Cara Membedakan Tanda Kehamilan Dengan Tanda Menstruasi

Cara Membedakan Tanda Kehamilan Dengan Tanda Menstruasi

52
0

Cara Membedakan Tanda Kehamilan Dengan Tanda MenstruasiTerkadang seorang wanita tidak bisa membedakan antara tanda atau tanda menstruasi, karena tanda-tanda keduanya memiliki kemiripan. Biasanya seorang wanita yang mengalami tanda-tanda akan langsung terasa senang, padahal belum tentu tanda-tanda yang dirasakan tersebut adalah tanda akan hamil.
Dengan begitu maka seorang wanita perlu memahami tanda kehamilan yang pasti agar tak kecewa nantinya. Tanda awal kehamilan biasanya sama persis dengan tanda menstruasi, namun tentunya memiliki perbedaan yang signifikan dan ini mungkin jarang diketahui dan disadari oleh wanita.
Sebenarnya, cara membedakan tanda kehamilan dengan tanda menstruasi bisa dikatakan sebagai hal yang mudah, namun hal ini harus diperhatikan dengan benar. Karena keduanya memiliki pertanda yang sama, sehingga orang akan salah dalam menafsirkan.
jika wanita mengira sedang merasakan tanda kehamilan namun ternyata merupakan tanda mensturasi tentunya akan merasa kecewa, dan sebaliknya jika wanita mengira sedang merasakan tanda menstruasi namun ternyata adalah tanda kehamilan, bisa jadi pola makan yang dilakukan akan sembarang, dan tentunya ini akan membahayakan janin , sehingga pertumbuhan janin nantinya akan terganggu.
Untuk itu, berikut ini cara membedakan tanda kehamilan dengan tanda menstruasi:
1. Perubahan pada payudara disertai rasa nyeri
Pada tanda menstruasi, biasanya payudara akan sedikit membesar dan terasa nyeri. Namun hal ini hanya berlangsung pada hari pertama atau kedua sebelum menstruasi. Dan akan hilang setelah menstruasi hari ke-2.
2. Pada tanda kehamilan, payudara akan membesar dan lunak bila disentuh. Kedua payudara juga akan terasa berat dan padat. Namun perbedaannya adalah rasa nyeri dan sensitif ini akan berlangsung hingga lama, yaitu akan terasa hingga kehamilan minggu ke-3 sampai ke-4. Dan pada beberapa wanita, rasa nyeri ini akan berlangsung selama proses kehamilan.
Munculnya bercak darah atau flek
3. Tanda awal kehamilan biasanya seorang wanita akan mengalami pendarahan atau flek. Hal ini disebabkan karena perpindahan sel telur yang telah dibuahi pada ovarium ke dinding rahim. Namun pendarahan atau flek ini hanya berupa bercak merah dengan jumlah sedikit dan berlangsung sebentar.
Sedangkan pada tanda menstruasi yaitu munculnya darah yang terjadi karena sel terlur dalam ovarium tidak dibuahi. Yang menjadi perbedaan pada tanda kehamilan dengan tanda menstruasi yaitu jika darah yang keluar dengan jumlah yang banyak dan berhari-hari maka ini bukan kehamilan namun menstruasi.
4. Nyeri punggung
Seorang wanita yang akan mengalami haid biasanya merasakan nyeri punggung, hal ini juga dirasakan pada wanita yang mengalami tanda kehamilan. Dan perbedaan dari keduanya yaitu pada tanda menstruasi nyeri punggung biasnya dirasakan pada 2 hari sebelum menstruasi dan akan berhenti pada hari ke dua menstruasi.
Sedangkan tanda kehamilan rasa nyeri punggung akan berlangsung hingga lama yaitu selama masa kehamilan. Namun pada beberapa wanita, rasa nyeri ini akan hilang pada minggu ke-4 dan muncul kembali pada usia kandungan 5 bulan.
5. Kram pada perut
Tanda kehamilan dan tanda menstruasi yang sama adalah kram pada perut. Peredaannya adalah pada tanda menstruasi, kram perut hanya dirasakan selama 2 hari saja, namun pada tanda kehamilan akan dirasakan selama 1 sampai 2 minggu.
Cara membedakan tanda kehamilan dengan tanda menstruasi sebenarnya merupakan hal yang mudah, namun karena tak disadari terkadang membuat wanita salah mengartikannya. Dengan penjelasan cara membedakan tanda kehamilan dengan tanda menstruasi diatas tentunya akan mudah dalam anda membedakannya, yang akan membuat anda tak kecewa dan waspada nantinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY