Ibu Perlu Memenuhi Gizi Ibu Hamil Ini!

Ibu Perlu Memenuhi Gizi Ibu Hamil Ini!

14
0

Your Ads


Ibu Perlu Memenuhi Gizi Ibu Hamil Ini!www.ibudanbalita.com

Gizi ibu hamil wajib dipenuhi di tiap hari. Baik itu jenisnya sampai jumlahnya. Karena kelengkapan gizi berpengaruh pada perkembangan janin di dalam kandungannya.

Mendapati rahim berisi sangat membahagiakan. Khususnya bila ibu sudah menantikannya selama beberapa tahun. Oleh karenanya, perlu buat ibu untuk menjaga supaya janin dalam kandungan bisa sehat dan terlahir sempurna pada waktunya.

Kesempurnaan bentuk bayi menandai kalau bayi terlahir sehat. Artinya, bayi tidak kekurangan satu hal. Ini akan melengkapi kebahagiaan ibu dalam berumah tangga.

Sebelum bayi terlahir, ibu wajib menjaga kesehatan selama masa . Pemenuhan gizi harian wajib dilakukan. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Kenapa Bayi Terlahir Mengalami Cacat Fisik?

Ada sebagian kasus dimana bayi terlahir dengan cacat fisik. Ini membuat ibu dirundung duka. Setidaknya, ibu akan merasakan perih tentang kondisi yang dialami oleh bayinya.

Lahirnya bayi dengan ketidaksempurnaan organ berasal dari nutrisi yang tidak terpenuhi. Ibu susah untuk mengkonsumsi makanan selama mengandung. Kemungkinannya adalah ibu mengalami masalah pada kondisi fisiknya. Misalnya sering jatuh sakit, atau mengalami mual berlebihan yang membuatnya tidak siap untuk makan.

Enggannya ibu untuk makan tentu akan membuat kekurangan gizi. Dampaknya tidak hanya pada ibu saja seperti keletihan, bahkan sampai pada bayinya. Bayi menjadi lebih kurus, memiliki berat badan minim. Yang terparah adalah pertumbuhan janin tidaklah optimal.

Salah satu jenis asupan yang memiliki peranan penting untuk pembentukan sel dan jaringan adalah asam folat. Nutrisi ini tidak boleh sampai kurang selama mengandung anak. Paling tidak, memberikan jumlah asam folat lebih banyak jauh lebih baik ketimbang kurang.

Jenis Cacat Bayi Setelah Lahir

Cacat bawaan bayi bisa mempengaruhi kepercayaan dirinya setelah dewasa. Bahkan, bayi tidak bisa sampai dewasa. Pasalnya, cacat yang dimilikinya cukup riskan.

Tidak mau melihat bayi yang dilahirkan dengan cacat bawaan, ibu wajib memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan. Terutama adalah asam folat tersebut. Setidaknya, ibu perlu menyediakan asam folat sekitar 400 mikrogram di tiap harinya.

Jika ibu melewatkannya di tiap harinya, permasalahan tersebut bisa terjadi. Diantara jenis cacat bawaan bayi adalah kurang sempurnanya batok kepala, bibir sumbing serta tulang belakang tidak tersambung sebagaimana mestinya.

Semua kondisi tersebut sangat memprihatinkan. Penanganan bayi seperti itu sangatlah sulit untuk dilakukan. Operasi akan ditempuh untuk memperbaikinya. Dan biayanya pasti sangat mahal.

Menyadari akan kondisi tersebut, pilihan terbaik adalah melakukan pencegahan ketimbang mengobati. Pencegahannya terbilang cukup mudah. Ibu hanya perlu mengatur pola makan yang sehat pada masa kehamilan.

Darimana Ibu Memperoleh Asam Folat?

Gizi untuk ibu berupa asam folat harus dipenuhi, minimal sekitar 400 mikrogram di tiap harinya. Setidaknya, nutrisi tersebut dipenuhi semenjak usia kandungan memasuki trimester kedua. Kemudian bisa meningkatkannya di trimester selanjutnya.

Dari mana ibu mendapatkan asam folat? Asal nutrisi tersebut dari makanan. Salah satunya berasal dari sayuran hijau.

Tidak hanya itu saja, ibu juga bisa memperoleh asam folat penuh pada beras merah. Jenis makanan ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Bahkan sampai menyusui, ibu juga disarankan untuk mengkonsumsinya. Setidaknya, makanan tersebut bisa menderaskan asinya.

Menariknya lagi, jenis makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi penting lainnya. Diantaranya adalah karbohidrat dan sejumlah nutrisi penting. Jadi, biasakan untuk konsumsi makanan bermanfaat.

Nutrisi Lain Untuk Dimanfaatkan Oleh Ibu Hamil

Setelah ibu mengalami terlambat bulan, ibu sebenarnya sudah mulai mempertimbangkan untuk mengubah pola makan. Ibu memang diharuskan memilah jenis makanan. Bahkan ibu dianjurkan untuk meningkatkan jumlah makanan untuk mencukupi nutrisi buat ibu hamil.

Makanan tersebut harus memiliki kandungan gizi baik. Selain asam folat, kandungan gizi lainnya juga harus disediakan. Apa saja nutrisi tersebut?

Kalsium memberikan manfaat bagi ibu. Manfaatnya adalah untuk menguatkan tulang dalam menopang beban yang kian naik. Dengan kata lain, tulang menjadi lebih kuat, jauh dari keropos atau yang disebut dengan osteoporosis.

Resiko seperti ini sangat mungkin terjadi. Hal ini disebabkan oleh pemanfaatan kalsium oleh janin. Ketika kalisum dalam tubuh ibu berkurang, kalisum dalam tulang diambil untuk dimanfaatkan bayi.

Lama kelamaan, tulang akan menjadi sangat keropos. Untuk meminimalisirnya, nutrisi ibu hamil muda ini wajib dipenuhi. Misalnya dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi produk olahan susu.

Ibu hamil juga butuh kalori. Peningkatan jumlahnya memang tidak bisa dihindarkan. Tapi ibu tidak perlu khawatir bisa mengalami kegemukan.

Kalori ini diperlukan sekali untuk memberikan energi. Ibu hamil sangat membutuhkan energi besar. Oleh karenanya, diperlukan jumlah besar kalori selama masa kehamilan.

Setidaknya, gizi untuk ibu mengandung ini dipenuhi sekitar 400 kkl di tiap harinya. Jangan sampai kelebihan. Kalau kelebihan, ibu bisa mengalami kegemukan.

Nutirisi lain yang ibu butuhkan adalah protein. Protein ini akan disalurkan tubuh ibu ke janin. Janin akan memanfaatkannya untuk menyempurnakan organ-organnya.

Begitu pula dengan vitamin, ibu diwajibkan untuk memenuhinya. Vitamin tersebut punya peran krusial untuk kesehatan ibu dan janin. Contohnya adalah untuk mendukung fungsi tubuh ibu sendiri. Fungsi tubuh ibu yang sehat akan berpengaruh besar pada kesehatan janin.

Mengenai jenis vitaminnya, ibu perlu memenuhi vitamin C, D, b12 dan lain sebagainya. Ibu bisa memperoleh sejumlah nutrisi ini dari buah dan sayur.

Kesimpulannya, penuhi kebutuhan nutrisi dengan kadar yang pas dan seimbang. Dan pastikan untuk tidak melewatkan asupan asam folat agar janin tidak lahir dengan kekurangan. Jadi, sudahkah ibu menyiapkan gizi ibu hamil yang diperlukan?

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY