Agar Anak Cepat Bicara Bagaimana Cara Melatihnya?

Agar Anak Cepat Bicara Bagaimana Cara Melatihnya?

3
0

Your Ads


Agar Anak Cepat Bicara Bagaimana Cara Melatihnya?Source: Photography By Asiya

Agar anak cepat bicara bisa dengan berbagai cara melatihnya. Cepat atau lambat anak Anda bisa bicara, yang terpenting, awasi apakah perkembangannya kemudian berjalan sebagaimana mestinya. Seorang bayi bisa menyebutkan kata mama dan papa di usia 9 bulan. Sedangkan bayi lain baru bisa mengucapkannya ketika menginjak usia 2 tahun. Perkembangan bahasa pada setiap anak memang berbeda. Berikut ini pertanyaan dari para ibu tentang bagaimana membantu bayi mengembangkan kemampuannya berbahasa.

Akan sangat membantu jika dalam kehidupan sehari-hari, orang tua selalu memberikan penjelasan tentang apa yang dilakukannya.  Sebelum mulai bicara, terlebih dahulu anak melalui proses pemahaman. Proses ini  bermula jika proses mendengar berkembang baik, yaitu dimulai ketika janin memasuki usia 25 minggu. Pada fase terakhir , janin dapat membedakan suara yang berbeda-beda.

Alam menyediakan alat-alat bantu yang mengagumkan untuk membantu bayi belajar bahasa. Contohnya, bayi memiliki perasaan yang sensitif pada ritme. Pada bahasa tertentu ada penekanan pada suku-suku kata awal sehingga ia memiliki petunjuk. Kalau suku kata ini mendapatkan tekanan berarti selanjutnya akan ada suku kata baru. Otak bayi pun akan membandingkan tekanan-tekanan dan juga kata-kata. Dengan begitu ia semakin banyak memahami dan kemudian ia bisa berbicara.

Agar Anak Cepat Bicara Begini Cara Memahaminya

Hai, Bun sebenarnya darimana kita tahu apa yang sudah dipahami seorang bayi? Tidak mudah mengetahui apa yang telah dipahami bayi. Bahkan dengan tes yang dilakukan pada satu per satu obyek belum mengungkapkan hasil apa yang telah dipahami oleh bayi oleh karena itu, para peneliti mencoba mencari sinyal-sinyal lain, seperti meneliti seberapa cepat seorang bayi menangkap kata-kata yang diucapkan oleh orang dewasa. Bayi memiliki kepekaan bawaan untuk alunan musik. Ia sudah mengenal melodi-melodi yang diperdengarkan padanya ketika ia dalam rahim ibunya.

Kebiasaannya mendengarkan musik menjadi alat bantu baginya untuk mempelajari bahasa. Dengan bernyanyi atau pembacaan puisi ada perbedaan penekanan kata-kata dan ritme yang lebih kuat digunakan daripada pembicaraan biasa. Kata pertama yang sering diucapkan bayi. Setengah dari anak-anak Jerman yang diteliti mengucapkan kata ma ma dan pa pa sebagai kata pertamanya. Bunyi-bunyi ini diucapkan dengan menggunakan bibir yang membuat variasi suara bila ada udara yang dikeluarkan. Namun ada juga huruf yang tidak tampak jelas jika diucapkan.

Tidak mengherankan jika anak kecil lebih mudah mengucapkan kata-kata yang menggunakan konsonan seperti mama papa karena mereka lebih mudah melakukannya. Yang lainnya dapat diucapkan setelah berulang kali mencoba. Statistik menunjukkan selama 2 tahun pertama kehidupannya, anak perempuan menguasai rata-rata 120 kata sedangkan anak laki-laki hanya 90 kata. Pada usia prasekolah, anak perempuan biasanya kehilangan minatnya pada pelajaran dibandingkan anak laki-laki. Alasan yang mendasari ini belum jelas, kemungkinan besar karena ada proses hormonal yang berperan penting sehingga otak pada anak perempuan matang lebih cepat dibandingkan anak laki-laki.

Inilah yang menyebabkan anak perempuan lebih mudah memahami bahasa yang abstrak dibandingkan anak laki-laki yang membutuhkan kombinasi antara ungkapan akustis dan optis. Sedikit rumit memang. Jalan tengahnya adalah ayah menunjukkan buku bergambar lalu menunjukkan benda yang ingin diperkenalkan dengan menyebut namanya dengan jelas.

Cara Agar Anak Cepat Bicara Dengan Lancar

Kemampuan perkembangan berbicara pada setiap anak tentunya berbeda. Ada sebagian besar anak yang mengalami perkembangan bicara cepat, namun ada juga sebagain lain yang mengalami perkembangan bicara yang lebih lambat dan membutuhkan stimulasi berulang-ulang agar anak mau berbicara. Sebagai orangtua tentu anda menginginkan hal yang terbaik untuk anak anda, termasuk dalam perkembangan bicaranya.

Dalam beberapa kasus sering dijumpai ada anak yang belum terlalu pandai bebicara dibandingkan dengan anak seusianya, namun ada pula anak yang tidak memberikan respon sama sekali ketika diajak berbicara, kasus lainnya menunjukan bahwa si anak tidak bicara namun mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain. Nah, jika sudah demikian orangtua pasti akan merasa resah dan ingin agar buah hatinya dapat menuturkan satu atau beberapa kata hanya agar orangtuanya bisa memastikan jika anaknya bisa berbicara.

Untuk menstimulasi anak agar mau berbicara maka harus diawali dengan anda. Untuk itu katakan setiap hal kepada anak, hal apapun mulai dari ketika bangun pagi saat si kecil baru membuka matanya, kemudian saat dikecil akan mandi. Atau dikesempatan lain sewaktu anda dan sikecil menonton TV, ceritakan dan berikan gambaran apa yang anda dan si kecil tonton. Jika memungkinkan isilah waktu anda sepanjang hari dengan si kecil dengan perbincangan mengenai hal apapun yang anda lalui bersama dengan si kecil.

Dengan demikian lambat laun mereka akan mulai mengikuti dan merespon setiap percakapan yang anda buat. Bukan saja menceritakan dan menciptakan perbincangan mengenai hal apapun kepada si kecil. Namun juga anda harus memberikan kesempatan pada si kecil agar merespon apa yang anda katakan. Berikan dia kesempatan untuk bisa mengungkapkan apa yang ingin ia katakan. Jika si kecil mau berusaha, anda akan melihat usahanya untuk dapat mengatakan sesuatu meski dalam bentuk ocehan.

Secara alami, umunya bayi menyukai musik dan runtuyan nada yang indah. Nah, untuk menstimulasi anak untuk berbicara, anda bisa menggunakan cara bernyanyi untuk memperkenalkan berbagai variasi suara pada anak-anak. Cara agar anak cepat bicara ini amat sederhana dan tentunya akan sangat menyenangkan, anda bisa bernyanyi-nyanyi setiap pagi atau ketika memandikan si kecil. Disadari atau tidak lagu-lagu yang anda nyanyikan akan mulai direkam oleh sikecil dan lambat laun mereka akan mulai meniru untuk mengeluarkan suara.

 

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY