Info Kesehatan Ibu Hamil Seputar Keguguran di Masa Lampau

Info Kesehatan Ibu Hamil Seputar Keguguran di Masa Lampau

5
0

Your Ads


Info Kesehatan Ibu Hamil Seputar Keguguran di Masa Lampauhamil.co.id

Info kesehatan ibu hamil tidak hanya penting untuk menjaga kandungan namun untuk mencegah pula. Pada kasus perempuan yang berhasil setelah alami keguguran, tentu setiap informasi perkembangan janin akan sangat berharga. Bukankah kesempatan kedua harus dimanfaatkan dengan baik?

Trauma itu boleh saja. Memang menyakitkan bila mengingat suatu kegagalan. Akan tetapi, bangkit kembali dan maju menghadapi masa depan merupakan kewajiban setiap manusia. Terlebih mengingat bayi dalam kandungan bergantung pada kekuatan bunda, tentu larut dalam perasaan sedih tidak sepantasnya dilakukan.

Dapatkan keguguran terulang?

Rasa sedih sangat mungkin menghantui meski insiden keguguran telah terjadi beberapa waktu lampau. Tidak ada yang salah memang dengan hamil kembali setelah kehilangan janin. Yang paling penting, bunda benar-benar memanfaatkan waktu untuk maksimalkan .

Pandangan medis menyatakan sangat mungkin bagi  bunda untuk keguguran kembali. Ya, sekitar delapan puluh lima persen perempuan mengandung mengalami keguguran berulang. Dalam artian sekali lagi, kehamilan dinyatakan gagal meski bayi belum terbentuk atau siap lahir sempurna.

Keguguran bisa dicegah atau tidak?

Salah satu pertanyaan berat setengah depresi yang diajukan bunda dengan pengalaman keguguran adalah pencegahan gugur itu sendiri. Jujur saja, secara logika nyaris tidak mungkin mencegah keguguran yang sedang terjadi. Walaupun, tidak mustahil untuk mencegah keguguran yang belum terjadi.

Mungkin saja, bunda keburu panik dan trauma pasca gagal memenuhi durasi hamil sehingga lupa apa yang sebenarnya terjadi. Beberapa ciri-ciri gugurnya terlepas dari pikiran entah kemana. Tenang, sebetulnya sangatlah mudah mengingat kembali apa ‘permulaan’ bencana ketika pikiran sudah lebih tenang.

Secara garis besar, progesterone menjadi pelaku utama dalam keguguran. Bagi bunda yang tidak pernah mendengar progesterone, mudahnya, pengurus utama dinding rahim. Apabila progesterone menurun maka dapat dipastikan fondasi penopang janin akan menghilang dan tubuh tidak akan mampu bertahan.

Gejala yang terlihat dari luar berupa bercak darah kental dan tebal. Mungkin nyaris mirip dengan darah mens hanya saja disertai sakit perut yang luar biasa. Jika bunda sampai merasakan nyeri tak tertahankan, terutama pada trimester kedua, bicara dengan ahlinya merupakan langkah bijak.

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kehamilan?

Kehamilan merupakan anugrah yang wajib dipertahankan. Meski secara psikologis lebih berat bagi bunda yang pernah keguguran, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kehamilan kedua berjalan dengan baik. Fondasi pertama dalam menjaga kandungan tetap sehat adalah pikiran yang positif.

Stres terbukti menganggu kehamilan. Tidak hanya memicu keguguran, namun stres dapat mendorong rusaknya mental calon buah hati bahkan sebelum lahir. Konsep yang sama berlaku pada bayi terlahir dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) atau IED (Intermitten Explosive Disorder). Kedua penyakit mental tersebut disebabkan tidak imbangnya kadar kimia dalam tubuh manusia.

Bagi bunda yang belum pernah mendengar penyakit tersebut, tenang, pengertiannya sangat mudah dimengerti. ADHD merupakan kelainan dimana bayi tidak mampu fokus. Sedangkan, IED berarti si kecil akan mengalami ledakan amarah meski tidak ada sebab yang jelas. Keduanya tentu tak diinginkan dalam hidup buah hati ayah bunda.

Jiwa yang sehat seharusnya disertai pula dengan fisik yang baik. Memang pada beberapa kasus, perempuan hamil selamat meski tidak memilik tubuh super kuat asalkan hati bahagia. Namun, bukan berarti bunda lantas berbuat semaunya dan tidak menghiraukan peringatan kehamilan yang telah digaungkan.

Mulai dari hal yang cukup simpel saja, seperti mengubah kebiasaan buruk yang pastinya menganggu pertumbuhan janin. Alkohol dan narkoba merupakan dua senyawa pembuat ketagihan yang membelenggu hidup seseorang. Jika perempuan mengandung pernah bersentuhan dengan kedua barang tersebut, ada baiknya untuk mulai berpikir daftar terapi.

Bayi di negeri paman sam terlahir dengan kecanduan sepertinya sudah tidak asing lagi. Memang, akibat konsumsi narkoba di kala hamil, sangatlah mungkin bila senyawa tersebut menyusup pada diri janin. Sehingga, bagai pisau bermata dua, entah keguguran atau bayi berhasil lahir, narkoba sudah pasti merusak masa depan si kecil.

Alkohol tidak menunjukkan tanda kecanduan layaknya narkoba pada bayi. Tapi, dampak dari minum alkohol saat hamil tidak patut diberi tepuk tangan. Salah satu kelainan bernama Fetal syndrome banyak menjangkit janin yang terlalu sering kena eksposur alkohol. Inilah alasan kuat mengapa minuman beralkohol entah dalam bentuk wiski, wine, atau mungkin bir sebaiknya tersingkirkan.

Kedua, rubah pola hidup kehamilan menuju kesehatan yang lebih baik. Kalau bunda bisa berubah seratus delapan puluh derajat hanya makan dari bahan organik, atau menyewa ahli gizi mungkin sangat luar biasa. Tapi namanya proses, selalu butuh waktu. Minimal, bunda memahami konsep makanan seimbang.

Asam folat, vitamin A, C, D, kalsium dan zat besi merupakan kandungan penting yang sudah sepantasnya masuk dalam menu makan bunda. Hidangan apapun tidak akan jadi masalah selama bunda memastikan asupan terpenuhi dengan efektif dan efisien.

Dengarkan perkataan dokter salah satu kunci menuju kehamilan sehat. Seorang ahli kesehatan tidak menghabiskan jutaan bahkan milyaran untuk dapatkan gelar dokter dengan percuma. Setiap orang pastilah punya pertimbangan sendiri dalam mengatasi klien, dan semuanya diusahakan terbaik.

Memanfaatkan kunjungan dokter secara maksimal adalah hak pelanggan. Berhubung sebelumnya telah mengalami hal tidak mengenakkan tentu ada beragam kasus yang menjadi bahan pikiran. Sangat disarankan untuk membuat daftar pertanyaan supaya mengkorek info kesehatan ibu hamil lebih mendalam dan akurat.(HN)

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY