Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat – Kesehatan Ibu Hamil

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat – Kesehatan Ibu Hamil

33
0


Sebagai seorang ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, biasanya merasa khawatir, dan kesulitan dalam bagaiman cara menidurkan Bayi. Menidurkan bayi gampang-gampang susah, terutama bagi ibu muda yang baru memiliki bayi. Masa tidur pada bayi pun pada umumnya juga berbeda-beda tergantung umur dan aktivitas bayi itu sendiri. Untuk bayi yang baru di lahirkan atau baru berusia 0-12 bulan, biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan tidur, terlebih ketika mereka selesai minum susu atau ASI.

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat - Kesehatan Ibu Hamil

Akan tetapi seiring waktu berjalan, usia bayi terus bertambah dan tingkat aktivitas dari bayi itu pun juga akan semangkin bertambah dan hal itu membuat bayi tidak mudah untuk ditidurkan, perlu beberapa cara menidurkan bayi yang baik untuk bayi itu sendiri. Menidurkan bayi pun juga di lakukan untuk memenuhi waktu tidur bayi itu sendiri, karena bayi yang mengalami kurang tidur tidak baik untuk kesehatan bayi itu sendiri.

Bagaimana Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Efektif?

Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan dirumah untuk menidurkan bayi tanpa di gendong. Cara menidurkan bayi tanpa digendong terbilang sangat efektif bagi sang Ibu, sebab hal ini bisa membuat ibu lebih mudah untuk melakukan segala aktivitas termasuk aktivitas di rumah. berikut beberapa cara mudah yang bisa ibu lakukan untuk menidurkan bayi di rumah.

  1. Cobalah Untuk Tidak Menatap Mata si Kecil

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat - Kesehatan Ibu Hamil

Maksudnya disini, cobalah untuk tidak melakukan kontak mata dengan si kecil, karena kontak mata sendiri merupakan cara komunikasi yang bisa dilakukan kepada bayi, dan mereka akan menangkap kontak mata tersebut dengan cepat, maka dari itu kosentrasi mereka akan terbagi, dan tidak mudah untuk merasa ngantuk, sehingga membuat mereka sulit tidur. Oleh sebab itu jika bunda ingin menidurkan si kecil lebih cepat usahakan untuk tidak melakukan kontak mata dengan si kecil.

  1. Mandikan si Kecil Sebelum Menidurkan Bayi

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat - Kesehatan Ibu Hamil

Sebelum menidurkan si kecil, cobalah untuk memandikannya terlebih dahulu, atau sekedar membersihkan tubuh mungilnya dengan kain basah, hal ini di lakukan untuk memberikan rasa sejuk kepada tubuh si kecil, agar mereka merasa nyaman dan tidak kepanasan. Setelah memandikan bayi, cobalah untuk menidurkannya perlahan tanpa harus menggendong si kecil, sebab bila si bayi sudah dimandikan lalu di gendong lagi, bisa membuat bayi itu kontor lagi karena keringat kita yang menempel pada tubuh si kecil.

  1. Tidurlah Bersama si Kecil

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat - Kesehatan Ibu Hamil

Cara menidukan bayi tanpa digendong selanjutnya ialah dengan ikut tidur bersama si kecil, karena bila bayi yang tidur bersama ibunya dapat membuat tidur yang di lakukan oleh si kecil memiliki kualitas yang lebih baik. Dengan melihat ibunya yang tidur bersamanya dapat membuat si kecil merasa lebih nyaman dan tenang, karena tidak cemas dengan keberadaan ibu yang jauh dari matanya , apabila si kecil masih masih menyusu atau ASI, cobalah untuk menidurkan bayi dengan menyusuinya dan ikut tiduran bersamanya, akan tetapi untuk tidur dengan bayi seperti ini tidak boleh sering dilakukan, sebab nanti bayi akan merasa terbiasa sehingga sulit untuk di tinggalkan. Terlebih jika anda adalah seorang ibu sekaligus wanita karir.

  1. Berikan ASI

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat - Kesehatan Ibu Hamil

ASI atau Susu merupakan makanan utama dari si kecil, bila perut si kecil sudah terasa kenyang, rasa ngantuk pasti akan datang , dan itu bisa membuat ibu lebih mudah untuk menidurkan bayi tersebut, bahkan jika bayi anda sudah bisa menyusu sendiri atau memegang botol susu dengan sendiri, anda bisa memberikan botol susu tersebut sebelum bayi tidur, atau sambul ia tiduran, sehingga ia akan merasa tenang, dan bisa bayi anda mengkonsumsi ASI anda bisa melakukan cara itu dengan memilih ASI perah.

  1. Buatlah Dekorasi yang Nyaman di Kamar Bayi

Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat - Kesehatan Ibu Hamil

Untuk membuat bayi lebih cepat tidur, cobalah untuk menciptakan suasanya yang nyaman di kamar bayi anda, tentunya  dengan suhu yang tidak terlalu panas, agar bayi mudah untuk merasa ngantuk, karena ruangan kamar yang pengap dan panas pasti akan mengganggu bayi anda dan membuat mereka tidak nyaman untuk istirahat, cara ini hanya boleh dilakukan untuk bayi berusia 6bulan ke atas.

  1. Tenangkan Bayi

Cara menidurkan bayi selanjutnya juga dengan menenangkan bayi , karena bayi yang tenang bisa merasakan ngantuk lebih cepat , dan menangkan bayi bisa dengan mengatur posisi tidur yang baik untuk bayi dan  juga bisa dengan memberikan music tenang kepada bayi seperti misalnya dengan mendengarkan music klasik pada bayi , music klasik memiliki tempo yang tenang sehinga bisa membuat bayi merasa tenang , dan music klasik sendiri baik  untuk didengarkan kepada bayi , untuk meransang otak mereka , dan mencerdasakan otak mereka .

  1. Menepuk Pantat Bayi

Cobalah untuk menirdurkan bayi sambal menepuk pantatnya secara perlahan , hal ini bisa membuat bayi merasa seperti dipijak , disarankan juga bagi anda agar melantunkan lagu tenang seperti lagu “Nina Bobo” sambal menepuk pantai si kecil dengan pelan sampai ia tertidur .

  1. Berikanlah Pijatan Lembut Bayi Sebelum Menidurkannya

Sama halnya seperti menepuk pantat bayi, memijaknya sebelum tidur juga bisa membuat bayi merasa nyaman teang, bahkan memijak bayi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh bayi tersebut, terlebih bayi sangat aktif beraktivitas sehingga bisa saja membuat ia merasa lelah, maka dari itu pijatan bayi sendiri bisa dilakukan untuk merilekskan otot-otot yang ada di tubuh bayi, anda bisa melihat bagaimana cara- cara untuk memijak bayi dengan mudah dan bisa di lakukan dirumah, memijat bayi sendiri bisa dengan menggunakan krim bayi ataupun minyak yang biasa digunakan untuk keperluan bayi.

  1. Pakaian Bayi

Memberikan rasa nyaman pada bayi juga bisa melalui pakaian bayi itu sendiri, cobalah untuk memberikan pakaian yang lembut untuk kulit bayi dan dari bahan yang nyaman seperti bahan serat misalnya, kenakanlah pakaian bayi yang tidak menyerap panas, atau pakaian dengan bahan yang dingin, sehingga memberikan rasa sejuk ketika bayi itu menggenakannya. Pakaian yang nyaman untuk bayi sendiri bisa membuat bayi merasa tenang dan relax.

Pakaian berbahan katun bisa anda pilih untuk menjadi piama bagi bayi anda. Kenakanlah pakaian yang bisa membuat bayi nyaman untuk bergerak, jangan kenakan pakaian yang ketat pada bayi, sebab bisa membuat ia susah bergerak, dan akan terasa sesak, sehingga membuat ia tidak nyaman dan tidak bisa tidur.

The post Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah dan Cepat appeared first on Kesehatan Ibu Hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY