Ciri-ciri Orang Hamil Secara Fisik

Ciri-ciri Orang Hamil Secara Fisik

5
0

Your Ads


Ciri-ciri Orang Hamil Secara Fisikblog.glowing.cm

Ciri-ciri orang hamil sangatlah jelas di depan mata, terutama dari segi fisik. Tidaklah sulit menemukan mana perempuan yang benar mengandung atau tidak. Berdasarkan rata-rata, setidaknya perempuan dapat alami 6 ciri fisik di kala mengandung. Apa sajakah?

  1. Perut membesar
    Perempuan identik dengan perut yang besar. Rasanya gejala fisik orang hamil paling mendasar adalah perut menonjol besar. Meskipun tentu saja ada beberapa orang yang memiliki perut menonjol meski tidak ada janin di dalamnya. Ada ciri spesifik perut yang membedakan dengan kondisi lain.

    Ibarat kantong, tidak mungkin perut bunda selalu sama seiring dengan membesarnya ukuran  Tapi jangan lupa, janin hanya berada pada perut, sehingga harusnya hanya bagian tertentu saja yang mengalami ‘pelebaran’. Apabila perempuan alami perubahan perut setiap bulannya dapat dipastikan saat ini ada janin di dalam rahim.

  2. Strecth mark
    Guratan kulit yang kerap muncul di paha sepertinya akan kembali bersama dengan pasukan baru di kala hamil. Bunda tidak perlu kaget kalau mendadak stretch mark bertambah parah hingga tak lagi terkontrol. Sudah sewajarnya saat hamil bunda memiliki ‘simbol tubuh’ satu ini terutama pada janin yang besar.

    Berat badan sebelum hamil sejatinya menentukan stretch mark atau tidak. Sebagian besar bunda hamil dalam kondisi ‘terlalu subur’ atau melebihi body mass index (BMI) ideal. Kala janin hadir, bukannya berat badan berkurang namun kian bertambah. Hal ini menyebabkan guratan semakin banyak muncul tak terkendali.

    Dari sudut pandang ilmiah, stretch mark merupakan hasil pembelahan collagen dalam tubuh. Bagi yang belum pernah mendengar hubungan collagen dengan stretch mark, mari mengenal apa itu collagen. Jaringan dalam tubuh yang bertugas menopang kulit disebut dengan collagen. Saat tubuh membesar, otomatis collagen harus mengikuti perkembangan sehingga stretch mark kian parah. Secara penampilan strectch mark belum tentu menganggu, namun rasa gatal yang ditimbulkan agak meresahkan. Beberapa dokter sarankan untuk oleskan cocoa butter untuk mengurangi perasaan menganggu tersebut. Selebihnya tentu kembali pada perempuan mengandung dalam atasi stretch mark.

  1. Pregnancy glow atau dull
    Mungkin bunda pernah dengar seputar pregnancy glow yakni kulit indah, berseri-seri, bagaikan anak polos nan ceria, tapi tidak pernah mengalami. Persoalan kulit di kala mengandung memang bagaikan main lotere. Tergantung tipe kulit bunda, dan kondisi , maka penampakan akan beda pula.

    Beberapa bunda beruntung mendapati wajah terlihat makin cantik hingga banjir pujian. Sisanya mengalami jerawat berlebih dan flek hitam di muka. Menurut ilmu kesehatan, penyebab perubahan kulit secara drastis adalah aliran darah, pigmen, dan hormon.

    Berhubung kehamilan membuat detak jantung kian membara, tak aneh bila sirkulasi berjalan terlalu lancar. Fenomena wajah kian cemerlang disebabkan adanya perubahan satu ini. Pada kasus flek, pigmen kulit atau dikenal dengan melanin menebal sehingga beberapa bagian wajah terlihat gelap. Sedangkan perubahan hormon yang terlalu cepat memicu kehadiran jerawat.

  2. Payudara membesar
    Salah satu prosedur operasi plastik yang cukup populer adalah implan payudara. Dengan membayar sejumlah uang, perempuan bisa dapatkan ukuran dada yang diinginkan. Tanpa menyadari bahwa kehadiran janin dalam rahim sudah cukup memicu penambahan ukuran payudara perempuan.

    Apabila bunda mendapati ukuran payudara terlalu besar ditambah putting melebar disertai keluarnya cairan putih, jangan panik. Sangatlah wajar kalau tubuh bunda mempersiapkan diri untuk sambut calon buah hati, termasuk ketersediaan air susu ibu. Demi meringankan beban cobalah mengenakan pakaian dalam atau bra kehamilan. Tak lupa, posisikan tubuh bunda dengan benar di kala mata terlelap supaya cidera terhindari.

  3. Kaki membesar
    Kaki bisa dibilang sahabat perempuan mengingat tiap kali timbangan bertambah, belum tentu kaki mengikuti berat badan. Tapi, dalam konteks hamil, kaki bisa alami pengecualian dimana ukurannya membesar dengan drastis. Sisi positifnya bunda punya alasan untuk beli sepatu baru.

    Alasan mengapa kaki alami pembesaran sebetulnya cukup sederhana. Hormon kehamilan membuat banyak perubahan pada beragam tempat, termasuk area kaki. Jangan takut, perubahan satu ini tidaklah berbahaya, meski bunda yang hamil tua harus hindari berdiri terlalu lama. Cairan bisa saja menumpuk pada bagian kaki bunda yang hamil tua.

  4. Keringat jagung
    Salah satu ciri perempuan akan menjadi seorang ibu dengan anak dapat dilihat dari jumlah keringat. Kerap kali, tubuh berkeringat berlebihan pada saat mengandung. Bagi orang yang belum kenal, mungkin bunda hanya nampak sebagai orang dengan metabolism terlalu sehat, meski kenyataan sedikit berbeda.

    Pada saat hamil, metabolisme bergerak dengan sangat cepat. Jantung berdetak kencang memacu aliran darah kian ‘heboh’. Inilah mengapa produksi keringat otomatis meningkat pesat. Kalau ada yang mengatakan bunda berkeringat banyak karena berat badan bertambah sebetulnya kurang tepat. Orang yang punya badan ideal sekalipun harus lalui fase berkeringat.

    Memakai pakaian longgar adalah tindakan tepat. Hindari pakaian yang terlalu menekan kulit, mengingat jenis pakaian tersebut tak hanya menekan janin, sekaligus menganggu sirkulasi tubuh. Gaun terusan atau dress sangat mungkin jadi pilihan oke.

Perubahan tubuh mungkin memicu rasa tidak nyaman atau percaya diri. Tenang, selama sesi konsultasi dengan dokter tidak menunjukkan adanya masalah dengan janin, bunda tidak harus khawatir. Bangga saja dengan ciri ciri orang hamil yang sudah muncul dalam diri, toh bukankah banyak perempuan di luar sana yang ingin dapat rejeki serupa?(HN)

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY