Ekspektasi Perkembangan Janin 8 Bulan

Ekspektasi Perkembangan Janin 8 Bulan

41
0


Ekspektasi Perkembangan Janin 8 BulanSource: Baby Center

Masa yang makin tua, tentu saja semakin menggembirakan. Jangan salah, meski sudah mendekati hari persalinan sekalipun, meremehkan perkembangan janin 8 bulan tentu bukanlah keputusan yang tepat. Ada baiknya bila bunda dan ayah tetap mempelajari apa yang harus diharapkan, dan dipahami dari kondisi janin saat ini.

Janin tumbuh dengan baik atau tidak, tergantung pada usaha orang tua. Ingat, pada akhir hari, calon anak dalam kandungan merupakan buah kasih sayang ayah dan bunda. Walaupun, ilmu pengetahuan mumpuni tidak kalah penting daripada semangat menjadi orang tua. Apa sajakah yang dimadsud?

Tahap Perkembangan Janin 8 Bulan

Berhubung janin 8 bulan cukup mendekati hari persalinan tentu sudah banyak perkembangan yang terjadi. Tendangan bayi bisa sangat terasa dari luar, membuat hati kian berbunga-bunga. Bunda juga bisa memperdengarkan musik pada janin, tentu pilihan musik diperhatikan betul.

Salah satu perkembangan janin yang cukup unik ada di penghujung kehamilan. Pada usia 8 bulan, janin mulai sadar dirinya akan keluar menghadapi dunia. Prosedur bersalin dari dalam tubuh tidak hanya dari luar namun dari dalam pula. Janin akan berputar atau merubah posisi untuk menghadap bawah, atau kepala kearah kemaluan sudah sangat wajar. Kalaupun tidak terasa, atau janin memang tidak berputar, cobalah berkonsultasi dengan ahlinya.

Perubahan Fisik dan Mental Bunda

Secara fisik, tentu terlihat jelas perbedaan antara mengandung janin 8 bulan dengan kehamilan muda. Perut bunda kian membesar, disertai dengan keluarnya air susu ibu. Tentu saja, tidak usah ditanya kembali, punggung akan terasa nyeri sepanjang hari akibat menopang berat janin. Belum lagi, masalah payudara yang membesar dengan air susu bunda ‘tumpah’ kemana-mana.

Pakaian yang nyaman menjadi kebutuhan primer yang terbilang ‘naik pangkat’. Kenapa?

Tubuh bunda yang berubah sedemikian rupa, tentu membutuhkan dukungan yang baik dari segi sandang. Misalkan saja, memakai pakaian yang terlalu ketat tidak hanya ‘mencekik’ pori-pori kulit, namun janin dalam kandungan terasa lebih sempit. Kain yang dipilih, sebaiknya tipe lembut, dengan ruang udara yang baik.

Celana, merupakan persoalan yang pelik. Jaman sekarang, entah kenapa mode bawahan pakaian mencoba menonjolkan bentuk paha. Padahal, celana  jenis tersebut kerap kali kurang bersahabat dengan perut bunda yang kian besar. Apabila bunda tergolong perempuan yang kurang suka memakai rok, maka cobalah memilih jenis celana yang cenderung fleksibel.

Terlalu sering buang air kecil merupakan dilema ibunda. Pasalnya kantung kemih sedang dalam kondisi renggang. Akibatnya air seni akan mudah merembes keluar. Jangan panik, olahraga semacam kegel, atau mungkin saran dari dokter seharusnya bisa mengurangi masalah satu ini. Termasuk penyakit diare dan kondisi dari kehamilan lain.

Pantangan Selama Kehamilan

  • Hindari interaksi denga kucing atau pembuangan pasir kucing. Masalah bukan karena kucing adalah mahluk kotor, tapi parasite bernama toxoplasmosis. Hewan kecil nan tak terlihat menempel pada bulu kucing kala hewan kesayangan sejuta umat ini sedang bermain di luar ruangan. Konsumsi tikus liar juga bisa menyebabkan kucing tidak sengaja membawa toxoplasmosis.

    Toxoplasmosis sangat berbahaya bagi janin dan bunda karena bisa menyebabkan keguguran. Bahkan secara hitungan medis, kemungkinan kehilangan calon bayi anda sebesar 40 persen bila sampai terinfeksi. Memang, bunda tidak perlu membuang kucing peliharaan, tapi jaga perilaku bunda di sekitar kucing, jangan terlalu akrab hingga bayi dipastikan lahir.

  • Pembatasan vitamin A ternyata cukup diperlukan demi menjaga calon bayi dalam kandungan tetap hidup dan tumbuh. Bila dikonsumsi saat anda sedang mengandung, makanan kaya vitamin A seperti wortel bisa membuat rahim terlalu rileks, sampai akhirnya tidak mampu menopang bayi. Alhasil, hari persalinan jauh lebih awal dari perkiraan. Sehingga kemungkinan besar janin dan bunda belum siap.

Apa yang harus diperhatikan?

  • Perhatikan kebiasaan ayah dan bunda selaman ini. Salah satu faktor yang menganggu adalah orang tua yang tidak mau menyadari kekurangan diri. Embel-embel tidak ada orang tua yang sempurna menjadi senjata andalan. Buat daftar kebiasaan buruk bunda dan ayah yang bisa menganggu pertumbuhan janin. Komunikasikan dengan pasangan bagaimana cara bertahan selama 9 bulan menjauhkan kebiasaan – kebiasaan buruk tersebut. Bisa jadi, awalnya terasa agak sulit namun dengan saling mengenggam tangan, teguh dengan komitmen yang dibangun guna perkembangan janin selalu dalam kondisi baik, maka kemungkinan besar terlalui.
  • Emosi adalah faktor penggerak tubuh yang cukup penting. Hati yang tidak bahagia meski dengan keahlian seperti apapun akan kesulitan beraktivitas sehari – hari. Kesedihan berlarut bak pasir hisap, perlahan tapi pasti menyerap sisa – sisa jiwa seseorang, menjadikan hidup menjadi tidak bermakna. Kehamilan secara fisik itu berat, ditambah dengan kondisi emosi yang tidak stabil tentu makin membuat kehamilan terasa begitu sulit.
  • Makanan merupakan faktor penentu kehamilan. Asupan nutrisi dan gizi dalam makanan seolah menjadi penentu kelancaran pertumbuhan janin. Jangan sia-siakan setiap suap yang bunda dapat. Toh, dari langkah kecil tersebut, sumber janin tumbuh didapat dari makanan.
  • Perhatikan sesi konsultasi dengan pikiran terbuka dan logis. Dokter mampu mencari tahu apa yang salah dengan janin atau tubuh bunda. Dengan bimbingan yang tepat, kehamilan kali ini tentu lebih bisa dipastikan berjalan dengan lancar. Bukan berarti, dokter sangat sakti yang bisa mempercepat perkembangan janin, namun dokter bisa memberikan nasihat yang berguna untuk perkembangan janin 8 bulan.(HN)

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY