Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Dirasakan Wanita

Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Dirasakan Wanita

6
0

Awal biasanya ditandai dengan banyak gajala yang dirasakan, namun terkadang ini tak disadari oleh beberapa wanita. Atau bahkan beberapa wanita tak merasakan samaGejala Atau Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Dirasakan Wanitasekali tanda-tanda awal kehamilan, hingga akhirnya menyadari ketika telah mencapai masa kehamilan 1 bulan. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab keguguran dini, karena muda tak menyadari bawa dirinya sedang mengandung, sehingga pola hidup dan pola makan tak dilakukan dengan semestinya.

Dengan begitu, maka tanda awal kehamilan harus disadari agar ibu muda akan dapat menjaga janin yang sedang dikandungnya. Karena pada masa awal kehamilan, janin masih dalam kedaan yang rawan atau belum stabil, sehingga harus  benar-benar dijaga agar tumbuh kembang janin akan terjaga hingga proses kelahiran.

Tanda awal kehamilan yang harus anda ketahui yaitu:

  1. Perubahan bentuk tubuh

Yang paling terlihat dalam tanda awal kehamilan adalah perubahan pada bagian perut, dimana perut akan membesar. Namun bukan hanya itu saja, bagian dada atau payudara akan membesar dan padat, namun teksturnya lunak. Pembesaran bagian tubuh juga terlihat pada bagian pantat, paha dan lengan.

Pada tanda awal kehamilan, organ intim kewanitaan juga mengalami perubahan, dimana warnanya akan menjadi pucat. Pada bagian organ intim juga akan mengeluarkan cairan seperti keputihan, hal ini karena proses pembuahan antara sel telur dan sel sperma yang disebut dengan cervical mucus.

  1. Sering kencing

Awal kehamian, biasnya janin dalam rahim akan membutuhkan ruang yang luas, sehingga dinding rahim akan diperlebar yang mengakibatkan penekanan pada kandung kemih. Karena penekanan pada kandung kemih inilah sehingga frekuensi kencing menjadi banyak, sehingga ibu hamil muda akan sering buang air kecil.

  1. Flek darah

Pengeluaran flek darah disebabkan karena implantasi atau proses perpindahan sel telur yang telah dibuahi dalam ovarium ke dinding rahim. Sehingga akan menyebabkan munculnya flek darah, namun jumlahnya hanya sedikit atau hanya berlangsung dalam sehari saja.

  1. Nyeri punggung dan nyeri perut

Tanda awal kehamilan, biasnya ibu hamil akan merasakan rasa nyeri perut, hal ini karena perut akan semakin membesar karena pertumbuhan janin dalam perut. Rasa nyeri punggung juga akan dirasakan, bahkan rasa  nyeri punggung akan dirasakan oleh ibu hamil selama masa kehamilan.

  1. Terlambat datang bulan

Hal yang paling menonjol dalam tanda awal kehamilan adalah terlambat datang bulan, hal ini karena sel telur dalam ovarium telah dibuahi oleh sperma. Namun terkadang terlambat datang bulan juga tidak bisa dikatakan sebagai tanda awal kehamilan, karena telat haid juga bisa disebabkan karena gangguan hormonal yang dipengaruhi oleh stres atau diet.

  1. Mual dan muntah

Tanda awal kehamilan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil adalah mual dan muntah, hal ini karena ibu hamil muda akan sensitif terhadap bau atau aroma yang menyengat. Hal ini juga akan menyebabkan ibu hamil mengalami hilangnya nafsu makan.

Rasa sensitif terhadap bau atau aroma ini, disebabkan karena peningkatan hormon beta human chorionic gonadotrophin atau hCG, sehingga pada awal kehamilan ibu hamil akan sering mual dan muntah. Kondisi seperti ini juga dipengaruhi oleh peningkatan asam lambung ketika sedang tidur, sehingga di pagi hari ibu hamil akan sering mual dan muntah.

Tanda awal kehamilan yang dijelaskan diatas memang tak sepenuhnya dapat diartikan seorang wanita sedang mengandung, namun jika anda ingin memastikan tanda awal kehamian maka anda bis mengeceknya dengan tes pack atau bisa langsung datang ke dokter untuk melakukan uji kehamilan atau tes USG.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY