Duhai Ibu, Ayo Kita Bangun Kedekatan dengan Allah

Duhai Ibu, Ayo Kita Bangun Kedekatan dengan Allah

16
0
SHARE

Duhai Ibu, Ayo Kita Bangun Kedekatan dengan Allah. Dalam kehidupan ini, tentu kita mengalami masa sulit, masa dimana kita dihadapkan pada berbagai persoalan hidup. Jika dipikirkan, tentu banyak sekali yang harus diselesaikan dan dioptimalkan. Jika kita lengah sedikit saja untuk mengingat Allah, tentu apa yang kita lakukan akan keluar dari rel kebenaran dan kebaikan, cenderung menurutkan hawa nafsu dan akhirnya bisa jadi menyakiti hati seseorang. Jauh sekali dari pertolongan Allah, karena saat itu kita melupakanNya. Maka ingatlah Allah, hadirkan dalam setiap keadaan. Insyaallah Allah akan menolong dengan caraNya yang terkadang diluar kemampuan nalar kita dan tidak kita duga-duga. Mari kita sempurnakan dengan beagai upaya yang bisa kita lakukan.

Duhai Ibu, Ayo Kita Bangun Kedekatan dengan Allah
Membangun-Keluarga-Ilahiyah

Berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk membanguan kedekatan dengan Allah dalam keluarga.

1. Hadirkan Allah dengan meresapi dan berusaha khusyu saat melakukan shalat wajib atau sunah.

Berusaha memahami arti bacaan shalat, betul-betul memohon pertolongan dan menjadikan kesempatan tersebut untuk berdialog dengan Allah, Sang Pencipta Yang Maha Besar. Usahakan gerakan-gerakan shalat disempurnakan dengan memusatkan perhatian dan meniatkannya untuk beribadah pada-Nya. Ubah mind set dalam diri kita, yang bisanya menjadikan shalat sebagai jeda dari beragam aktivitas yang kita lakukan dalam setiap harinya, menjadi hal yang ditunggu-tunggu selama kita melakukan hal lain. Semoga dengan hal tersebut, kita bisa meningkatkan kualitas persiapan shalat kita dalam setiap waktunya  dan menjadikan kita sebagai pribadi-pribadi yang lebih tenang seusai melaksanakan shalat.

Your Ads

2. Membaca Al Qur’an dan memaknainya.
Berusahalah meluangkan waktu untuk tilawah, menghafalkan surat-surat al qur’an, walaupun hanya satu ayat dalam setiap harinya.

3. Amalkan shalat Sunnah dhuha dua rakaat atau 4 rakaat.
Karena Allah berjanji akan menjamin rezeki selama seharian penuh, khususuntukamalan Sunnah duha 4 rakaat. Subhanallah dan tentu janji Allah itu benar adanya. Lakukan dengan ikhlas, karena tanpa diduga, Allah akan bukakan jalan dari sesuatu yang tak disangka-sangka.

4. Berdoa setiap waktu, selalu ingat pada Allah, dalam keadaan apapun.
Sekalipun hanya meminta disebrangkan jalan dengan selamat dan aman. Yakini Allah akan mengabulkan doa dan senantiasa melindungi kita. Hadirkan Allah dalam setiap keadaan, itu tentu akan sangat menolong kita menghadapi apapun.

5. Mengikuti atau menyimak, mendengarkan kajian ilmu yang membahas tentang islam, akidah, akhlak, yang sesuai dengan Al QUr’an dan Sunnah.
Berusaha menambah ilmu dalam setiap harinya, karena amal yang kita lakukan jika berdasarkan ilmu yang kita tahu, akan lebih bernilai di sisi Allah, dibandingkan amal yang tanpa ilmu. Selain itu agar kita selalu diingatkan tentang kebaikan dan tetap ada dalam hidayahNya.
“Sesungguhnya, sifat orang yang bertaqwaitu, bukan sekedar mengahadapkan wajahmu, beriman pada Allah, pada hari akhir, pada para malaikat, kitab, para nabi, memberikan harta saat kita mencintai harta pada kerabat, anak yatim dan orang miskin, mendirikanshalat, menunaikan zakat, menunaikanjanjipada Allah, bersabar, jujur, dan bertaqwa. “
Satu hal lagi, duhaiibu..hidupkan malam-malam kita dengan shalat malam, karena perjumpaan yang paling dirindukan adalah saat kita bisa bermunajat, berdoa, dan meminta hanya kepada Allah secara khusus di waktu yang hening dan sepi.
Semoga apa yang dipaparkan menjadi sebuah pembelajaran untuk diri penulis, pengingat dikala lupa dan menjadi catatan yang dapat diamalkan dan bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY