Agar Si Kecil Lahap Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Anak

Agar Si Kecil Lahap Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Anak

5
0

Your Ads


Agar Si Kecil Lahap Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Anakwww.awalsehat.nestle.co.id

Terkadang, ibu sudah susah payah menyiapkan makanan sehat untuk anak tapi tidak dimakan. Kemudian, akhirnya ibu menyerah dan memberikan makanan apa yang disukai oleh si kecil walaupun makanan tersebut kurang memiliki gizi yang lengkap. Bahkan, kebanyakan anak lebih suka jajanan yang cenderung mengandung lemak dan rendah nutrisi.

Tentu kondisi semacam itu tidak bisa ibu biarkan. Jika ibu biarkan, anak mengalami kekurangan gizi. Berat badannya turun dan perkembangannya menjadi kurang optimal.

Apa yang harus ibu lakukan? Ini pertanyaan yang juga ditanyakan oleh kebanyakan orang tua. Perlu cara khusus agar si kecil mau mengkonsumsi makanan sehat anak.

Memulai Dari Diri Sendiri

Untuk menjawab pertanyaan apa yang harus ibu lakukan agar anak mau makan makanan yang sehat, terlebih dahulu ibu harus jawab apakah ibu sudah melakukan hal tersebut. Jika selama ini ibu sering makan makanan fast food dan jarang memasak makanan yang sehat, jelas saja anak ibu juga tidak mau makan makanan yang sehat. Ibu harus ingat anak itu peniru ulung. Ia menirukan apa yang ia lihat. Ketika ibu tidak terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat, sangat besar kemungkinan anak pun tidak mau makan makanan tersebut.

Oleh sebab itu, ibu harus berikan contoh. Akan lebih baik jika ibu hidangkan makanan yang sehat buat anak dan juga buat seluruh anggota keluarga. Ajak si kecil makan dalam satu meja yang sama. Berikan contoh bagaimana makan daging, bagaimana makan sayuran, dan lain sebagainya. Ini cara mudah dan perlu ibu lakukan agar anak semakin doyan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Tentu tidak itu saja untuk mengatasi susahnya anak makan makanan yang sehat. Ada hal lain yang juga perlu ibu lakukan.

Memikat Anak Dengan Makanan Yang Sehat

Ibu perlu ikut dalam diskusi di forum para ibu di www.friso.co.id. Atau ibu bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan online dengan pakar kesehatan di situs tersebut. Ibu bisa tanyakan mengenai hal-hal yang bisa membuat anak mau mengkonsumsi makanan sehat.

Salah satu tips yang sering dipratikkan oleh para ibu adalah membuat makanan yang menarik dilihat. Bagaimanapun juga, makanan yang memberikan kesan enak dan menarik. Oleh sebab itu, ibu bisa mulai belajar melakukan desain makanan. Ibu boleh hanya menyajikan makanan sehat begitu saja tanpa mempertimbangkan tampilan estetikanya.

Selain itu, ibu juga bisa mencoba mengganti alat makan si kecil dengan alat makan yang menarik. Sekarang ini, banyak sekali piring, sendok, garpu, serta gelas untuk anak yang tampilannya sangat bagus. Akan lebih baik jika ibu memilihkan alat makan yang ada gambar tokoh kartun favorit anak. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sang buah hati.

Cara memikat anak juga bisa ibu lakukan dengan mengajak si kecil berwisata kuliner. Ketika ada pusat keramaian di mana ada yang menjual makan, coba ibu belikan makanan tersebut. Akan tetapi, ibu harus pastikan makanan tersebut makanan yang sehat untuk anak ya. Jika ada makanan yang si kecil sukai, ibu bisa coba buatkan menu makanan yang sama di rumah.

Jadi, banyak hal yang bisa ibu coba lakukan sebagai pemecah masalah anak susah makan makanan yang sehat. Yang pasti, ibu harus bersabar.

Agar Anak Doyan Makan Makanan Sehat

Apa yang membuat anak susah makan, khususnya makan makanan yang sehat? Dua faktor berikut ini menjadi penyebab yang paling sering terjadi.

Ibu pasti sudah tahu alasan mengapa menu MPASI harus variatif. Ini diperlukan agar anak mengenal makanan yang berbeda.

Sayangnya, terkadang sulit sekali untuk membuat menu MPASI yang berbeda. Dan jika ini yang ibu lakukan, maka tidak aneh jika anak ketika balita sulit sekali mengkonsumsi makanan baru, khususnya makanan yang bergizi. Si kecil lebih suka makan makanan yang sama yang ia konsumsi sejak kecil.

Ibu pasti merasakan sendiri jajanan itu rasanya lebih enak. Kenapa? Karena ada bumbu penyedap rasa yang sebenarnya kurang bagus untuk kesehatan. Jika anak sudah terlanjur suka dengan jajanan, maka ia menjadi kurang suka dengan makanan sehat untuk anak lantaran rasanya yang kurang sedap dibandingkan dengan jajanan.

Dua faktor itulah yang sering menjadi akar penyebabnya. Dan dua faktor itulah yang menjadi penanda kesalahan yang orang tua lakukan. Apa mungkin ibu juga melakukan hal tersebut di atas?

Tentu bukan hanya menyesali saja yang harus ibu lakukan. Ibu harus mencari solusi. Sembari mencoba beberapa solusi mengatasi masalah tersebut, ibu harus pastikan si kecil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Berikan susu Friso Gold 3 untuk balita usia 1 hingga 3 tahun. Kandungan nutrisi di dalam susu tersebut lengkap sehingga anak sudah bisa dipastikan mendapatkan gizi harian yang cukup.

Jika ibu merasa perlu melakukan konsultasi dengan dokter anak, silakan saja menghubungi dokter di situs Friso. Ibu bisa melakukan konsultasi secara langsung. Ibu bisa jelaskan keadaan atau kondisi si kecil saat ini serta upaya apa saja yang sudah ibu coba lakukan agar anak mau makan makanan yang bergizi. Dokter akan memberikan saran berharga sehingga masalah anak susah makan bisa teratasi. Akhirnya, ibu bisa lega karena si kecil sudah mulai suka makan makanan sehat untuk anak.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY