Agar Si Kecil Tidak Menolak Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Agar Si Kecil Tidak Menolak Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

5
0

Your Ads


Agar Si Kecil Tidak Menolak Makanan Sehat Untuk Bayi 6 BulanWhat to Expect when you are expecting

Seperti biasa, si kecil menolak makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Ini sangat sering terjadi ketika pertama kali ia mendapatkan MPASI atau menu pendamping ASI. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Tentu tidak perlu memaksa. Memaksa bayi agar mau makan justru akan membuatnya trauma yang akhirnya si kecil tidak mau lagi makan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Apakah Menu Makanan MPASI Sudah Tepat?

Ini pertanyaan yang harus ibu jawab pertama kali. Apa ibu sudah pastikan membuat menu MPASi yang tepat? Ada banyak sekali kriteria makanan yang sehat untuk bayi 6 bulan. Di antaranya kandungan gizinya harus lengkap dan seimbang, teksturnya lunak, dan lain sebagainya. Ibu bisa lihat bagaimana bubur bayi Nestle Cerelac yang merupakan menu makanan bayi yang tepat. Dari teksturnya, bubur tersebut lunak. Dari segi gizinya, tentu tidak perlu dipertanyakan lagi.

Lalu, bagaimana dengan menu yang ibu siapkan? Memang lebih baik jika ibu menyiapkan sendiri. Namun, untuk bayi yang baru pertama kali mendapatkan menu MPASI, sebaiknya  buatkan makanan yang berasal dari satu jenis bahan makanan saja. Ibu bisa buatkan bubur beras, buah atau sayuran yang dihaluskan. Sebaiknya hindari mencampurkan berbagai jenis makanan ke dalam satu. Ini bukan hanya sekedar tekstur makanan. Ini juga berkaitan dengan bagaimana sistem pencernaan bisa mencerna makanan tersebut. Semakin komplek kombinasinya, maka proses mencerna semakin sulit. Oleh sebab itu, gunakan satu jenis makanan dalu baru kemudian ketika bayi sudah terbiasa, ibu bisa buatkan menu MPASI yang terbuat dari berbagai jenis makanan.

Bagaimana Ibu Menyiapkan Menu MPASI?

Senang sekali jika bayi mau makan dengan lahap. Tapi tidak semua bayi bisa seperti itu. Ada proses di mana bayi memerlukan waktu untuk berkenalan dengan menu makanan.

Maka dari itu, cara penyajian yang paling tepat adalah dengan menyiapkan menu makanan dalam porsi yang sedikit. Asalkan ibu melakukan hal ini terus menerus, maka anak akan mulai terbiasa dan kenal dengan makanan tersebut. Selanjutnya, ia akan mulai makan dengan porsi yang semakin banyak.

Ini pun juga tergantung pada menu makanan sehat bayi 6 bulan yang ibu siapkan. Maka dari itu, ibu juga harus belajar banyak tentang resep menu MPASI yang tepat untuk bayi 6 bulan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Makan?

Waktu yang tepat adalah ketika ibu makan bersama keluarga. Jadi, bayi harus dibiasakan untuk makan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga.

Sayangnya, banyak orang tua yang memisahkan waktu makan bayi dengan waktu makan anggota keluarga yang lain. Alasannya agar bayi tidak mengganggu yang lain. Apalagi orang tua harus menyuapi si kecil. Bagaimana mungkin orang tua bisa makan?

Namun, sebaiknya ibu pertimbangkan untuk mengajak si kecil makan bersama. Ibu bisa menyuapi sembari makan sendiri. Dan yang terpenting adalah proses adaptasi. Seperti yang sudah dijelaskan para ahli perkembangan bayi, bayi itu berkembang dengan cara meniru. Ia meniru apa yang ia lihat serta apa yang ia dengar. Ia belajar dari apa yang ia dengar. Sementara itu, ia melakukan sesuatu menirukan apa yang ia lihat. Maka dari itu, alasan yang tepat mengapa ibu harus membuat bayi duduk satu meja dengan anggota keluarga lain untuk ikut makan bersama. Dengan demikian, bayi akan mudah sekali diajak makan.

Jadwal Ulang Pemberian ASI

Apakah ibu berhasil menerapkan program ASI eksklusif? Jika ya, maka ibu termasuk orang tua yang sangat berutung. Pasalnya, sulit sekali bagi para ibu saat ini untuk memberikan ASI ekslusif. Alasannya bisa kesibukan kerja atau memang tidak adanya niat yang kuat untuk mensukseskan program ini.

Akan tetapi, ketika usia bayi menginjak 6 bulan, maka jadwal pemberian ASI juga berubah. Jika setiap kali bayi lapar ibu memberikan ASI, sekarang tidak lagi. Ada waktu di mana ibu memberikan ASI dan kapan ibu harus menyediakan menu MPASI.

Di pagi hari, ibu sebaiknya memberikan menu MPASI. Baru kemudian ibu bisa memberikan ASI. Jika sebaliknya, artinya bayi mendapatkan ASI terlebih dahulu, ada kemungkinan bayi tidak mau makan. Hal ini disebabkan bayi sudah merasa kenyang terlebih dahulu.

Begitu juga di siang hari. Sebelum tidur siang, sebaiknya ibu berikan menu MPASI. Ibu bisa buatkan buah yang sudah diblender. Baru kemudian ibu tidurkan si kecil dengan cara memberikan ASI.

Terkadang orang tua merasa bayi susah sekali jika diminta untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan dan ternyata hal tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya jadwal pemberian makanan. Maka dari itu, ibu harus lakukan jadwal ulang pemberian ASI. Pastikan si kecil makan terlebih dahulu baru kemudian minum ASI.

Jika si kecil tetap menolak makan, sebaiknya ibu bawa ke dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan. Faktanya, banyak bayi yang tidak mau makan lantaran ada masalah di dalam mulutnya. Ada juga yang mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Ia merasa sakit setiap kali makan namun ibu tidak menyadari hal tersebut. Untuk masalah medis seperti ini, ibu konsultasikan saja dengan dokter anak secara langsung.

Yang pasti, ibu harus berusaha agar anak mau makan. Karena si kecil sudah usia 6 bulan, ia membutuhkan kandungan nutrisi yang lebih banyak. Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, ibu harus buatkan menu makanan sehat untuk bayi 6 bulan.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY