Buah Eksotis Bahan Resep MPASI

Buah Eksotis Bahan Resep MPASI

18
0

Buah Eksotis Bahan Resep MPASIwww.awalsehat.nestle.co.id
Resep mpasi sepertinya hanya begitu-begitu saja. Pokoknya hidangan tergolong empuk dan bikin kenyang sudah cukup. Padahal bukan berarti penggunaan cara pengolahan atau bahan yang berbeda dengan kebanyakan adalah hal buruk. Sebelum melangkah pada solusi, mari kenali dulu apa itu mpasi. Apabila dijabarkan mpasi berarti makanan pendamping air susu bunda, kata pendamping menjadi kuncinya.
Your Ads

Orang dewasa seolah sangat terbiasa makan makanan padat seperti nasi campur ayam goreng dan sejenisnya. Perjalanan makanan padat sebenarnya dimulai dari tahap makanan pendamping. Bayi tidak semerta – merta menginginkan makanan padat. Kalau seandainya bayi boleh memilih air susu ibu atau susu formula sudah cukup memenuhi kebutuhan pangannya, padahal tidak demikian. Semakin beranjak dewasa, manusia akan membutuhkan nutrisi yang tidak bisa dipenuhi seluruhnya oleh susu formula saja. 

Seringkali pemilihan bahan makan pendamping cukup membosankan dan sangat tidak menarik. Hanya karena resep turun temurun adalah bubur tim, bukan berarti perubahan dilarang. Misalkan saja menggunakan buah eksotis sebagai bubur, tentu jauh lebih menarik dibanding hanya nasi biasa dicampur dengan nasi.

Hidangan dapat dikatakan bubur bila tekstur mudah dimakan alias cukup encer. Buah padat seperti mangga dan cheri sekalipun, bisa dirubah menjadi bubur dengan teknik penghancuran yang tepat. Tidak hanya unik, namun keduanya mampu tarik selera si kecil dan porsi keduanya pas tak mengganggu ruang untuk air susu ibu. 

Berhubung mangga dan cheri sudah disebut, mari pelajari keduanya. 

Mangga 

Aroma eksotis mangga saja sudah bikin nafsu makan meningkat, bagaimana bila mangga menyentuh indra perasa? hmm.. tidak perlu ditanya lagi.

Ya, mangga sangat populer di berbagai negara karena varian rasa mangga dan aromanya yang mengundang selera. Mulai dari mangga asam sampai mangga manis, semua laku dibeli oleh konsumen. Memang, beredar kabar bahwa mangga termasuk makanan yang kemungkinan besar memicu alergi, padahal sebenarnya bukan daging mangga yang memicu alergi, melainkan kulit mangga atau getah mangga. Keduanya membuat bayi gatal dan orang tua harus berhati hati dalam penyajian mangga untuk buah hati. 

Terlepas dari kabar alergi tersebut, mangga mengandung banyak vitamin yang menunggu diberikan pada bayi.  Beberapa diantaranya adalah vitamin E, K, B6, serat, beta karotin, dan C. Seperti yang kita tahu vitamin C sendiri sudah mampu menjaga kekebalan tubuh termasuk pula membuat kulit menjadi cantik nan cerah. Apalagi, vitamin E sangat terkenal dalam bidang perlawanan terhadap radikal bebas. Siapa yang tidak mau bayi anda tumbuh memiliki kulit cerah kebal radikal bebas?

Terlepas dari faktor vitamin, ada satu lagi fungsi yang membuat mangga patut dihidangkan untuk bayi. Mangga bisa membantu tubuh bayi menyerap zat besi lebih banyak. Jika anda memang berusaha meningkatkan kadar zat besi dengan memberikan daging atau semacamnya untuk bayi, ada baiknya anda menghidangkan mangga pula untuk si kecil. Dengan adanya mangga sebagai bahan pendamping bubur bayi 6 bulan, maka semakin mempermudah bayi menyerap zat besi di dalam bubur.

Ceri

Mungil merah nan manis adalah 3 kata yang cukup menggambarkan buah cheri. Mungkin karena buah cheri terlihat ‘lucu’ maka cheri sering menjadi hiasan kudapan maupun kue sampai dengan pemanis sesi foto. Ternyata dibalik itu, buah cheri mengandung manfaat yang cukup baik jika diperkenalkan pada bayi berusia 6 bulan bahkan beragam resep bahan bubur bayi 6 bulan memanfaatkan buah cheri, lho! 

Keuntungan membeli cheri tidak hanya terletak pada rasa buah itu sendiri. meski buah cheri cukup sulit ditemukan karena tergolong buah musiman, cheri bisa dibekukan tanpa merusak tekstur buah cheri itu sendiri. Bila minat, konsumen  bisa membeli banyak cheri dan memasukkan ke dalam pendingin untuk persediaan bahan makanan kedepan, baik untuk bayi anda maupun keluarga.

Manfaat cheri bisa dirasakan oleh bayi maupun orang dewasa sekalipun. Salah satu penyelesaian masalah spesialis cheri adalah jika sering mengalami sulit tidur. Kesulitan tidur memang masalah yang kelihatannya sepele namun berdampak besar jika dibiarkan begitu saja, pada bayi tentu menganggu pertumbuhan si kecil mengingat bayi membutuhkan banyak tenaga untuk membuat proses ‘pembangunan’ tubuh berjalan lancar. 

Untung saja, penelitian membuktikan  cheri memiliki efek menenangkan sehingga membuat tubuh lebih rileks sehingga gampang untuk beristirahat. Jadwal tidur dan bangun pun menjadi lebih teratur dengan sering memakan buah cheri. 

Manfaat terbesar kedua adalah anti oksidan. Cheri masih termasuk dalam keluarga beri berian, dan keluarga beri terkenal dengan anti oksidan, suatu senyawa yang membantu kekebalan tubuh bahkan dari kanker sekalipun. Apalagi di jaman serba polusi ini, kuman bakteri atau radikal bebas tak kesulitan menyerang tubuh. 

Enak dan bermanfaat siapa yang tidak mau buah cheri diperkenalkan sejak dini? Meskipun begitu, ada baiknya bila anda berbicara pada dokter kepercayaan anda terlebih dahulu mengenai keputusan anda memperkenalkan buah cheri. Pada beberapa kasus, bayi mendapat diare saat pertama kali memakan cheri, terutama cheri mentah atau tidak diolah menjadi masakan apapun. Memang tidak semua bayi, hanya demi keamanan dan kenyamanan bayi dan anda juga.

Cheri dan mangga punya berjuta potensi di dunia Kuliner. Terlebih dengan teknologi, ide, kreativitas dan ilmu pengetahuan jaman sekarang. Bisa dibilang, dalam konteks resep mpasi sekalipun, keduanya sangat mungkin berkembang, begitu pula dengan buah eksotis lain.(HN)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY