak semua keju itu bagus untuk sang buah hati. Ada berbagai jenis keju yang ada di pasaran. Keju seperti apa yang bagus dijadikan menu MPASI bayi usia 6 bulan?

Yang pasti, keju tersebut harus keju yang lunak. Setidaknya, ada tiga jenis keju yang aman untuk dikonsumsi bayi 6 bulan.

  1. Cheddar

Dibandingkan dengan dua jenis keju lainnya, keju cheddar ini memang agak sedikit lebih keras. Akan tetapi, jika dimasak, maka keju ini akan menjadi sangat lunak.

  1. Swiss

Pernah lihat keju yang ada lubangnya? Itulah yang disebut dengan keju swiss. Kebanyakan bayi suka dengan keju ini lantaran rasanya yang begitu manis. Akan tetapi, ibu tidak perlu khawatir. Rasa manis dari keju tidak mengganggu kesehatan bayi.

  1. Cottage

Yang terakhir adalah keju cottage. Ini digolongkan sebagai keju yang sangat rendah lemak. Biasanya, keju seperti ini bagus untuk bayi yang memiliki kecenderungan mengalami obesitas.

Itulah ketiga jenis keju yang bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat MPASI bayi 6 bulan.

Aturan Pemberian Keju

Memang keju itu memiliki kandungan yang bagus untuk perkembangan bayi. Akan tetapi, terlalu banyak memberikan makanan berupa keju bisa mengakibatkan hal yang kurang baik. Gangguan metabolisme yang paling sering terjadi ketika anak terlalu sering makan keju. Obesitas juga bisa terjadi karena keju. Pasalnya, ada jenis keju yang memang kandungan lemaknya sangat tinggi.

Selain itu, ibu harus tahu keju itu kandungan garamnya cukup tinggi. Maka dari itu, pakar kesehatan mengatakan terlalu banyak makan keju bisa membuat anak mengalami masalah hipertensi. Atau setidaknya anak ibu nanti berisiko terkena hipertensi ketika sejak kecil terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terbuat dari keju. Yang harus ibu ketahui adalah bahwasannya bayi itu hanya membutuhkan garam dalam jumlah yang sangat sedikit.

Itulah beberapa hal yang patut untuk ibu perhatikan. Yang pasti, keju bagus untuk kesehatan bayi asalkan digunakan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sekarang, ibu tinggal mencari menu MPASI 6 bulan seperti apa yang bisa dibuat dengan bahan baku berupa keju.

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY