Cemilan Anak 1 Tahun Keatas Yang Sehat Dan Enak

Cemilan Anak 1 Tahun Keatas Yang Sehat Dan Enak

7
0

Your Ads


Cemilan Anak 1 Tahun Keatas Yang Sehat Dan EnakPinterest

Ibu mungkin akan menyadari bahwa setelah bayi melewati usia 1 tahun, nafsu makannya menjadi menurun dan banyak memilih jenis makanan yang ingin dimakannya. Jangan khawatir karena ketika mereka menginjak usia 1 tahun, tingkat pertumbuhannya pun ikut melambat dan kebutuhannya untuk makan menjadi berkurang selama satu tahun pertama ini.

Kebutuhan konsumsi anak  1 tahun tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitasnya sehari-hari. Kebanyakan anak yang berumur 1 tahun memerlukan sekitar 1000 kalori per hari. 1000 kalori ini bisa mencakup 2 gelas susu, 2 gelas buah segar dan sayuran, 2 ons biji-bijian yang setara dengan satu potong roti atau 1 cangkir sereal dan 2 ons daging. Jenis makanan harus dibagi diantara tiga  kali makan besar dan dua kali cemilan.

Bayi 1 tahun Anda kemungkinan tidak akan memakan semua pilihan yang kita sodorkan tetapi penting bagi bayi untuk mencoba dan dibiasakan makan secara teratur dan konsisten. Menu sarapan yang cocok untuk bayi 1 tahun adalah setengah cangkir susu, seperempat cangkir buah atau sayur dan setengah ons biji-bijian. Contohnya untuk sarapan seperti setengah cangkir susu, setengah cangkir nasi tim dan seperempat cangkir potongan buah pisang.

Menu seperti ini adalah makanan sehat untuk bayi 1 tahun karena bayi memerlukan susu penuh lemak untuk tubuhnya. Susu jenis ini berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan otaknya. Untuk cemilan pagi, bayi bisa diberi menu seperti setengah ons biji-bijian dengan setengah ons alternatif daging. Contohnya setengah potong roti gandum atau kue kering dengan setengah ons keju atau susu.

Sedangkan untuk menu makan siang bisa mencakup setengah cangkir susu, seperempat cangkir buah atau sayur, setengah cangkir biji-bijian dan setengah ons pilihan daging. Semua bahan ini bisa diolah menjadi nasi tim dengan sedikit garam yang disukai oleh bayi. Bisa juga bahan-bahan ini tidak diolah secara bersamaan tetapi dijadikan variasi menu sehingga bayi bisa merasakan rasa yang berbeda untuk setiap jenis bahan yang ada.

Untuk makan malam, bayi memerlukan setengah cangkir susu, seperempat cangkir buah, seperempat cangkir sayuran, setengah ons biji-bijian dan satu ons pilihan daging. Berikan pilihan menu makan malam untuk bayi Anda seperti setengah cangkir susu, seperempat kacang hijau rebus, seperempat potongan wortel rebus yang empuk, seperempat cangkir pasta dan satu ons potongan daging ayam yang gurih. Semua masakan ini dibuat tanpa penyedap.

Menu Cemilan Anak 1 Tahun Apa Saja Bun?

Anak yang sudah berusia satu tahun biasanya sudah mulai terbiasa mengkonsumsi makanan padat, oleh karena itu sesekali sang ibu wajib memberikan ce,ilan sehat untuk si anak agar tumbuh kembangnya semakin baik. Cemilan sehat sebenarnya ada banyak, karena tidak harus berupa makanan selingan. Misalkan buah, meski banyak yang mengatakan bukan cemilan namun buah adalah salah satu cemilan sehat terbaik untuk si anak.

Memilihkan cemilan untuk anak – anak terbilang susah, terlebih jika usianya masih satu tahun. Sebab kita juga harus menyesuakan cemilan yang diberikan ke pada si anak dengan gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Berikut ini beberapa macam cemilan sehat yang bisa Anda buat sendiri dirumah dan di berikan pada si kecil ;

Biasanya keju sering digunakan untuk bahan kue dan masakan lainnya, namun kini telah ada produk keju yang bisa langsung dikonsumsi. Keju sendiri bisa menjadi cemilan sehat untuk anak, sebab kaya akan protein dan vitamin. Dengan rasa yang cukup menarik, pastinya anak – anak akan menyukainya.

Selain keju, anda juga bisa memberikan cemilan berupa yogurt pada anak anda. Yogut sendiri merupakan hasil permentasi dari susu, dimana minuman yang satu ini banyak sekali mengandung kalsium yang baik pertumbuhan tulang si anak.

Tidak sedikit anak yang menyukai roti, terlebih jika roti diberi tambahan selesai. Nah anda pun bisa memberikan roti yang berbahan dsar gandum pada anak anda, karena kaya akan karbohidrat yang baik untuk menambah tenaga si anak.  Jadi jangan khawatir memberikan cemilan untuk anak anda, yang penting cemilan yang dikonsumsinya sehat dan tidak mengandung bahan berbaya seperti pewarna makanan.

Cemilan Anak 1 Tahun Harus Mengandung Gizi Tinggi

Memang tidak ada habisnya jika berbicara tentang anak susah makan. Masalah perkembangannya, cara mencegahnya, cara penanganannya, sampai-sampai soal gizinya. Yang paling kita takutkan itu tentunya adalah yang terakhir. Jika anak susah makan, maka asupan gizinya juga berkurang, dan Gizi itu adalah segalanya bagi anak-anak, bahkan juga dari orang dewasa.

Ketika kebutuhan gizi harian tak terpenuhi, maka mereka bisa terkena banyak resiko kesehatan dan juga dalam perkembangannya, seperti  mengalami obesitas, serangan jantung, stroke, kanker, dan penyakit lainnya.  Ada beberapa masalah yang bisa membuat anak mengalami masalah gizi. Berikut diantaranya:

  • Penolakan terhadap makan, sulit makan, hanya sedikit makanan yang dimakan atau pilih-pilh makanan
  • Kebiasaan makan camilan di antara waktu makan utama dapat mengurangi nafsu makan pada waktu makan
  • Tingginya konsumsi jus buah atau minuman ringan
  • Tingginya konsumsi camilan/kudapan- kue, biskuit, keripik, kudapan manis dan permen

Orang tua harus memberi contoh dengan mengajak makan bersama keluarga. Memperkenalkan cemilan anak 1 tahun secara bertahap, terus mencoba makanan yang baru dan tetap tenang bila anak menolak makan. Tawarkan makanan di lain waktu.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY