Apa Saja Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 11 Bulan

Apa Saja Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 11 Bulan

6
0

Your Ads


Apa Saja Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 11 Bulanblogmedia.web.id

Sudah bisa apa bayi Anda ketika memasuki perkembangan bayi 11 bulan? Saat bayi mulai memasuki usia 11 bulan, bayi akan cenderung memperlihatkan perkembangannya pada gerakan berdiri dan berjalan. Meskipun tidak semua bayi sama perkembangannya, namun pada umumnya, gerakan berdiri dan berjalan terjadi pada bayi dengan usia 11 bulan. Pertumbuhan kaki bayi akan lebih kuat dari bulan sebelumnya.

Pada usia ini bayi akan mulai berlatih untuk keluar dari dirinya sendiri dan mereka cenderung butuh teman untuk bermain dan belajar. Bayi akan mudah berbaur dengan bayi yang lainnya. Jadi, bayi usia ini sudah belajar tentang konsep berbagi. Apa arti dari konsep berbagi ini? Ketika bayi sedang bermain dengan mainannya sendiri dan ada bayi lain yang ingin memainkan mainan tersebut, bayi Anda akan menyerahkan mainan kepada bayi lainnya.

Namun memang tidak semua bayi demikian. Ada juga bayi yang tidak mau mainannya diambil atau dipinjam karena dia menganggap semua mainannya adalah miliknya. Nah, disinilah peran orang tua sangat penting untuk memberikan pengertian akan konsep berbagai kepada anaknya. Anda bisa berikan pemaaman bahwa bayi lain juga ingin ikut bermain.

Beberapa Tanda Perkembangan Bayi 11 Bulan

  • Bersosialisasi dan berbagi

Ketika bayi menginjak usia 11 bulan, akan ada tingkah lakunya yang mulai berinteraksi dengan sekitar. Biasanya bayi akan lebih aktif pada usia ini menanggapi reaksi-reaksi lingkungan sekitar. Bayi akan lebih tertarik berkomunikasi dengan lawannya. Selain lebih aktif dalam bersosialisasi, bayi Anda juga akan lebih memahami akan konsep berbagi. Bayi akan menyerahkan mainannya kepada bayi lain.

Namun jika bayi masih belum bisa memahami konsep berbagi sepenuhnya, tak perlu khawatir bukan berarti anak Anda pelit. Ketika ia mau untuk menyerahkan mainannya maka anak sudah belajar untuk berbagi. Sedangkan jika ia tidak mau menyerahkannya maka ia sedang berusaha menumbuhkan sikap mempertahankan hak miliknya.

Selain mulai bisa berinteraksi dan berbagi, bayi Anda juga mulai bisa mengetahui fungsi benda ketika berusia 11 bulan. Ia akan mudah tertarik meraih benda-benda di sekitarnya, namun ia sama sekali belum mengetahui apa fungsinya. Dengan bertambahnya usia, kini bayi mulai memahami bagaimana fungsi benda yang sering dilihatnya. Jadi, ia juga mulai berfikir mengenai fungsi benda dan mencoba menggunakan benda sesuai dengan fungsinya. Misalnya saja jika sebelumnya kaos kaki hanya digunakan untuk mainan saja, kini ia mulai belajar menggunakan sesuai fungsinya dengan berusaha memasukkan kakinya ke dalam kaus kaki.

Contoh lain adalah bahwa ia sudah mulai mengerti fungsi dari sendok. Jadi ketika sedang memegang sendok, ia akan cenderung memasukkannya ke dalam mulut. Hal-hal demikian adalah suatu gambaran tentang respon otak anak dan belajar menggunakan benda sesuai dengan fungsinya.

Jika pada usia 10 bulan bayi masih berdiri dengan berpegangan dengan tembok atau kursi, pada usia 11 bulan, bayi sudah mulai belajar berjalan. Ia akan mulai berjalan sendiri dengan melangkahkan kakinya sedikit demi sedikit. Karena belum sempurna dan kuat, maka biasanya masih sering jatuh atau masih belum seimbang ketika berjalan.

Bunda bisa melatih anak agar bisa cepat berjalan dengan membantunya ketika berjalan dengan cara memegang tangannya. Karena sering jatuh juga, biasanya bayi juga menjadi tidak mudah nangis dan bahkan segera berdiri ketika ia jatuh. Selain itu, untuk memperlancar berjalannya maka bunda juga bisa latih kakinya dengan berjalan tanpa alas kaki untuk memperkuat otot-otot kakinya.

  • Menyusun dan mengelompokkan

Hampir sama dengan yang disebutkan sebelumnya, pada usia bayi 11 bulan ia akan sangat tertarik melihat benda-benda yang beragam. Ia akan lebih suka menyusun dan mengelompokkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Hal ini adalah perkembangan motorik dan sensorik anak.

Anak akan belajar mengelompokan benda sesuai dengan warnanya, misalnya balok merah dengan segitiga merah, balok biru dengan segitiga biru dan lain sebagainya. Nah, pada saat ini juga tepat bagi Anda untuk mengajarkan anak mengenai warna dan bentuk. Mulai sekarang bunda bisa ajarkan warna anak dengan media permainan.

  • Mengucapkan kalimat pendek

Perkembangan lain yang terjadi pada usia 11 bulan adalah bayi Anda sudah mulai pintar mengucapkan kata dan kalimat-kalimat pendek. Kata yang diucapkannya itu juga berdasarkan kata yang sering didengarnya. Ia akan mengucapkan kata-kata seperti mama papa ketika ia lapar atau ketika mulai mengantuk.

Pada usia ini juga, bayi juga mulai mengerti perintah yang diucapkan oleh orang tua atau orang terdekatnya. Misalnya adalah kata “jangan” atau kata “tidak boleh”. Biasanya bayi akan menghentikan apa yang dilakukannya jika bunda mengatakan kata-kata tersebut.

Memantau Perkembangan Bayi 11 Bulan

Karena pada usia 11 bulan, bayi melakukan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, dari mulai belajar berbicara, berlatih berjalan hingga aktif dalam interaksi, maka disini sangat penting bagi orang tua untuk selalu memantau bagaimana perkembangan anaknya ketika berusia 11 bulan.

Bunda harus dampingi anak dalam menjalani aktivitasnya, karena pada usia ini juga anak sudah mulai belajar memperhatikan semua yang ada di sekitarnya. Akan lebih baik jika bunda menyaksikan dan mendampingi perkembangan bayi 11 bulan untuk memastikan bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan sebagaimana mestinya. Tak lupa juga konsultasikan kepada dokter anak jika ada keluhan mengenai perkembangan anak.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY