Berbagai Cara Meningkatkan Sistem Imun Menurut Ahli Medis

Berbagai Cara Meningkatkan Sistem Imun Menurut Ahli Medis

10
0

Your Ads


Berbagai Cara Meningkatkan Sistem Imun Menurut Ahli Mediswww.ibudanbalita.com

Kebanyakan orang tua tahu kalau meningkatkan sistem imun anak itu dilakukan dengan cara memberikan booster. Ini bisa berupa sirup, makanan, atau apa saja. Yang terpenting, kandungan yang terdapat di dalam booster tersebut merupakan nutrisi yang secara langsung bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Contohnya saja vitamin C dan E yang paling sering dikatakan sebagai nutrisi untuk boosting kekebalan tubuh. Lihat saja banyak produk yang terbuat dari vitamin C dan E dalam jumlah yang banyak di mana fungsinya agar tubuh tidak mudah sakit.

Namun, ada hal lain yang tidak dipahami oleh banyak orang, terutama mereka yang awam dalam hal ilmu kesehatan. Ada baiknya sejenak ibu baca penjelasan ahli medis berikut ini mengenai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Sistem Imun Tubuh Dan Sistem Pencernaan

Apakah ibu percaya jika ada kaitan antara peningkatan kekebalan tubuh anak dengan sistem pencernaan? Terdengar tidak ada hubungannya, bukan?

Keduanya seperti tidak ada kaitannya sama sekali. Sistem pencernaan itu hanya berfungsi mencerna makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Sementara itu, sistem imun itu untuk menjaga serangan dari bakteri atau virus yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Namun, apakah ibu tahu jika sistem pencernaan juga memiliki peran mensortir apa saja yang baik dan tidak baik untuk diserap oleh tubuh? Ternyata, sistem pencernaan juga berfungsi sebagai filter lho. Contohya saja motor yang ada filiternya. Filter ini yang mencegah adanya kotoran yang akan masuk ke dalam mesin. Dengan demikian kotoran bisa dieliminasi dan akhirnya tidak merusak mesin. Begitu juga sistem pencernaan tubuh. Ada yang disebut dengan jaringan mukosa.

Agar ibu semakin paham apa itu jaringan mukosa, ada penjelasan yang langsung diberikan oleh pakar kesehatan, Prof. Soebijanto Marto Sudarmo. Beliau spesialisasinya di bidang gastroeterologi. Beliau mengatakan jaringan mukosa ini sangat luas yang bertugas untuk menyerap semua yang masuk ke dalam tubuh. Namun, pada saat yang sama, jaringan ini juga menahan apa saja yang dianggap berbahaya untuk tubuh seperti mikroorganisme berupa bakteri dan virus.

Dalam hal ini, ibu bisa bayangkan bagaimana jadinya jika mukosa tidak bekerja dengan baik. Yang terjadi adalah banyaknya zat yang justru membahayakan bagi organ tubuh, tak terkecuali bagi sistem imun tubuh. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama jaringan mukosa agar sistem kekebalan tubuh hanya mendapatkan zat yang dibutuhkan untuk terus memperkuat diri.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan untuk memastikan sistem pencernaan baik? Hal ini sudah dijelaskan di www.friso.co.id tentang bagaimana sistem pencernaan tubuh bagus sehingga berpengaruh terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh anak.

Makanan Yang Bagus Untuk Mengkuatkan Kekebalan Anak

Memberikan minuman yang berperan sebagai booster memang cara yang tepat. Namun, itu bukan satu-satunya cara yang bisa ibu lakukan. Bahkan, salah jika hanya mengandalkan cara tersebut.

Sebenarnya, alam ini sudah memberikan yang terbaik. Ada banyak bahan makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Coba ibu lihat apa saja makanan yang dimasak menggunakan bawang putih? Hampir semua makanan di masak menggunakan bahan yang satu ini, bukan? Dan ini sangat tepat ketika ibu berusaha untuk meningkatkan immune system sang buah hati.

Makanya, ibu bisa buatkan sup sayur bayam panas terutama ketika musim hujan tiba. Sup ini bisa menghangatkan tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Tentu bukan hanya sup bayam saja. Ada berbagai aneka masakan yang menggunakan bawang putih. Ibu bisa pilih sendiri mana yang paling disukai oleh si kecil.

Ibu sudah pernah membuatkan masakan yang terbuat dari jamur? Jika sudah, semoga anak suka dengan masakan yang satu ini. Selain enak, jamur juga bagus untuk sistem imun lho. Jamur berpengaruh terhadap meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih inilah yang sangat dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun tubuh anak.

Akan tetapi, ibu harus hati-hati. Pastikan ibu hanya memilih jamur yang baik. Selain itu, jamur yang ibu gunakan juga harus dicuci bersih dan dimasak benar-benar matang.

Terkadang anak bosan makan nasi terus menerus. Ada baiknya ibu coba berikan alternatif lain seperti membuat ubi jalar rebus. Ini sama seperti nasi yang juga mengenyangkan. Lebih dari itu, kandungan berupa vitamin A yang sangat tinggi di dalam ubi jalar ini membuat produksi jaringan konektif di dalam tubuh anak semakin cepat. Secara tidak langsung, jaringan ini pula yang membuat sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat.

Ibu sebaiknya memilihkan ubi jalar yang manis. Cukup dengan merebus saja, makanan ini mungkin akan menjadi salah satu makanan favorit sang buah hati.

Selain makanan, rasanya ibu juga perlu memberikan susu yang mengandung prebiotik. Susu Friso Gold 3 menjadi pilihan yang terbaik. Tentu bukan hanya prebiotik saja yang ada di dalam susu ini. Kandungan nutrisi di dalam susu yang satu ini sangat lengkap dan seimbang. Ini yang membuat tumbuh kembang anak semakin optimal. Akan tetapi, jika ditanya mana yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh, jawabannya tentu prebiotik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem pencernaan yang baik akan menguatkan sistem imun. Sementara itu, prebiotik lah yang sangat berperan dalam menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY