Berbagai Jenis Perawatan Pasca Melahirkan

Berbagai Jenis Perawatan Pasca Melahirkan

23
0

Your Ads


Perawatan pasca melahirkan sudah sepatutnya dilakukan agar kesehatan dan kecantikan tubuh bunda tetap terjaga. Perawatan ini dapat dilakukan di rumah atau tempat khusus yang menyediakan layanan perawatan khusus untuk wanita yang baru melahirkan. Tempat-tempat yang umumnya menyediakan berbagai jenis perawatan pasca persalinan dengan lengkap antara lain salon dan pusat-pusat spa. Bunda pastinya tahu bahwa pasca melahirkan, rasa nyeri kerap masih dirasakan, khususnya rasa nyeri pada perut. Apalagi selama masa menyusui di mana produksi hormon oxytocin di dalam tubuh akan meningkat. Peningkatan produksi hormon oxytocin ini ternyata dapat memicu rasa nyeri di area perut. Umumnya kontraksi yang berupa rasa nyeri ini akan terus dirasakan sekitar 5 hingga 7 hari pasca melahirkan. Setelah itu, perut akan mengempis demi sedikit sebagai akibat kembali normalnya ukuran rahim.

Perawatan pasca persalinan tahap awal

Perawatan khusus wanita yang baru melahirkan terbagi atas dua jenis perawatan, yaitu perawatan tahap awal dan perawatan lanjutan. Perawatan ini juga tentunya akan berbeda sesuai dengan metode persalinan yang telah dijalani. Metode persalinan sendiri ada beberapa jenisnya. Sebut saja persalinan secara normal, persalinan caesar, dan persalinan dengan metode waterbirth. Namun hanya persalinan normal dan caesar saja yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Berbagai Jenis Perawatan Pasca MelahirkanPerawatan pasca melahirkan secara normal tentunya akan jauh lebih intensif guna memulihkan Miss V agar tak lagi mengalami pendarahan dan infeksi. Berbeda dengan perawatan pasca melahirkan secara caeasar yang hanya fokus pada bekas pembedahan saja. Untuk perawatan awal khusus untuk Miss V pasca melahirkan sebenarnya sangat sederhana.  Anda hanya perlu membersihkan Miss V  Anda dengan air hangat secara rutin. Bersihkan 2 hingga 3 kali setiap hari. Perawatan sederhana dan mudah ini sangat efektif untuk mengurangi rasa perih pada Miss V Anda. Kemudian perawatan dilanjutkan dengan rutin mandi air hangat dengan cara merendam tubuh dengan posisi duduk. Perawatan seperti ini sebaiknya dilakukan beberapa hari hingga beberapa minggu pasca bersalin. Air hangat terbukti dapat membuat otot-otot tubuh Anda rileks setelah seharian Anda merawat bayi Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap guna memulihkan kembali tenaga dan kesehatan Anda yang setiap harinya harus merawat bayi Anda.

Perawatan lanjutan pasca melahirkan

Setelah Anda memastikan bahwa Anda telah menjalankan perawatan tahap awal setelah melahirkan, lanjutkan dengan perawatan seperti pemijatan, pemakaian lulur, mandi rempah, pemakaian gurita atau tapel pada perut, pemakaian pilis dan parem pada kaki dan dahi, dan ratus spa.

Jenis perawatan pasca melahirkan

Berdasarkan jenisnya, perawatan setelah melahirkan terbagi menjadi dua jenis, yaitu perawatan secara tradisional dan perawatan bedah estetika. Perawatan secara tradisional masih menjadi terfavorit karena selain aman dan efektif, perawatan secara tradisional juga terkenal murah. Banyak wanita Indonesia yang lebih memilih perawatan secara tradisional karena terbukti ampuh dalam mengembalikan bentuk tubuh dan berat badan ideal mereka. Berbagai resep perawatan secara tradisional ini telah dilalukan secara turun menurun dari generasi ke generasi. Terbukti banyak wanita Indonesia yang tubuhnya kembali langsing hanya dengan menjalankan perawatan tradisional pasca melahirkan. Coba bandingkan dengan mereka yang tidak mengaplikasikan perawatan secara tradisional usai melahirkan. Sebagian besar dari mereka menderita obesitas . Keunggulan lainnya dari perawatan tradisional yaitu tidak adanya efek samping, baik bagi kesehatan ibu dan bayinya. Berbeda nanti hasilnya dengan para ibu yang lebih memilih cara instan untuk kembali langsing dengan mengkonsumsi obat pelangsing atau liposuction alias operasi sedot lemak.

Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan

Penasaran perawatan apa saja yang termasuk dalam jenis perawatan tradisional? Berikut informasi singkatnya.

  • Dengan mengkonsumsi jamu
    Anda tentu tak asing dengan jamu. Terlebih lagi jamu khusus untuk wanita yang baru melahirkan. Terdapat jamu-jamu khusus yang terbuat dari racikan bahan-bahan alami yang sangat bermanfaat bagi wanita yang tak lama menjalani proses persalinan. Jamu-jamu ini dapat mengatasi masalah selulit, mengembalikan stamina, dan mengencangkan kulit khususnya kulit di bagian perut yang terlihat mengendur pasca melahirkan. Berkat kemajuan teknologi, jamu-jamu tradisional dikemas dalam bentuk kapsul agar lebih mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Anda tak perlu cemas soal keamanan jamu yang terbungkus kapsul ini. Isi kapsul tetap berupa racikan bahan-bahan alami, hanya saja dibungkus di dalam kapsul yang terbuat dari bahan alami juga (kapsul berbahan dasar rumput laut).
  • Perawatan tubuh dengan megoleskan lulur tradisional
    Lengkapi perawatan Anda dengan mengoleskan lulur ke seluruh tubuh Anda. Bahan lulur yang sangat direkomendasikan  bagi Anda yang baru melahirkan yaitu tanaman lidah buaya dan bengkoang. Bahan-bahan ini boleh dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti kapur dan minyak putih. Manfaat dari bahan-bahan alami di atas yaitu dapat mengencangkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Tak hanya itu, bahan-bahan di atas juga dapat digunakan untuk menyamarkan stretch marks pada bagian paha dan perut.
  • Mengenakan gurita atau stagen
    Stagen atau gurita adalah kain panjang yang berfungsi seperti sabuk. Stagen atau gurita dipakai pada perut dan pinggang guna membentuk tubuh perut agar kembali mengempes dan langsing. Wanita yang tak lama melahirkan pasti mengeluh akan perutnya yang besar dan kendur meski bayi sudah keluar dari rahim. Hal ini disebabkan oleh karena otot-otot perut  mengendur akibat tekanan oleh ukuran bayi yang terus membesar saat masa . Pemakaian gurita atau stagen memang cukup merepotkan dan terkadang menimbulkan rasa  kurang nyaman selama memakainya. Namun untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan memang diperlukan pengorbanan.
  • Mandi uap
    Mandi uap juga menjadi alternatif perawatan setelah melahirkan. Dengan mandi uap, tubuh akan kembali fit dan pikiran pun akan rileks. Anda boleh menambahkan aromaterapi pada rendaman Anda seperti minyak zaitun,  minyak rosemary, dan arometerapi lainnya. Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan stretch marks pada bagian perut dan paha. Sembari mandi uap, sebaiknya lakukan pijatan di area-area tertentu seperti paha, tumit, dan perut.
  • Pemijatan dan totok pembuluh darah
    Berbagai Jenis Perawatan Pasca MelahirkanPemijatan adalah rangkaian perawatan tradisional yang paling disarankan setelah jamu-jamuan dan lulur. Pijat yang satu ini bukan sembarang pijat, melainkan pijatan yang dilakukan oleh pemijat profesional yang benar-benar ahli dalam memijat wanita yang baru melahirkan. Dengan pijatan-pijatan khusus, tubuh dan pikiran akan kembali segar dan bentuk tubuh pun akan kembali ideal. Stamina juga akan terdongkrak karena aliran darah di dalam  tubuh menjadi lancar.
  • Olaharaga ringan namun rutin dan perbanyak konsumsi serat dan air putuh
    Berbagai Jenis Perawatan Pasca MelahirkanOlahraga dan menjaga pola makan yang sehat adalah rahasia tubuh sehat dan bugar, tak terkecuali bagi Anda yang baru melahirkan. Tubuh  Anda memerlukan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang guna mensuplai ASI yang tak lain adalah makanan pokok bayi Anda. Dengan demikian, tubuh Anda sehat dan berbentuk ideal serta Anda pun tetap dapat memberikan nutrisi terbaik untuk bayi Anda.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY