Bunda, Ajarkan si Kecil Tentang Uang Sejak Dini

Bunda, Ajarkan si Kecil Tentang Uang Sejak Dini

401
0

Bunda, Ajarkan si Kecil Tentang Uang Sejak DiniHalo bunda, kini saya akan berbagi obrolan dengan suami tentang mendidik anak yang berkaitan dengan keuangan. Obrolan kami bermula saat suami menyiapkan uang jajan buat si kakak, uang jajan itu memang diberikan setiap hari dan jatah untuk satu hari. Namun sayangnya terkadang si kakak suka minta jatah tambahan. Meskipun tidak setiap hari karena kami selalu mencoba menanamkan agar kami sekeluarga belanja sesuai kebutuhan serta sejak dini kami ajarkan kepada buah hati kami agar jika ingin uang tambahan maka bisa jadi akan ada konsekuensi yang didapatnya.

Baiklah, ini dia trik mendidik tentang uang yang dapat kita lakukan.

Ajarkan sistem meminjam

Jika ananda sudah bisa dalam menulis dan menghitung maka ini akan sangat efektif. Sekalian bisa mengajarkan kepada buah hati tentang aliran uang pribadinya. Jangan takut untuk meminjamkan anak Anda jika ingin membeli sesuatu seperti tiket konser, tentu ini berlaku buat anak kita yang cukup besar. Jangan lupa tentukan pola pembayarannya dan pastikan ia membayar sesuai dengan tanggal kesepakatan. Kenakan denda jika ia terlambat. Cara ini akan mengajarkan anak konsep meminjam dan kredit. Dengan begitu ia faham benar dengan kewajiban membayar tagihan tepat waktu dan konsukuensi jika tidak membayar.

Menjual barang bekas
Sesekali mintalah kepada anak-anak untuk membersihkan kamar mereka dan mengumpulkan semua pakaian yang sudah kekecilan, mainan yang tidak diinginkan dan alat elektronik yang tak terpakai. Koran bekas juga boleh. Kemudian bawa mereka ke pembeli barang-barang bekas. Dari kegiatan ini kita dapat memberikan pelajaran tentang berusaha mendapatkan uang, atau sesekali ajaklah anak-anak berkreas lalu hasilnya bisa kita coba jual, tentu menjual disini bukan yang wah ya.. misalnya kita bisa coba bekerjasama dengan saudara atau kerabat.

Your Ads

Menabung buat beli barang

Terkadang uah hati kita menginginkan mainan atau barang yang mahal, tentu kita sebagai orang tua tidak langsung mengiyakan. Jika setelah dengan pertimbangan kita membolehkannya untuk membelinya katakan padanya buat menabung uang jajannya, poinnya atau uang ekstra yang dia dapat dari mencuci mobil tiap minggu dengan mainan yang ia inginkan.

Namun bunda ini yang menurut kami sangat penting dalam mendidik tentang uang kepada buah hati kita.

Terapkan sistem reward bukan uang

Anak-anak yang lebih kecil biasanya akan lebih tertarik dengan sistem token atau poin ketimbang uang. Anda bisa menerapkan pendidikan uang seperti sedang bermain game. Caranya beri ia token atau catat poin untuk setiap pekerjaan di sekitar rumah.Di akhir minggu mereka bisa menguangkan poinnya atau menukarnya dengan hadiah. Misalnya waktu ekstra satu jam buat bermain video games, komputer atau bahkan main video games di arcade centre seperti Time Zone. cek Pinterest untuk ide-ide grafik tugas. Untuk anak-anak tech savvy, download aplikasi tugas manajemen di mana Anda dapat menetapkan tugas-tugas dan melacak kemajuan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY