5 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

5 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

20
0

5 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui5 Tips Puasa Bagi Ibu MenyusuiSebelumnya kami dari duniaibu.org mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi sahabat semuanya, terutama pada ibu dan bunda, terutama bagi para ibu yang sedang menyusui tetap semangat dan sehat selalu ya (amiinnn). Seperti kita ketahui bersama bahwa puasa atau shaum itu wajib bagi kaum muslim tanpa terkecuali bagi dan juga ibu menyusui. Tentu bagi Anda mendapatkan keringanan.

Jika di rata-rata berpuasa hanyalah menunda waktu makan hingga 14 jam ke depan. Dan selama selang waktu tersebut, tubuh manusia masih bisa bertahan dengan kandungan makanan yang disimpan sejak makan sahur dan akan ditambahkan ‘simpanan’ nutrisinya pada saat berbuka.

Namun puasa dapat menyebabkan ibu menyusui mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) pada ibu yang menyusui eksklusif sebelum bayi berusia 6 bulan, karena pada masa ini ibu menyusui secara rutin setiap 2-3 jam tanpa mengenal siang dan malam. Oleh karena itu, lebih baik puasa dilakukan setelah bayi berusia 6 bulan dan menerima MPASI.

Berikut 5 Puasa Bagi Ibu Menyusui.

  1. Pilih Cemilan Sehat Ketika Berbuka

    Ketika berbuka puasa terlintas beberapa makanan yang mengundang selera. Bagi anda yang sedang menyusui makanan berbuka apapunpada dasarnya memberikan manfaat akan tetapi selektiflah, sehingga dengan makanan sehat dapat memberikan kualitas air susu terbaik untuk bayi anda. Hindari cemilan yang berada dipinggir jalan yang beresiko tinggi tercemar asap kendaraan bermotor.

  2. Tingkatkan Konsumsi Sayuran Hijau

    Sayuran hijau akan membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan selama bulan puasa. Bagi ibu menyusui sayuran hijau dapat meningkatkan produksi asi. Perhatikan pula cara anda memasak, mencuci dengan bersih untuk menghindari pestisida yang menempel.

  3. Sementara Tinggalkan Seafood

    Ada beberapa jenis makanan hasil laut yang harus anda hentikan terlebih dahulu konsumsinya yang diduga mengandung mercury berlebih selain tidak baik untuk kesehatan juga mempengaruhi kualitas asi anda. Jenis ikan laut yang mengandung banyak merkuri seperti kerang, ikan asap dll.

  4. Kurangi Konsumsi Olahan Ketika Sahur

    Memilih menu sahur kebanyakan menu yang praktis dan tidak heran jika menu olahan sangat menjadi favorit anda. Ketika sedang menyusui kurangi konsumsi olahan karena kandungan kimia seperti bahan pengawet dan MSG tinggi akan mengurangi kualitas susu. Sebaiknya siasati dengan membuat menu sahur yang sederhana dari bahan yang alami.

    Dan inilah yang paling penting jika ibu menyusui saat ibadah puasa

  5. Asupan menu dengan gizi seimbang

    Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY